STUDI KUALITATIF PENGETAHUAN ASUPAN MIKRONUTRIEN DAN POLA KONSUMSI TERHADAP STATUS GIZI SISWA SMA NEGERI 5 SAMARINDA

Aldi Pratama
Akhmad Akhmad
Jailani Jailani
Dora Dayu Rahma Turista


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.7436

Abstract


Studi Kualitatif Pengetahuan Asupan Mikronutrien dan Pola Konsumsi terhadap Status Gizi Siswa SMA Negeri 5 Samarinda ini dibimbing oleh Bapak Dr. H. Akhmad, M.Kes untuk mengetahui pengetahuan asupan mikronutrien dan pola makan pada status gizi. Penelitian kualitatif ini dilakukan atas dasar kekhawatiran peneliti mengenai asupan makan remaja awal pada saat ini, terkhususnya siswa SMA Negeri 5 Samarinda. Penelitian ini dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif tak kenal jumlah sampel minimum. Biasanya penelitian kualitatif memakai jumlah sampel kecil. Jumlah informan penelitian kualitatif fleksibel menurut syarat kecukupan dan kesesuaian. Pengumpulan data menggunakan instrument berupa angket kuesioner dengan jawaban naratif, pedoman wawancara dan peneliti sendiri. Teknik analisis data penelitian ini ialah analisis secara naratif akan ditampilkan dalam bentuk narasi dari hasil wawancara. Hasil analisa berdasarkan data yang didapatkan peneliti dilapangan ialah siswa SMA Negeri 5 Samarinda mengetahui asupan mikronutrien secara teori namun dalam pengaplikasiannya terhadap pola konsumsi setiap harinya masih sangat kurang, mereka memiliki pengetahuan namun tidak mengambil tindakan yang didasari oleh kebiasaan yang mereka lakukan sehari-hari peneliti dengan responden yang bersedia.

Keywords


asupan mikronutrien; pola konsumsi; status gizi

Article Metrics :

References


Aini, Nur S. (2013). Faktor risiko yang berhubungan dengan kejadian gizi lebih pada remaja di perkotaan. Unnes journal of public health, 1(2), 1-8.

Almatsier S. 2010. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Amaliyah, Maya., Dewi, Rahayu., Nurlaela., dan Kristiastuti, Dwi. Pola Konsumsi Makan Remaja di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Tata Boga. 2021;10(1):129-137.

Aulia, Ninda Rizki. 2021. Peran Pengetahuan Gizi Terhadap Asupan Energi,Status Gizi dan Sikap Tentang Gizi Remaja. Jurnal Ilmiah Gizi dan Kesehatan (JGIK). Vol(2).No(2).31-35.

Braithwaite, Irene, et al. (2014). Fast-Food Consumption and Body Mass Index in Children and Adolescents: an International Cross-Sectional Study. Biomed Journal, 4:1-10.

Depkes RI. Riset Kesehatan Dasar 2013. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes RI; 2013

Desthi, Diah Intani, Setiyobroto Idi, and Wuri Astuti Rini. Hubungan Asupan Makan Dan Aktivitas Fisik Dengan Status Gizi Peleton Inti Smp N 5 Yogyakarta. Diss. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, 2019

Ertiana, D. dan Wahyuningsih, P. S. (2019). Asupan Makan dengan Kejadian Kek (Video) Terhadap Pengetahuan dan Sikap Gizi Seimbang Debora. Jurnal Kesehatan Jurnal Kesehatan 8(13(1): 19–24

Fathonah, S. and Sarwi (2020) Literasi Zat Gizi Makro dan Pemecahan Masalahnya. Yogyakarta: Deepublish.

Giovanni Savarino, dkk. 2021. Macronutrient balance and micronutrient amounts through growth and development. Italian Journal of Pediatrics. 47(109):11-15. https://ijponline.biomed central.com/articles/10.1186/s13052-021-01061-0

Hardinsyah, P., & Supariasa, I. D. N. (2016). Ilmu Gizi: Teori Aplikasi. Jakarta: EGC

Kawade, R. 2012. Zinc status and its association with the health of adolescents: a review of studies in India Global Health Action. 5(3):1-7. https://www.tandfonline. com/ doi/full/10.3402/gha.v5i0.7353.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2023. Masalah Gizi pada Remaja. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2214/masalah-gizi-pada-remaja

Muannif Ridwan, dkk. 2021. Studi Analisis Tentang Makna Pengetahuan dan Ilmu Pengetahuan Serta Jenis dan Sumbernya. Jurnal Geuthèë: Penelitian Multidisiplin. 4(1):20. https://journal.geutheeinstitute.com/index.php/JG/article/view/96

Notoatmodjo, S. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Novianti, R.D dan D. Marfuah. 2017. Hubungan Pengetahuan Gizi, Aktivitas Fisik, dan Pola Makan Terhadap Status Gizi Remaja Di Kelurahan Purwosari Laweyan Surakarta. The 6th University Research Colloquium (URECOL) 2017. Universitas Muhammadiyah Magelang. Magelang

Nova, M., Yanti, R. 2018. Hubungan Asupan Zat Gizi Makro Dan Pengetahuan Gizi Dengan Status Gizi Pada Siswa Mts.S An ‘Nur Kota Padang. Jurnal Kesehatan Perintis. Vol.5 No.2

Paramitha Dewi, Lina, Apoina Kartini. 2017. Hubungan Pengetahuan Gizi, Aktivitas Fisik , Asupan Energi, Dan Asupan Lemak Dengan Kejadian Obesitas Pada Remaja Sekolah Menengah Pertama. Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. https://media.neliti.com/media/publications/200400-hubungan pengetahuan-gizi-aktivitas-fisi.pdf.

Rusmini. Dasar dan Jenis Ilmu Pengetahuan. Edu-Bio, 5: 79-94. 2014.

Sediaoetama, A. 2010. Ilmu Gizi. Jakarta : Dian Rakyat

Siyoto, Sandu dan Ali Sodik.2015.Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta:Literasi Media Publishing

Wahjuni, Sri. 2013. Metabolisme Biokimia. Denpasar: Udayana University Press

Winda Septiani, 2017, Pelaksanaan Program Pemberian Tablet Zat Besi (Fe) Pada Ibu Hamil. Prodi Magister IKMSTIKes Hang Tuah Pekanbaru . JOMIS (Journal Of Midwifery Science). Vol 1. No.2, Juli 2017. P-ISSN : 2549-2543. E-ISSN : 2579-7077

Yustiningsih Maria. 2018. Pemodelan Dan Rekonstruksi Metabolisme: Tinjauan Dari Perkembangan Sistem Biologi. Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi. 3(1):53-54

Yulianasari, P., Nugraheni, S. A. dan Kartini, A. (2019). Pengaruh Pendidikan Gizi dengan Media Booklet Terhadap Perubahan Perilaku Remaja Terkait Pencegahan Kekurangan Energi Kronis (Studi Pada Remaja Putri Sma Kelas Xi di Sma Negeri 14 dan Sma Negeri 15 Kota Semarang). Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal) 7(4): 420–428.

Zulkhairi, Arneliwati, dan Sofiana Nurchayati. Studi Deskriptif Kualitatif : Persepsi Remaja Terhadap Perilaku Menyimpang. Jurnal Ners Indonesia. 8(2):148.http://dx.doi.org/10.31258/jni.8.2.145-157