PENGARUH MODEL TGT BERBANTUAN MEDIA WORDWALL BUKA KOTAK TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

Dzul Asfi Warraihanah
Dwi Indah Suryani
Lulu Tunjung Biru


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.7463

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kerjasama Team Games Tournament (TGT) Berbantuan media Wordwall Buka Kotak terhadap hasil belajar kognitif speserta didik kelas VIII pada materi usaha dan energi. Penelitian ini menggunakan metodologi quasi experimental design dengan pola Non-Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian berjumlah 70 peserta didik dari kelas VIII A dan VIII B. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata hasil belajar peserta didik kelas VIII A adalah 79,94. Hasil ini lebih baik jika dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas VIII B yang hanya 68,8. Penggunaan paradigma pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan media Wordwall Buka Kotak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII A, hal ini ditunjukkan dengan hasil Independent Sample T Test yang menunjukkan nilai sig. sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05.

Keywords


Team Games Tournament (TGT); Hasil Belajar Kognitif; Wordwall

Article Metrics :

References


A., Putrini Mahadewi, L. P., & Ngurah Japa, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (Tgt) Bermediakan Questions Box Terhadap Hasil Belajar Ipa. Mimbar Ilmu, 24(1), 73. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17453

Andi ibrahim, Asrul Haq Alang, Madi, Baharudin, Muhammad Aswar Ahmad, D. (2018). Metodologi Penelitian (I. Ismail (ed.); 1st ed.). Gunadarma Ilmu.

Ayu, H. D., & Jufriadi, A. (2017). Pengaruh Penerapan Strategi Open Ended Problem Bersetting Kooperatif Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Smp Pgri 6 Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 7(1), 1. https:// doi.org/10.21067/jip.v7i1.1549

Buaton, R. A., Sitepu, A., & Tanjung, D. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4066–4074. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1398

Burhanudin Ata Gusman, Unik Hanifah Salsabila, Hoerotunnisa, Lesta Yahsa Giardi, & Viki Fadhila. (2022). Efektivitas Platform Wordwall pada Pembelajaran PAI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) pada Masa Pandemi. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 11(3), 203–221. https://doi.org/ 10.33367/ji.v11i3.2080

Furliana, D., Restian, A., & Supradana, A. (2023). Wordwall Sebagai Media Evaluasi Asesmen Today Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pembelajaran Ipas Kelas 4 Sd. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3752–3760. https:// doi.org/10.23969/jp.v8i1.8645

Kemendikbud Ristek. (2021). Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–108. http://ditpsd.kemdikbud. go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Khoirunnisa, L., & Amaliyah, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Berbantuan Media Questions Box Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA di Kelas III SD. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(11), 9804–9809. https://doi.org/ 10.29303/jppipa.v9i11.4525

Lestari, W., & Widayati, A. (2022). Implementation of Teams Games Tournament to Improve Student’s Learning Activity and Learning Outcome: Classroom Action Research. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4), 5587–5598. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.1329

Listyawati, M. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Journal of Innovative Science Education, 5(2), 152–162.

Maulidia, M., Shufiatuddin, S. R. A., Damastuti, R., Istiqomah, S. Al, Haq, R. R., & Sholeh, L. (2023). Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 6424–6431. https ://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2781

Muttaqien, A. R., Suprijono, A., Purnomo, N. H., & Rendy A.P, D. B. (2021). The influence of cooperative learning model types of teams games tournaments on students’ critical thinking ability. International Journal for Educational and Vocational Studies, 3(6), 432. https ://doi.org/10.29103/ijevs.v3i6.4620

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Prasetya, I. W. S., Ngurah, G., & Agustika, S. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Wordwall : Solusi Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction Undiksha, 4(3), 163–172. https://doi.org/10.23887/ iji.v4i3.63393

Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Sa’diyah, H., & Indrawati. (2015). Model Pembelajaran Concept Attainment Disertai Metode Demonstrasi pada Pembelajaran IPA-Fisika Di SMP (Studi Eksperimen pada Aktivitas dan Hasil Belajar IPA-Fisika). Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3), 224–229. https://jurnal.unej.ac. id/index.php/JPF/article/view/2642

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara.

Wafiqni, N., & Putri, F. M. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1 di MIN 2 Kota Tangerang Selatan. Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 68–83. https://doi. org/10.15408/elementar.v1i1.20375

Widyasari, R. T. (2019). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan motivasi belajar perkalian dan pembagian peserta didik kelas II SD. Didaktika Dwija Indria, 7(5), 96–102. https://jurnal. uns.ac.id/JDDI/article/view/30444