PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN STEM PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Aisyah, S. N. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka: Jurnal Bahasam Sastra, dan Budaya Indonesia, 2(1), 62-65.
Amatullah, S. F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Buku Siswa Berbasis Pendekatan Terpadu STEM Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 15-27.
Annur, S. R. (2022). Annur, S., Rusilowati, A., Suprijadi, S., & Sumarni, W. (2022). Pengajaran IPA, Pendekatan STEM dan Kearifan lokal dalam mitigasi bencana: Sebuah studi review tahun 2011-2019. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 5(1), 1075-1080.
Annur, S. W. (2018). Sustainable Development Goals (SDGs) dan Peningkatan Kualitas Pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan, 251-255.
Ardiyanti, F. R. (2022). Pengemebangan Bahan Ajar Fisika Berbasis STEM (Scince, Technology, Engineering, and Mathematich) untuk SMA Kelas X Semester Ganjil. Lontar Physich Today, 1(3), 113-119.
Cahyaningsih, F. &. (2018). Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis STEM-PBL Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif. E-Journal Pendidikan IPA, 7(5), 239-244.
Hafizah, E. A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Berbasis Kearifan Lokal di Lahan Basah. Vida Karya, 36(2), 68-74. DOI: https://doi.org/10.20527/jvk.v36i2.10504
Kadir. (2020). Statistika Terapan Edisi Ketiga. Raja Wali Pers.
Maydiantoro. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Davelopment). FKIP Universitas Lampung.
Miyanto. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Listrik Statis Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik di MTS Miftahul Huda. Undergraduaten Thesis.
Nurazizah, H. S. (2018). Implementasi Pembelajaran STEM: Kajian Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 4(1).
Nurhidayat, F. &. (2021). Bahan Ajar Berbasis STEM dalam Pembelajaran Matematika : Potensi dan Metode Pengembangan. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 4, 298-302.
Pangestu, H. D. (2020). Davelopment of Integrated Natural Science Module With Local Content in Wetland Environment to Train Scince Process Skills For 8th Grade Student of SMP N 23 Banjarmasin. Journal of Scince Education Research, 4(2), 81-94.
Purwaningsih, E. S. (2020). The Effect od STEM-PjBL and Discovery Learning on Improving Students Problems-Solving Skills of The Impulse and Momentum Topic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(4), 465-476. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v9i4.26432
Sholihah, A. S. (2023). The Effectiveness of STEM Integrated Problem-Based Learning in Enhancing Student Science Literacy on Temperature and Heat Materials. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(1), 1-9. DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v7il.5639
Sumardiana., H. A. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis pada Model Project Based Learning disertai STEM Siswa SMA pada Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(7), 874-879. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp/.v4i7.12618
Suniasih, N. W. (2019). SuniasPengembangan Bahan Ajar Neurosains Bermuatan Pendidikan Karakter Dengan Model Inkuiri. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(3), 417-429.
Ulfah, Y. A. (2015). Hubungan Antara Minat dan Motivasi Dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 10 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2), 146-153.
Wahyono, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Peneliaian Hasil Belajar pada generasi Milenial di era revolusi Industri 4.0. Proceeding of Biology Education, 3(1), 192-201.
Widyoko, S. E. (2020). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wijayanto, T. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project based Learning dengan pendekatan STEM Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(3), 113-120.
Yunita, N. S. (2020). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Trhadap Hasil Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPP Guseda), 3(1), 61-65.