PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VI PADA MATERI ROTASI BUMI

Dita Rahayu
Cucun Sunaengsih
Atep Sujana


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.7372

Abstract


Pemahaman konsep penting dimiliki siswa untuk menghubungkan setiap konsep agar mampu menyelesaikan permasalahan yang terdapat di dalam kehidupan sehari-hari. Pemahaman konsep IPA rendah di jenjang sekolah dasar karena tidak diimbangi dengan media pembelajaran yang mendukung, khususnya pada materi rotasi bumi. Rotasi bumi merupakan materi yang asbtrak dan sulit dihadirkan di kelas sehingga guru perlu melaksanakan pembelajaran dan menggunakan media yang membantu untuk menyampaikan pesan yang abstrak menjadi konkret. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran kontekstual berbantuan media video pembelajaran, serta perbedaan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran kontekstual berbantuan video pembelajaran dengan pembelajaran langsung (direct instruction). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan rancangan kelompok non-equivalent control group design. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pembelajaran kontekstual berbantuan media video pembelajaran di kelas eksperimen meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VI pada materi rotasi bumi.

Keywords


Pemahaman Konsep; Pembelajaran Kontekstual; Video Pembelajaran

Article Metrics :

References


Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800

Aisyah, T., Zannah, R., A.E.L, E., Trisilaningsih, Y., & Priyanti, N. Y. (2023). Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Problem Based Learning. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 66–77. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol4.no2.a6563

Ananda Prabu Laksana. (2023). Model Pendidikan Karakter dengan Landasan Komponen Contextual Teaching And Learning. JOCER: Journal of Civic Education Research, 1(1), 16–23. https://doi.org/10.60153/jocer.v1i1.10

Aulia, I., Sujana, A., & Sunaengsih, C. (2024). Application of the Climate Kids Interactive Web to Build Understanding of Concepts and Environmental Awareness of Class VI Students on Global Warming Material. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(1), 246–253. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i1.6386

Aurora, U., Sunaengsih, C., & Sujana, A. (2024). Pengaruh Media Video Interaktif terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(4), 1486–1497. https://doi.org/10.35931/am.v8i4.4093

Azzahra, F. D., Rini, C. P., & Oktrifianty, E. (2024). Pengaruh Media Video Animasi terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 10(2), 1000–1010.

Bakar, B., Anwar, M. F. N., Setiawan, H., & Fatimah, S. (2022). Contextual Teaching and Learning Berbantuan CD Pebelajaran Pada Materi Bagian-Bagian Tumbuhan dan Fungsinya di SD. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 10(2), 104–115.

Bambang Sudaryana, & Agusiady, R. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Deepublish.

Dwipayana, P. A. P., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Konteks Budaya Lokal untuk Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 3(1), 49–60. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPSI/article/view/24628

Fikriana, M. F., Wiyanto, W., & Haryani, S. (2023). Development of the Diary Book of Science with the STEM Approach of Discovery in Improving Students’ Concept Understanding and Scientific Communication Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(4), 1641–1649. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i4.3032

Iksan, M., & Acoci. (2024). Analisis Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Observasi Guru dan Siswa. Taksonomi: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(1), 80–91.

Isnawan, M. G. (2020). Kuasi Eksperimen (Sudirman, Ed.). Nashir Al-Kutub Indonesia.

Jamaluddin, & Gaol, R. L. (2024). Enhancing Student Learning Outcomes in Science Through The Contextual Teaching Learning ( CTL ) Model : a Case Study on Light and its Properties in Class V. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 7260–7266.

Kismatun. (2021). Contextual Teaching and Learning dalam Pendidikan Agama Islam. TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 1(2), 123–133. https://doi.org/10.51878/teacher.v1i2.718

Kristidhika, D. C., Cendana, W., Felix-Otuorimuo, I., & Müller, C. (2020). Contextual Teaching and Learning to Improve Conceptual Understanding of Primary Students. Teacher in Educational Research, 2(2), 71–78. https://doi.org/10.33292/ter.v2i2.84

Kurniasih, D. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 285–293. https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.53345

Kurniawan, I. K., Parmiti, D., & Kusmariyatni, N. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 80–92. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28959

Kuswandi, S., Rudiyana, & Delia Putri, N. (2020). Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Tahsinia, 2(1), 97–109. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.280

Marini. (2022). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Penyesuaian Kontekstual Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 2 Gombang Cawas Klaten Tahun Pelajaran 2020/2021. Workshop Penguatan Kompetensi Guru 2022, 5(6), 959–969.

Nurul Mu’minin, M., Walhadi, D., & Kurniawati, W. (2023). Pemahaman Pembelajaran Mendalam tentang Tata Surya: Eksplorasi Planet dan Benda Langit lainnya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 185–194.

Oktaviani, R. E., & Nursalim. (2021). Prinsip-Prinsip Pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 1–9.

Pakobara, A. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual pada Materi Struktur Bunga di Kelas IV SD Negeri 07 Payakumbuh. Jurnal Edukasi STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh, 4(1), 55–77.

Pamungkas, W. A. D., & Koeswanti, H. D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 346–354. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.41223

Pratiwi, E. M., Gunawan, G., & Ermiana, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 381–386. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.466

Que, B. J., Kusnadi, I. H., Silalahi, R. M. P., Rahman, A. A., & Kurniawan, A. (2022). The Effect of Deep Dialogue/Critical Thinking Model on Students’ Conceptual Understanding Ability. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(3), 422–431. https://doi.org/10.46843/jiecr.v3i3.130

Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Rahayu, S., Iqbal, M., & Budiman, R. D. A. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web dan Game Edukasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 10(2), 177–184. https://doi.org/10.31571/saintek.v10i2.2281

Rahma, R. A., Sholehah, P. F., & Siswoyo, A. A. (2024). Kolaborasi Pendekatan Contextual Teaching Learning Berbantuan Instrumen Non Tes pada Materi Rotasi dan Revolusi Bumi di Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(12), 1–17. https://doi.org/10.62281

Rahmaniati, S., & Samsudin, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Mengetahui Gambaran Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Sebelas April Elementary Education (SAEE), 2(1), 102–109.

Ridwan, R. S., Al-Aqsha, I., & Rahmadini, G. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video dalam Penyampaian Konten Pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 18(1), 38–53. https://doi.org/10.17509/jik.v18i1.37653

Risnajayanti, Usman, Idhayani, N., Esita, Z., Amaludin, R., Salma, S., & Amalia, W. O. S. (2023). Meningkatkan Aktivitas Belajar Anak Melalui Penggunaan Video. Jurnal Smart Paud, 6(2), 113–121.

Saptaningrum, D. A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Materi Bagian- Bagian Tumbuhan Bagi Siswa Kelas IV SD NEGERI 30 Sumpang Bita. JGURUKU: Jurnal Penelitian Guru, 1(2), 264–268.

Sengkey, D. J., Deniyanti Sampoerno, P., & Aziz, T. A. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis: Sebuah Kajian Literatur. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 67–74. https://doi.org/10.29303/griya.v3i1.265

Sucipto, Moch. C. (2018). Analisis Minat Masyarakat dalam Berinvestasi Dinar (Studi Kasus di Gerai Dinar Purwakarta). EKSISBANK: Ekonomi Syariah Dan Bisnis Perbankan, 2(2), 28–30. https://doi.org/10.37726/ee.v2i2.49

Suprapto, E. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran Langsung dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Kognitif. Innovation of Vocational Technology Education, 11(1), 23–40. https://doi.org/10.17509/invotec.v11i1.4836

Susanti, N. K. E., Asrin, & Khair, B. N. (2021). Analisis Tingkat Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SDN Gugus V Kecamatan Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 686–690.

Taek, P. (2021). Pembelajaran Langsung, Kontekstual dan Belajar: Adeaquation rei ad intellectum, adaequatio intellectus ad rem. CV. Literasi Nusantara Abadi.

Trianto Ibnu Badar Al-Tabany. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif & Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI). Kencana.

Winarso, D. H., Kresnadi, H., & Zainuddin. (2015). Pengaruh Pendekatan Kontesktual Terhadap Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD. Pengaruh Pendekatan Kontesktual Terhadap Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran Ipa Siswa Kelas Iv Sd, 10, 1–10.

Wiwin Sunarsih. (2020). Pembelajaran CTL (Contextual Teach and Learning), Belajar Menulis Berita Lebih Mudah (Zaenal Arifin, Ed.). Adab.