PENERAPAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SIKLUS AIR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
(Arsyad, 2017)
Agus Dwi Cahya, Muinah Fadhilah, Sahilah, & Karyaningsih. (2021). Transformasi Manageria Transformasi Manageria. Journal Of Islamic Education Management, 2(1), 57–72. https://doi.org/10.47476/manageria.v4i2.7126
Alaby, M. A. (2020). Media sosial whatsapp sebagai media pembelajaran jarak jauh mata kuliah ilmu sosial budaya dasar (ISBD). Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 273–289.
Andriani, S., Purnamasari, I., & Wahyuni, D. S. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SDN Ngempon 02 Materi Perbandingan Melalui Model PBL Berbantu Media Konkrit. Seminar Nasional PPG UPGRIS.
Ekadiani, F., Anwar, M., & Sarce. (2023). ©JP-3 Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran Penerapan Model. 5(3), 913–922.
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.
Fatmawati, I. (n.d.). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran. 20–37.
Fitriani, R. A., Suryana, D., & Zulkarnaen, R. H. (2023). Penggunaan Media Diorama dalam Pembelajaran IPA Materi Ekosistem untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Campaka. JPPD: Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 10(2), 94–99.
Hamdan, Nuzli, M., Rahma, S., Chaniago, F., & Norma Sampoerna, M. (2021). Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam: Upaya Membangun Karakter Religious Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 244–261. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).7309
Irawan, A. I., Aliyah, N. D., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kemandirian Belajar, dan Media Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa di MI Babussalam Krian Sidoarjo. Journal on Education, 6(3), 16220–16233.
Julia, A., & Nurul Amin Kabupaten Tangerang Banten, M. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD/MI The Influence of Diorama Utilization on Students’ Understanding of Science Subject at 4 th Grade on Elementary School. Desember, 10(2), 139–154.
Kasi, R. (2022). Pembelajaran Aktif : Mendorong Partisipasi Siswa. Jurnal Pembelajaran, 1(1), 1–12.
Kristanto, A. (n.d.). Media pembelajaran.
Kusumaningtias, A., Zubaidah, S., & Indriwati, S. E. (2013). Pengaruh Problem Based Learning dipadu Strategi Numbered Heads Together terhadap Kemampuan Metakognitif, Berpikir Kritis, dan Kognitif Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Malang.(TESIS). DISERTASI Dan TESIS Program Pascasarjana UM, 33–47. http://jpk.lemlit.um.ac.id/wp-content/uploads/2014/08/02-Anyta-Kusumaningtyas-OK.pdf
Lailiyah, N. N., & Widiyono, A. (2023). Pengembangan Media Diorama berbasis STEAM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. BASICA Journal of Arts and Science in Primary Education, 3(1), 95–108. https://doi.org/10.37680/basica.v3i1.3678
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26
Maulana, A., Israwati, & Syafrina, A. (2022). Pengaruh Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Siklus Air di Kelas V SDN 52 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa: Elementary Education Research, 7(4), 136–142. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/index
Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. Journal of Science and Education Research, 1(1), 43–50. https://doi.org/10.62759/jser.v1i1.7
Ppkn, P., Minat, T., & Peserta, B. (2022). Pengembangan media pembelajaran video dokumenter dalam model pembelajaran blended learning pada mata pelajaran ppkn terhadap minat belajar peserta didik. 6, 113–123.
Rahmawati, D. N., Nahdiyati, K., & Hidayat, T. (2024). Pentingnya Memahami Partenogenesis dan Evolusi pada Pembelajaran Biologi dalam Konteks Kurikulum Merdeka. 10, 321–335.
Ramadhani, D. A., & Muhroji, M. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4855–4861. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2960
Ramadhani, N., Jannata Ulya, W., Berlian Nustradamus, S., Fakhriyah, F., Aditia Ismaya, E., Lkr Utara, J., Kulon, K., & Bae, K. (2023). Sistematic Literature Riview: Peran Media Pembelajaran Interaktif Dan Konvensional Pada Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Student Scientific Creativity Journal (SSCJ), 1(5), 99–114. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i5.1931
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Vivin Syahkina Mardana, Muhammad Rijal, & Rahmiati Darwis. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Alam Sekitar terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Fotosintesis. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(3), 736–743. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1169
Wahyuni, T., Darsinah, & Wafroturrahmah. (2023). Inovasi Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka Dimensi Kreatif. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(1), 79–86. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/JTIKBorneo/article/view/6652
Zaini Miftach. (2018). Bahan Ajar Perrencanaan Pembelajaran.