PENERAPAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SIKLUS AIR

Salwa Padilaturrahmah - [ https://orcid.org/0009-0005-0186-6863 ]
Ade Holis
Iis Komariah
Asep Tutun Usman


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.7473

Abstract


Salah satu permasalahan dalam pembelajaran IPA adalah banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi. Selain itu, guru tidak menggunakan media dalam proses pembelajaran, sehingga tidak ada sesuatu yang dapat menarik minat siswa untuk belajar. Akibatnya, hasil belajar yang diperoleh siswa berada di bawah rata-rata. Dengan penggunaan media diorama dapat dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan minat siswa . Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media diorama dalam meningkatkan minat belajar siswa MIN 4 GARUT kelas V pada pembelajaran IPA khususnya materi siklus air. Rendahnya minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan control group desain. Sampel penelitian mencakup dua kelas, yakni kelas eksperimen yang menggunakan media diorama sebagai alat bantu pembelajaran, serta kelas kontrol yang tetap menggunakan metode konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui angket yang terdiri dari 16 pernyataan yang telah diuji validitasnya. Hasil analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji Mann-Whitney menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Rata-rata skor N-Gain kelas eksperimen sebesar 82,61 termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol hanya mencapai 9,01 yang termasuk dalam kategori rendah. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media diorama secara signifikan lebih efektif meningkatkan minat belajar siswa dibandingkan dengan metode konvensional.

Keywords


Media Diorama; Minat Belajar; Materi IPA

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

(Arsyad, 2017)

Agus Dwi Cahya, Muinah Fadhilah, Sahilah, & Karyaningsih. (2021). Transformasi Manageria Transformasi Manageria. Journal Of Islamic Education Management, 2(1), 57–72. https://doi.org/10.47476/manageria.v4i2.7126

Alaby, M. A. (2020). Media sosial whatsapp sebagai media pembelajaran jarak jauh mata kuliah ilmu sosial budaya dasar (ISBD). Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 273–289.

Andriani, S., Purnamasari, I., & Wahyuni, D. S. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SDN Ngempon 02 Materi Perbandingan Melalui Model PBL Berbantu Media Konkrit. Seminar Nasional PPG UPGRIS.

Ekadiani, F., Anwar, M., & Sarce. (2023). ©JP-3 Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran Penerapan Model. 5(3), 913–922.

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.

Fatmawati, I. (n.d.). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran. 20–37.

Fitriani, R. A., Suryana, D., & Zulkarnaen, R. H. (2023). Penggunaan Media Diorama dalam Pembelajaran IPA Materi Ekosistem untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Campaka. JPPD: Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 10(2), 94–99.

Hamdan, Nuzli, M., Rahma, S., Chaniago, F., & Norma Sampoerna, M. (2021). Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam: Upaya Membangun Karakter Religious Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 244–261. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).7309

Irawan, A. I., Aliyah, N. D., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kemandirian Belajar, dan Media Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa di MI Babussalam Krian Sidoarjo. Journal on Education, 6(3), 16220–16233.

Julia, A., & Nurul Amin Kabupaten Tangerang Banten, M. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD/MI The Influence of Diorama Utilization on Students’ Understanding of Science Subject at 4 th Grade on Elementary School. Desember, 10(2), 139–154.

Kasi, R. (2022). Pembelajaran Aktif : Mendorong Partisipasi Siswa. Jurnal Pembelajaran, 1(1), 1–12.

Kristanto, A. (n.d.). Media pembelajaran.

Kusumaningtias, A., Zubaidah, S., & Indriwati, S. E. (2013). Pengaruh Problem Based Learning dipadu Strategi Numbered Heads Together terhadap Kemampuan Metakognitif, Berpikir Kritis, dan Kognitif Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Malang.(TESIS). DISERTASI Dan TESIS Program Pascasarjana UM, 33–47. http://jpk.lemlit.um.ac.id/wp-content/uploads/2014/08/02-Anyta-Kusumaningtyas-OK.pdf

Lailiyah, N. N., & Widiyono, A. (2023). Pengembangan Media Diorama berbasis STEAM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. BASICA Journal of Arts and Science in Primary Education, 3(1), 95–108. https://doi.org/10.37680/basica.v3i1.3678

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Maulana, A., Israwati, & Syafrina, A. (2022). Pengaruh Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Siklus Air di Kelas V SDN 52 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa: Elementary Education Research, 7(4), 136–142. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/index

Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. Journal of Science and Education Research, 1(1), 43–50. https://doi.org/10.62759/jser.v1i1.7

Ppkn, P., Minat, T., & Peserta, B. (2022). Pengembangan media pembelajaran video dokumenter dalam model pembelajaran blended learning pada mata pelajaran ppkn terhadap minat belajar peserta didik. 6, 113–123.

Rahmawati, D. N., Nahdiyati, K., & Hidayat, T. (2024). Pentingnya Memahami Partenogenesis dan Evolusi pada Pembelajaran Biologi dalam Konteks Kurikulum Merdeka. 10, 321–335.

Ramadhani, D. A., & Muhroji, M. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4855–4861. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2960

Ramadhani, N., Jannata Ulya, W., Berlian Nustradamus, S., Fakhriyah, F., Aditia Ismaya, E., Lkr Utara, J., Kulon, K., & Bae, K. (2023). Sistematic Literature Riview: Peran Media Pembelajaran Interaktif Dan Konvensional Pada Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Student Scientific Creativity Journal (SSCJ), 1(5), 99–114. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i5.1931

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Vivin Syahkina Mardana, Muhammad Rijal, & Rahmiati Darwis. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Alam Sekitar terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Fotosintesis. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(3), 736–743. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1169

Wahyuni, T., Darsinah, & Wafroturrahmah. (2023). Inovasi Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka Dimensi Kreatif. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(1), 79–86. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/JTIKBorneo/article/view/6652

Zaini Miftach. (2018). Bahan Ajar Perrencanaan Pembelajaran.