PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KIMIA PADA MATERI LAJU REAKSI

Rika Rahmawati
Cucu Zenab Subarkah
Yulia Sukmawardani


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.7380

Abstract


Kimia dianggap sebagai salah satu mata pelajaran yang sulit oleh siswa karena banyaknya konsep abstrak yang sulit dipahami. Hal ini sering menyebabkan miskonsepsi pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat miskonsepsi kimia siswa SMA pada materi laju reaksi serta mengevaluasi efektivitas pendekatan pembelajaran berbasis multiple representation untuk menguranginya. Metode penelitian mencakup studi literatur dan studi pendahuluan dengan menggunakan three-tier diagnostic test. Hasil menunjukkan bahwa tingkat miskonsepsi pada siswa sebesar 41,42%, dengan mayoritas miskonsepsi terjadi pada faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi (19,52%). Studi literatur mengungkapkan bahwa pendekatan multiple representation mampu mereduksi miskonsepsi dan meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan memanfaatkan level representasi makroskopik, submikroskopik, dan simbolik secara simultan. Penelitian ini merekomendasikan pendekatan tersebut sebagai strategi pembelajaran yang efektif dalam pendidikan kimia.

Keywords


laju reaksi; miskonsepsi; multiple representation

Article Metrics :

References


Azhar, M. (2020). Mudah Memahami STOIKIOMETRI :Perhitungan Zat pada Rumus Kimia dan Persamaan Reaksi. Sukabina Press. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.591

Khairunnisa, & Sudrajat, A. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Five-Tier untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas XI pada Materi Laju Reaksi. 7(2), 127–136.

Lestari, L. A., Subandi, S., & Habiddin. (2021). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Laju Reaksi dan Perbaikannya Menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dengan Strategi Konflik Kognitif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(6), 888—894. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Meutia, F., Nurdin, N., & Winarni, S. (2021). Development of e-Student Worksheets Based on Multiple Representations of Factors Affecting Reaction Rates. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(2), 129. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i2.533

Mukhlisa, N. (2021). Miskonsepsi Pada Peserta Didik. SPEED Journal : Journal of Special Education, 4(2), 66–76. https://doi.org/10.31537/speed.v4i2.403

Nurrahmah, N. A., & Sukarmin. (2023). Pengembangan E-flipbook Interaktif dengan Strategi Conceptual Change sebagai Media Reduksi Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Laju Reaksi. PENDIPA Journal of Science Education, 7(2), 185–194. https://doi.org/10.33369/pendipa.7.2.185-194

Rohimat, S. (2021). Pemanfaatan Slide Master Power Point Untuk Pembelajaran Kimia Pada Materi Penerapan Laju Reaksi. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 1(1), 9–16. https://doi.org/10.51878/strategi.v1i1.286

Rohmah, M., Priyono, S., & Septika Sari, R. (2023). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Miskonsepsi Peserta Didik Sma. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 7(01), 39–47. https://doi.org/10.30599/utility.v7i01.2165

Rumapea, C. F., & Silaban, R. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Three-Tier Multiple Choice Berbasis Android Based Test Untuk Mengukur Miskonsepsi Siswa Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI SMA. EDUCENTER Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 95–104. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i2.44

Sari, D. N., Arif, K., Yurnetti, Y., & Putri, A. N. (2024). Identification of Students’ Misconceptions in Junior High Schools Accredited A using the Three Tier Test Instrument in Science Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(1), 1–11. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i1.5064

Sarıtaş, D., Özcan, H., & Adúriz, A. (2021). Observation and Inference in Chemistry Teaching : a Model ‑ Based Approach to the Integration of the Macro and Submicro Levels. Science & Education, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s11191-021-00216-z

Suparwati, N. M. A. (2022). Analisis Reduksi Miskonsepsi Kimia dengan Pendekatan Multi Level Representasi : Systematic Literature Review. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 341–348. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.591

Syam, I. K., & Louise, I. S. Y. (2023). Implementation of Electronic Module Based Multiple Representation on Buffer Solution Materials to Improve Students’ Self-Regulated Learning and Cognitive Learning Outcomes. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(10), 7816–7825. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i10.3656

Warsito, J., Subandi, S., & Parlan, P. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Topik Ikatan Kimia Serta Perbaikannya dengan Pembelajaran Model ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(11). doi 10.17977/jptpp.v5i11.14158.

Widarti, H. R. (2022). Desain Program Pembelajaran Berbasis Multiple Representation melalui Cognitive Dissonance untuk Mereduksi Miskonsepsi Kimia. Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar . Universitas Negeri Malang