PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KIMIA PADA MATERI LAJU REAKSI
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Azhar, M. (2020). Mudah Memahami STOIKIOMETRI :Perhitungan Zat pada Rumus Kimia dan Persamaan Reaksi. Sukabina Press. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.591
Khairunnisa, & Sudrajat, A. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Five-Tier untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas XI pada Materi Laju Reaksi. 7(2), 127–136.
Lestari, L. A., Subandi, S., & Habiddin. (2021). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Laju Reaksi dan Perbaikannya Menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dengan Strategi Konflik Kognitif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(6), 888—894. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Meutia, F., Nurdin, N., & Winarni, S. (2021). Development of e-Student Worksheets Based on Multiple Representations of Factors Affecting Reaction Rates. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(2), 129. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i2.533
Mukhlisa, N. (2021). Miskonsepsi Pada Peserta Didik. SPEED Journal : Journal of Special Education, 4(2), 66–76. https://doi.org/10.31537/speed.v4i2.403
Nurrahmah, N. A., & Sukarmin. (2023). Pengembangan E-flipbook Interaktif dengan Strategi Conceptual Change sebagai Media Reduksi Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Laju Reaksi. PENDIPA Journal of Science Education, 7(2), 185–194. https://doi.org/10.33369/pendipa.7.2.185-194
Rohimat, S. (2021). Pemanfaatan Slide Master Power Point Untuk Pembelajaran Kimia Pada Materi Penerapan Laju Reaksi. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 1(1), 9–16. https://doi.org/10.51878/strategi.v1i1.286
Rohmah, M., Priyono, S., & Septika Sari, R. (2023). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Miskonsepsi Peserta Didik Sma. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 7(01), 39–47. https://doi.org/10.30599/utility.v7i01.2165
Rumapea, C. F., & Silaban, R. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Three-Tier Multiple Choice Berbasis Android Based Test Untuk Mengukur Miskonsepsi Siswa Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI SMA. EDUCENTER Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 95–104. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i2.44
Sari, D. N., Arif, K., Yurnetti, Y., & Putri, A. N. (2024). Identification of Students’ Misconceptions in Junior High Schools Accredited A using the Three Tier Test Instrument in Science Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(1), 1–11. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i1.5064
Sarıtaş, D., Özcan, H., & Adúriz, A. (2021). Observation and Inference in Chemistry Teaching : a Model ‑ Based Approach to the Integration of the Macro and Submicro Levels. Science & Education, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s11191-021-00216-z
Suparwati, N. M. A. (2022). Analisis Reduksi Miskonsepsi Kimia dengan Pendekatan Multi Level Representasi : Systematic Literature Review. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 341–348. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.591
Syam, I. K., & Louise, I. S. Y. (2023). Implementation of Electronic Module Based Multiple Representation on Buffer Solution Materials to Improve Students’ Self-Regulated Learning and Cognitive Learning Outcomes. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(10), 7816–7825. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i10.3656
Warsito, J., Subandi, S., & Parlan, P. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Topik Ikatan Kimia Serta Perbaikannya dengan Pembelajaran Model ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(11). doi 10.17977/jptpp.v5i11.14158.
Widarti, H. R. (2022). Desain Program Pembelajaran Berbasis Multiple Representation melalui Cognitive Dissonance untuk Mereduksi Miskonsepsi Kimia. Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar . Universitas Negeri Malang