PENERAPAN MEDIA BREATHWISE BERBASIS ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPAS SISWA KELAS V PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN

Shilyatul Aulya
Sekar Dwi Ardianti
Denni Agung Santoso


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.7428

Abstract


Penelitian ini menganalisis peningkatan pemahaman konsep Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada materi sistem pernapasan melalui penggunaan media pembelajaran BREATHWISE berbasis Articulate Storyline untuk siswa kelas V MI Alfalah Tanjungrejo. Metode penelitian menggunakan rancangan eksperimen the one group pretest posttest. Proses analisis data meliputi uji normalitas Shapiro-Wilk, Paired T-Test, serta perhitungan N-Gain untuk mengukur peningkatan pemahaman konsep. Temuan penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep siswa. Nilai rata-rata pretest tercatat 39,87 kemudian meningkat menjadi 74,25 pada posttest dengan rata-rata N-Gain 0,56 yang termasuk kategori sedang. Hasil uji Paired T-Test menghasilkan nilai signifikansi 0,000, lebih kecil dari 0,05. Hal ini mengindikasikan terdapat perbedaan bermakna antara nilai pretest dan posttest. Bukti empiris ini memperlihatkan efektivitas media pembelajaran BREATHWISE berbasis Articulate Storyline dalam meningkatkan pemahaman konsep sistem pernapasan. Keberhasilan penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif yang mengintegrasikan animasi, simulasi, dan evaluasi langsung secara efektif membantu siswa memahami konsep-konsep sistem pernapasan dengan lebih komprehensif.

Keywords


Pemahaman Konsep; BREATHWISE; Articulate Storyline

Article Metrics :

References


Abdul Wahab, Junaedi, M. A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045.

Al-baru, L. E., Istyadji, M., & Sari, M. M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa SMP Kelas VIII. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3), 142–151.

Anitasari, R. W., & Utami, R. D. (2022). Implementasi Media Articulate Storyline dalam Pembelajaran sebagai Penunjang Pelaksanaan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5926–5935.

Arsyad, A. (2015). Media pembelajaran (A. Rahman (ed.); Revisi). Raja Grafindo Persada.

Ayunda, D. S., & Liani, N. S. (2022). Penerapan Model Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Aktual Pendidikan Indonesia (API), 1(1), 1–5.

Fadhaliva, M., Sekar Dwi Ardianti, & Much Arsyad Fardani. (2023). Peningkatan Pemahaman Konsep Melalui Model Think Pair Share Dengan Media Karen (Kartu Perubahan Energi). Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 93–101. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1332

Febriana, A., Fakhriyah, F., Ardianti, S. D., Dan, P., & Iptek, T. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Ular Tangga Tematik ( UTATIK ) Terhadap Pemahaman Konsep Tema 8 Subtema 3 Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 10, 175–187.

Firmansyah, H. (2024). Pengaruh Penggunaan Teknologi Digital dalam Pembelajaran Sejarah Terhadap Berpikir Sejarah. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(3), 7704–7714.

Hilyana, F. S., Nabila, N. K., Z, M. D., Ilma, N., & K, R. A. (2023). Pengembangan Media Mini Zoo Pada Materi Perkembangbiakan Hewan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD 7 Kandangmas. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 12, 133–138. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v12i2.74146

Indiyanti, C. E., Ardianti, S. D., & Masfuah, S. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning Berbasis Edutainment Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 134–143.

Jais, M., & Amri, U. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 3 Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA di SDN 2 Gantarang Keke Kabupaten Bantaeng. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 795–801.

Oktavia, M., & Prasasty, A. T. (2019). Uji Normalitas Gain Untuk Pemantapan Dan Modul Dengan One Grub Pre And Post Test. Simposium Nasional Ilmiah Dengan, 7, 596–601. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.439

Putri, A. D., Hilmia, R. S., Almaliyah, S., Permana, S., & Pendidikan, U. (2023). Pengaplikasian uji t dalam penelitian eksperimen. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(3), 1978–1987.

Rahmaveira, N. A., & Ardianti, S. D. (2024). Pengaruh Modul Problem Based Learning Berbantuan Media Augmented Reality Berbasis Kearifan Lokal Gusjigang Terhadap …. Didaktik: Jurnal Ilmiah …, 10. http://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2604%0Ahttp://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/download/2604/2171

Rahmawati, R. B., Ardianti, S. D., & Rondli, W. S. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Maping Berbantuan Media Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 560–566. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4713

Ramadhani, I. A., & Asrul. (2024). Development of Interactive Learning Media Based on Articulate Storyline to Improve Student’ Science Literacy. Lectura: Jurnal Pendidikan, 15, 533–545.

Razali, N. M., Wah, Y. B., & Sciences, M. (2011). Power comparisons of Shapiro-Wilk , Kolmogorov-Smirnov , Lilliefors and Anderson-Darling tests. Journal of Statistical Modeling and Analytics, 2(1), 21–33.

Rifka Agustianti, Pandriadi, Lissiana Nussifera, Wahyudi, L. Angelianawati, Igat Meliana, Effi Alfiani Sidik, Qomarotun Nurlaila, Nicholas Simarmata, Irfan Sophan Himawan, Elvis Pawan, Faisal Ikhram, Astri Dwi Andriani, Ratnadewi, I. R. H. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif (N. M. Ni Putu Gatriyani (ed.); Ke-1). CV Tohar Media.

Rohmah, S. A., Fakhriyah, F., Ardianti, S. D., Guru, P., Dasar, S., & Kudus, U. M. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Melalui Model CTL Berbantuan Media Kotak Lingkungan Hewan Pada Tema 6 Kelas IV. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(2), 185–191. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/JKP

Rohmah, T. N., Ermawati, D., & Santoso, D. A. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas II SD melalui Metode Jarimatika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1101–1111.

Savitri Wanabuliandari, Henry Suryo Bintoro, S. (2022). Statistika Penelitian Pendidikan (Ke-1). Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.

Setiyana, T., Aditia, E., & Diana, I. (2023). Media Kartu Dengan Kearifan Lokal Gusjigang Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas IV SD. 18(1), 118–128. https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.9438

Silmi, T. A., & Hamid, A. (2023). Urgensi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Uin-Alauddin, XII, 44–52.

Sugiyono. (2021). Metode penelitian pendidikan : kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian tindakan (A. Nuryanto (ed.); Ke-2). Alfabeta.

Tri, I., Pratiwi, M., Meilani, R. I., Setiabudhi, J., Bandung, N., & Indonesia, J. B. (2018). Peran media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa ( The role of learning media in increasing students ’ learning achievement ). JURNAL PENDIDIKANMANAJEMEN PERKANTORAN, 3(2), 173–181. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762

Ulyana Maulidiyah, Sri Wahyuni, Z. R. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Lensa (Lentera Sains), 12(2), 115–124. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i2.239

Wahyudi, Widiya Avianti, Afrizal Martin, Jumali, Novita Andriyani, Diah Prihatiningsih, Dian Misesani, Fahrudin, Marianus Yufrinalis, Maria Angelina Fransiska Mbari, Arum Gati Ningsih, Aries Yulianto, M Taufiq Noor Rokhman, Aridhotul Haqiyah, T. S. (2023). Metode Penelitian (Dasar Praktik dan Penerapan Berbasis ICT) (Ervi Novitasari (ed.); Ke-1). PT. Mifandi Mandiri Digital.

Widiawati., Ni Putu, Ketut Pudjawan, I. G. M. (2024). Analisis Pemahaman Konsep Dalam Pelajaran Ipa Pada Siswa Kelas IV SD. Journal of Education Research, 3, 1.

William, H. (2019). Mengukur Tingkat Pemahaman Pelatihan PowerPoint. JSM STMIK Mikroskil, 20(1), 71–80.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074