PENERAPAN METODE EDUTAIMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA

Tsani Apriliani - [ https://orcid.org/0009-0000-2103-0012 ]
Masripah Masripah
Ade Holis
Asep Tutun Usman


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.7477

Abstract


Rendahnya tingkat kemampuan berfikir secara kreatif dalam pembelajaran IPA banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi dan kurang semangat dalam pembelajaran IPA. Selain itu, guru menggunakan metode pembelajaran yang kurang efektif dan mengakibatkan siswa terasa jenuh. Dengan menggunakan metode edutaiment peserta didik mampu meningkatkan kemampuan berfikir kreatif. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode edutaiment terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik di kelas IV MI Al-Khoiriyyah 1. Kec. karangpawitan. Garut. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design. Bentuk desain yang digunakan pada penelitian ini adalah Control Group Design. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif, karena penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Penerapan metode edutaiment (Variabel X) terhadap kemampuan berpikir kreatif (Variabel Y) kelas IV dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MI Al-Khoiriyyah 1 yang berjumlah 51 peserta didik, sampel yang diambil dari kelas kontrol dan kelas eksperiment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil dari kegunaan metode edutaiment untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan hasil uji N-Gain Score untuk kelas kontrol adalah 2.96 sedangkan kelas eksperimen memperoleh nilai 83.06. Berdasarkan kategori efektivitas, kelompok kontrol termasuk dalam kategori kurang efektif, sedangkan kelompok eksperimen dikategorikan sebagai efektif karena memiliki nilai rata-rata di atas 70. Sehingga metode edutaiment berpengaruh signifikansi terhadap peningkatan kemampuan berfikir kreatif peserta didik di kelas eksperimen

Keywords


Metode Edutiment; Berpikir Kreatif; IPA

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Adil, A., Liana, Y., Mayasari, R., Lamonge, A. S., Ristiyana, R., Saputri, F. R., Jayatmi, I., Satria, E. B., Permana, A. A., & Rohman, M. M. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Get Press Indonesia.

Agustin, R., Nurmalina, N., & Noviardila, I. (2021). Peranan Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 019 Tanjung Sawit Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Pembelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 71–79. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1385

Agustin, T., Prastiti, T. D., Jember, U., & Terbuka, U. (2024). DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SD ELSE ( Elementary School Education. 8(1), 10–18.

Ambarwati, D., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2857–2868. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.829

Deri Wanto, M. F. K. (2023). Teknologi Pendidikan Pasca Covid-19. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 439–459. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i2.1007

Fetricia, F., Soekamto, H., Soelistijo, D., & Utomo, D. H. (2023). Model Problem Based Learning berbantuan video berita: Pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa SMA. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 3(7), 741–752. https://doi.org/10.17977/um063v3i7p741-752

Ginting, T. R., Fitri, A., Pratiwi, I., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2023). Efektifitas Pencapaian Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar Muhammadiyah 19 Medan. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1(3), 1180–1190.

Ibrahim, M. B., Sari, F. P., Kharisma, L. P. I., Kertati, I., Artawan, P., Sudipa, I. G. I., Simanihuruk, P., Rusmayadi, G., Nursanty, E., & Lolang, E. (2023). Metode Penelitian Berbagai Bidang Keilmuan (Panduan & Referensi). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Jarnuji, K. (2024). Sikap Bahasa Siswa MAN 1 Kota Serang Dan Implikasinya Terhadap.

Kadir, I. A., Machmud, T., Usman, K., & Katili, N. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Segitiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 128–138. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.16388

Kristanto, M. V. A., & Wahyudi, M. N. A. (2024). EDUTAINMENT : Strategi Mencegah Persepsi Menakutkan pada Pembelajaran Matematika Sejak Dini (Sebuah Kajian Pustaka). Indonesian Journal of Learning and Instructional Innovation, 2(01), 52–60. https://doi.org/10.20961/ijolii.v2i01.1615

MAGFIRROH, A. (2024). PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS EDUTAINMENT TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA MATERI RANTAI MAKANAN IPA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA TEMAYANG. Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

Muna, A. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Berbasis Edutainment Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 2 Selama Pembelajaran Blanded Learning di SDIT Al Islamiyah Karangbener Bae Kudus. IAIN Kudus.

Nafisatur, M. (2024). Metode Pengumpulan Data Penelitian. Metode Pengumpulan Data Penelitian, 3(5), 5423–5443.

Nurnaningsih, A., Norrahman, R. A., Muhammadong, & Wibowo, T. S. (2023). Pemberdayaan Sumber Daya Manusia dalam Konteks Manajemen Pendidikan. Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(2), 221–235. https://journal.banjaresepacific.com/index.php/jimr

Nurul Laila, Rani Febriyanni, & Syarifah, S. (2023). Implementasi Metode Pembelajaran Berbasis Edutainment Untuk Meningkatkan Metakognisi Siswa Mata Pelajaran Alqur’an Hadits Kelas VIII MTS Darul Arafah. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 3(1), 116–124. https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i1.675

Pendidikan, J., Dasar, S., Pengetahuan, I., Di, A., & Dasar, S. (2023). 04_Miqwati. 1(1), 30–38.

Purwandini, I. (2023). Penerapan Metode Edutainment Untuk Meningkatkan Respon Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas Ix Smp Negeri Muara Kati. Linggau Journal Science Education. http://jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/ljse/article/view/559%0Ahttps://jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/ljse/article/download/559/508

Putri, W., Falah, S., Gunawan, G., Metode, P., Pada, E., Literasi, P., Di, A., Cibening, D., Pamijahan, K., & Bogor, K. (2023). Penerapan Metode Edutainment Pada Program Literasi Anak Di Desa Cibening Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(1), 156–166. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i1.468.

Ramdani, N. G., Fauziyyah, N., Fuadah, R., Rudiyono, S., Septiyaningrum, Y. A., Salamatussa’adah, N., & Hayani, A. (2023). Definisi Dan Teori Pendekatan, Strategi, Dan Metode Pembelajaran. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 2(1), 20. https://doi.org/10.21927/ijeeti.2023.2(1).20-31

Rizky Fadilla, A., & Ayu Wulandari, P. (2023). Literature Review Analisis Data Kualitatif: Tahap PengumpulanData. Mitita Jurnal Penelitian, 1(No 3), 34–46.

Rohayu, Deni Adi Putra, & Kunti Dian Ayu Afiani. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Inventa, 5(1), 30–46. https://doi.org/10.36456/inventa.5.1.a2623

Sari, A. N. K., Nurhadi, M., & Tyas, E. P. (2022). Analisis kakarakteristik terhadap latar belakang peserta didik bagi pembelajaran efektif. Jurnal FKIP Universitas Mulawarman, 30–33.

Suyana, N., Pendidikan, P. K., Global, T., & Pendidikan, S. (2024). Kebijakan Pendidikan Nasional Menghadapi Tantangan Global Sebuah Analisis Strategis dan Prioritas. Journal of Education Research, 5(1), 620–634. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/888

Uno, H. H. B. (2024). Profesi kependidikan: problema, solusi, dan reformasi pendidikan di Indonesia. Bumi Aksara.

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281

Vitriani, D., Nisa, A. F., Nurhayati, S., Rukmi, D. A., & Yustina, A. (2023). Implementasi Pendekatan Konstruktivisme pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 88–101.

Wijaya, T., & Rahmadhar, Y. (2022). Model Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. 8(4), 1677–1682. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3014

Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif: Jurnal Ilmu Administrasi. 3(2), 96–102.