ANALISIS PROFIL LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMP DI SURABAYA BERDASARKAN INDIKATOR PISA 2015

Reyhana Talitha Adien
Siti Nurul Hidayati


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.7243

Abstract


Penelitian memiliki tujuan untuk menganalisis profil literasi sains peserta didik SMP di Surabaya berdasarkan indikator PISA 2015. Penelitian ini menggunakan desain survei yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Alat ukur yang diterapkan diadaptasi dari kumpulan item asesmen PISA 2015 berisi 9 soal pilihan ganda yang mencakup tiga aspek dari domain kompetensi literasi sains. Sasaran penelitian ini merupakan peserta didik di kelas VII SMPN 13 Surabaya sejumlah 160 peserta didik dalam satu angkatan. Jumlah peserta didik yang mengisi kuesioner kemudian mengembalikan kuesioner sebanyak 129 dengan tingkat respons sebesar 81% responden. Hasil penelitian menunjukkan pada indikator menjelaskan fenomena secara ilmiah meraih rerata skor tertinggi dengan persentase sebesar 64%. Indikator menginterpretasikan data dan bukti secara ilmiah serta mengevaluasi dan merancang penyelidikan secara ilmiah masih membutuhkan pelatihan tambahan karena berada dalam kategori rendah dengan rerata sebesar 43% dan 42%. Mengacu hasil dan pembahasan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa peserta didik kelas VII SMP di Surabaya memiliki kemampuan literasi sains dengan rata-rata presentase keseluruhan 50% yang tergolong rendah.

Keywords


profil literasi sains; indikator pisa 2015

Article Metrics :

References


Abdurrahman, M. (2016). Penerapan Levels of Inquiry untuk Meningkatkan Domain Competencies Literasi Saintifik Siswa SMA pada Materi Fluida Dinamis. Jurnal Pendidikan Fisika., 1(1), 1–6.

Anggreini, D., & Priyojadmiko, E. (2022). Peran Guru dalam Menghadapi Tantangan Implementasi Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika pada Era Omricon dan Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2022, 1(1), 82.

Ardianto, D., & Rubini, B. (2016). Comparison Of Students’scientific Literacy In Integrated Science Learning Through Model Of Guided Discovery And Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1), 31-37. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i1.5786.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Djamaludin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. CV. Kaafah Learning Center.

Fadilah, F., Isti, S., Amarta, T. W. D., & adi Prabowo, C. (2020). Analisis kemampuan literasi sains siswa sma pada pembelajaran biologi menggunakan noslit. Jurnal BIOEDUIN, 10(1), 27-34. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v10i1.8141

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108-116.

Gani, A. R. F., Zaimah, U., & Wulandari, S. R. (2020). Informasi Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Selama Belajar Daring Efek Covid-19. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 6(2), 129–136. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v6i2.6577

Gormally, C., Brickman, P., & Lutz, M. (2012). Developing a test of scientific literacy skills (TOSLS): Measuring undergraduates’ evaluation of scientific information and arguments. CBE—Life Sciences Education, 11(4), 364-377.

Haerani, S. A. S., Setiadi, D., & Rasmi, D. A. C. (2020). Pengaruh model inkuiri bebas terhadap kemampuan literasi sains. Jurnal Pijar MIPA, 15(2), 140-144.

Hanifah, H., & Retnoningsih, A. (2019). Penerapan metode science literacy circles untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan sikap peduli lingkungan pada materi perubahan lingkungan. Indonesian Journal of Conservation, 8(2). https://doi.org/10.15294/ijc.v8i2.22685

Hasan, E. N., Rusilowati, A., & Astuti, B. (2018). Analysis of students science literacy skills in full day junior high school. Journal of Innovative Science Education, 7(2), 237-244.

Hidayahtika, F., Suprapto, P. K., & Hernawati, D. (2020). Keterampilan Literasi Sains Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Reading, Questioning, and Answering (RQA) dalam Pembelajaran Biologi. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 12(1), 69-75. https://doi.org/10.25134/quagga.v12i1.2123

Hidayat, A. T., & Hidayati, S. N. (2024). Peningkatan Literasi Sains Siswa Berbantuan Lkpd Berorientasi Socio Scientific Issues (SSI). Jurnal Ilmiah Pendidikan Ipa, 6(1), 57-63. https://doi.org/10.29100/.v6i1.4378

Hilmawan, H., & Darmawan, N. H. (2024). Implementasi Program Literasi Membaca dan Literasi Sains untuk Siswa Sekolah Dasar di Desa Cijangkar Kabupaten Sukabumi. Madaniya, 5(2), 547-554. https://doi.org/10.53696/27214834.805

Irsan, I. (2021). Implemensi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 5(6), 5631-5639. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1682

Lestari, I., Gultom, O. B., & Zebua, F. S. (2022). Penerapan Literasi Sains Dalam Pembelajaran Fisika Di Era Society 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains dan Terapan (INTERN), 1(2), 92-98. https://doi.org/10.58466/intern.v1i2.1449

Musa, W. J., Zainudin, F., Isa, I., La Kilo, J., & Kilo, A. K. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Sains Ditinjau dari Aspek Kompetensi Sains Siswa pada Materi Global Warming. Jambura Journal of Educational Chemistry, 5(2), 142-149. https://doi.org/10.34312/jjec.v5i2.12705

Nisrina, N., Jufri, A. W., & Gunawan, G. (2020). Pengembangan LKPD berbasis blended learning untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Jurnal Pijar MIPA, 15(3), 192-199.

Nofiana, M. (2017). Profil kemampuan literasi sains siswa smp di kota purwokerto ditinjau dari aspek konten, proses, dan konteks sains. JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora), 1(2), 77-84. https://doi.org/10.30595/jssh.v1i2.1682

OECD. (2015). Results in Focus PISA 2015. Paris: OECD Publishing.

OECD. (2015b). Results in Focus PISA 2015. Paris: OECD Publishing.

OECD. (2019). PISA 2018 Science Framework. In PISA 2018 Assessment And Analytical Framework. Paris: OECD Publishing.

OECD. (2023). Country Note: Indonesia. Program for international student assessment (PISA) Resul from PISA 2022. https://www.oecd.org/pisa/PISA-2022-Indonesia.pdf.

Pertiwi, U. D., Atanti, R. D., & Ismawati, R. (2018). Pentingnya literasi sains pada pembelajaran IPA SMP abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(1), 24-29. https://doi.org/10.31002/nse.v1i1.173

Purwanto, N. (2016). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosda karya. Bandung. 165 hlm.

Rahmadhani, N., Sn, S., & Lessy, Z. (2024). Kompetensi Guru Fikih dalam Merencanakan Media Pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 421-436.

Rahmadina, S. W., Syahri, S., & Zulirfan, Z. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Topik Klasifikasi Materi Dan Perubahannya Siswa Kelas Vii Smpn 6 Siak Hulu. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 10(1), 58-68. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.647

Safrizal, S. (2021). Gambaran Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar di Kota Padang (Studi Kasus Siswa di Sekolah Akreditasi A). El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 4(1), 55-64.Sari, H. P. (2023). Pendidikan Karakter di Era Society 5.0: Analisis Pemikiran Ibnu Miskawaih. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(2), 348-361.https://doi.org/10.24014/ejpe.v4i1.12362

Saptaningrum, E., Nuvitalia, D., Kurniawan, A. F., & Putri, N. E. (2023). Profil Penguasaan Literasi Sains Berdasarkan Kerangka PISA (Programme for International Student Assessment) Pada Siswa SMP Negeri Se-Kota Semarang Tahun 2022. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 14(2), 240-250. https://doi.org/10.26877/jp2f.v14i2.15482

Sari, I. K. W., & Wulandari, R. (2020). Analisis kemampuan kognitif dalam pembelajan IPA SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 145–152. http://dx.doi.org/10.23887/jppsi.v2i2

Sujana, A., & Jayadinata, A. K. (2018). Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. UPI Sumedang Press.

Sujudi, M. S., Idris, T., Suryanti, S., & Handayani, P. H. (2020). Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Islam As-Shofa Kota Pekanbaru Berdasarkan PISA. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 58-69. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9023

Sutrisna, N. (2021). Analisis kemampuan literasi sains peserta didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal inovasi penelitian, 1(12), 2683-2694.

Tillah, N. F., & Subekti, H. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Smp Berdasarkan Indikator Dan Level Literasi Sains. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 11(4), 2348-2365.

Wulandari, N. (2016). Analisis kemampuan literasi sains pada aspek pengetahuan dan kompetensi sains siswa SMP pada materi kalor. Edusains, 8(1), 66-73. https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1762

Wuri, D. E., Santoso, M. H., & Lubis, J. H. (2019). Rancang Bangun Power Bank Bertenaga Surya Dan VAWT. Jurnal Mahajana Informasi, 4(2), 39-42.

Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal cakrawala pendas, 3(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592

Zulaiha, F., & Kusuma, D. (2021). Analisis kemampuan literasi sains peserta didik SMP di kota Cirebon. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 7(2), 190-201. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i2.3049