PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI ZAT DAN PERUBAHAN KELAS V SDN 2 MLORAH

Muhammad Ilham Akbar Perdana - [ https://orcid.org/0009-0000-2776-4359 ]
Yulia Dewi Puspitasari - [ https://orcid.org/0000-0002-5259-3683 ]


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.7270

Abstract


Para guru memiliki banyak keleluasaan untuk membangkitkan rasa ingin tahu siswa, memotivasi mereka, dan melibatkan mereka dalam proses pembelajaran melalui penggunaan berbagai bentuk media. Sayangnya, sebagian besar pengajaran di kelas terus menggunakan praktik kuno yang menguras dorongan batin anak-anak. Mencari tahu bagaimana siswa SDN 2 Mlorah dapat memperoleh manfaat dari sumber belajar quiziz merupakan kekuatan pendorong untuk penelitian ini. Metode untuk penelitian ini didasarkan pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rata-rata, 80,8% siswa siklus I mempelajari sesuatu dari KKM; empat siswa gagal melakukannya. Jumlah siswa yang menyelesaikan KKM meningkat sebesar 84,4% pada siklus II, mencapai 24 (atau 100%). Siswa kelas lima di SDN 2 Mlorah dapat menggunakan Quiziz untuk meningkatkan pengetahuan ilmiah mereka, menurut temuan penelitian ini.

Keywords


media pembelajaran; quiziz; hasil belajar; IPA

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Aini, V. N. (2021). Pengaruh Quizziz Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Pencernaan Manusia Kelas Viii Di Mtsn 1 Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 1(3). https://doi.org/10.59818/jpi.v1i3.42

Anwar, Z. (2019). Hasil belajar mahasiswa Pgsd pada masa pandemi covid-19. Penggunaan Aplikasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pgsd Pada Masa Pandemi Covid-19, 209–218.

Asidiqi, D. F., Adiputra, D. K., & ... (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Materi Keberagaman Budaya Bangsaku. Jurnal Pendidikan …, 6(1). https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpds/article/view/142%0Ahttps://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpds/article/download/142/111

Asrori, & Rusman. (2020). Classroom Action Reserach Pengembangan Kompetensi Guru. In Pena Persada.

Bahriah, E. S., Dewi, L. U., & Irwandi, D. (2021). Pengaruh Media Penilaian Formatif Online Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Periodik Unsur. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 11(1), 19–26. https://doi.org/10.21009/jrpk.111.04

Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261–272. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p261-272

Febriana, M., Al, H., Subali, B., & Rusilowati, A. (2018). Penerapan model pembelajaran Inquiry Pic t orial Riddle untuk meningkatkan keaktifan siswa The Implementation of Inquiry Pictorial Riddle Learning Model to Increase Students ’ Activity. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 4(2), 6–12. https://doi.org/10.2572/jpfk.v4i2.1879

Hidayah, N., Hambali, S. U., & Millenia, T. F. (2021). Pemanfaatan Media Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Cerita Rakyat Kelas X. Prosiding Samasta, 1–12.

JOHNY, M. M. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(2), 127–135.

https://doi.org/10.51878/teacher.v2i2.1332

Mahmudah, M. (2018). Pengelolaan Kelas: Upaya Mengukur Keberhasilan Proses Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 6(1), 53–70. https://doi.org/10.24090/jk.v6i1.1696

Mawarni, P. Y., Khasanah, U., Setyansah, R. K., & Sholikhah, O. H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament Berbantuan Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01), 6322–6335.

Mukharomah, N. (2021). Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Penilaian Berbasis Daring DI MI AL MUQORROBIYAH. 2(1), 1–23.

Noor, S. (2020). Penggunaan Quizizz dalam penilaian pembelajaran pada materi ruang lingkup Biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1–7.

Nurfaisah, A., & Said, A. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(2), 375. https://doi.org/10.26858/jkp.v6i2.33079

Panggabean, S., & Halomoan Harahap, T. (2020). Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Quizizz Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 78.

Pusparani, H. (2020). Media Quizizz Sebagai Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Kelas Vi Di Sdn Guntur Kota Cirebon. Tunas Nusantara, 2(2), 269–279. https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1496

Ramatika, Z. W. P., Rulviana, V., & Sumarni. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Jawa Materi Cerita Wayang Melalui Penggunaan Media Quizizzz Paper Mode Di Kelas V Sdn Kartoharjo 02. Journal of Chemical Information and Modeling, 15(2), 9–25.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), 163–172. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Sasmito, S. W., Artharina, F. P., & Winarni, L. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Quiziz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Peterongan. 06(04), 19446–19456.

Sihombing, B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Menggunakan Kuis Interaktif pada Mata Kuliah Kompetensi Guru Sekolah Dasar di Wilayah Pulau-Pulau Kecil. Journal of Education Research, 4(4), 2251–2257. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/613%0Ahttps://www.jer.or.id/index.php/jer/article/download/613/372

Wibowo, N. (2021). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621

Wicaksono, D., & Iswan. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten. HOLISTIKA: Jurnal Ilmiah PGSD, 3(2), 111–126.

Yan mei, S., Yan Ju, S., & Adam, Z. (2019). Implementing Quizizz as Game Based Learning in the Arabic Classroom. European Journal of Social Science Education and Research, 5(1), 194–198. https://doi.org/10.2478/ejser-2018-0022

Yustina, A., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Quizizz terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VI SD. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 593–598. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.977

Zhao, F. (2019). Using quizizz to integrate fun multiplayer activity in the accounting classroom. International Journal of Higher Education, 8(1), 37–43. https://doi.org/10.5430/ijhe.v8n1p37