PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PESERTA DIDIK DI KELAS X SMAN 14 PADANG
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Akhmad, B., Sumarmi, & Utomo, D. H. (2021). Pengaruh Model Treffinger Dalam Meningkatkan Kecakapan Berpikir Kritis pada Kondisi New Normal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(6), 861–868. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i6.14869
Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. In Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Azahar, A., Yulia, & Mardika, F. (2023). Pengembangan Modul dengan Setting Model Treffinger dalam Pembelajaran Matematika Kelas IX. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 421–433.
Hanafi, Sunara, K., & Anshori, Z. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger untuk Meningkatkan Aktifitas dan Prestasi Belajar Siswa SMP. CIVICUS: Pendidikan PAancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 11–20.
Heditya, N. R., & Sawitri, D. R. (2023). Hubungan Antara Harga Diri dan Adaptabilitas Karir pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Semarang. Jurnal Empati, 12(1), 7–11. https://doi.org/10.14710/empati.2023.27437
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Indrawati, E. S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Treffinger Untuk Melihat Kreativitas dan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 6 Padang. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 4(2), 1–14.
Jua, S. K., Uskenat, K., & Yuliatun, T. (2022). Analisis Validasi Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Kinesthetic, Intellectual, Visual, Auditory, dan Repetition. Magnetic: Reseacrh Journal of Physics and It’s Application, 2(2), 162–167.
Latifah, L. (2013). Metode Diskusi Kelompok Berbasis Inquiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Di SMA. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 1, 15–20. https://journal.uny.ac.id/index.php/cope/article/view/2958
Latifah, Y. (2020). Analisis Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika di Sekolah Berbasis Pesantren. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.
Lestari, A. K. (2019). Pengembangan Modul Trigonometri Menggunakan Model Treffinger untuk SMK Kelas X. Universitas Muhammadiyah Malang.
Mufidah, C. I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran Pada Kompetensi Dasar Hubungan Masyarakat Kelas X APK 2 di SMKN 10 Surabaya. Jurnal Administrasi Perkantoran, 2(2), 1–17.
Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480–492. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925
Novianto, N. K., Masykuri, M., & Sukarmin. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Materi Fluida Statis untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas X SMA/MA. Jurnal Inkuiri, 7(1), 81–92. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v7i1.19792
Novitayani, L., Sukarmin, & Suparmi. (2016). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Somatic , Auditory , Visual , Intellectual (SAVI) untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas X SMA/MA dengan Topik Kalor dan Perpindahannya. Jurnal Inkuiri, 5(2), 20–29.
Nuraliza, & Hufri. (2023). Validasi Modul Fisika Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Alat Optik dan Pemanasan Global untuk Pembelajaran Fisika SMA/MA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 24868–24877.
Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177
Prayitno, M. A., Dewi, N. K., & Wijaya, N. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Bervisi Sets Berorientasi Chemo-Entrepreneurship (CEP) Pada Materi Larutan Asam Basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(1), 1617–1628.
Purnawirawan, O. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian 4C (Creativity, Critical Thinking, Communication, dan Collaboration) Sistem Pembelajaran Abad Dua Satu dalam Pengajaran Bidang Produktif Sekolah Menengah Kejuruan. Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.
Simangunsong, S., & Sawitri, D. R. (2017). Hubungan Stres dan Kecanduan Smartphone pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Surakarta. Jurnal Empati, 6(4), 52–66. https://doi.org/10.14710/empati.2017.19988
Sukendra, I. K., & Atmaja, I. K. S. (2020). Instrumen Penelitian. In Journal Academia. Mahameru Press.
Supardi. (2020). Landasan Pengembangan Bahan Ajar Menuju Kemandirian Pendidik Mendesain Bahan Ajar Berbasis Kontekstual (S. Arifin (ed.)). Sanabil.
Syar, N. I. (2020). Analisis Kemampuan Operasi Logik Siswa SMA dalam Mata Pelajaran Fisika pada Tahap Operasional Formal. Jurnal Pedagogik, 7(2), 459–494. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik
Taryono, Saepuzaman, D., Dhina, M. A., & Fitriyanti, N. (2019). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek dan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 (4Cs) Siswa SMP. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 4(1), 89–105.
Unanti, N., & Lovisia, E. (2021). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Discovery Learning (Dl) Pada Pokok Bahasan Keseimbangan Dan Dinamika Rotasi. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 3(2), 172–187. https://doi.org/10.31540/sjpif.v3i2.1443
Witdianti, Y., & Adji, S. P. (2022). Analisis Kesesuaian Instrumen Evaluasi dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMA Kelas X dengan Perkembangan Kognitif Siswa. Jurnal Frasa: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(1), 39–47.