PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN STEM PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Shamila Alpariani
Syubhan Annur
Muhammad Fuad Sya’ban


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.7206

Abstract


Capaian yang diharapkan dalam penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar pendekatan STEM pada materi suhu dan kalor dengan fokus pada peningkatan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas materi pelatihan dan mengujinya dalam program pendidikan untuk mengetahui efisiensi dan efektivitasnya. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop, disseminate) . Metode analisis data meliputi angket respon dan pre-test post-test. Hasil validitas bahan ajar pendekatan STEM pada materi suhu dan kalor untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik 95,14% katagori sangat valid. Hasil kajian praktik sebesar 93,52% respon yang diberikan peserta didik menunjukkan bahwa bahan ajar sangat efektif, dan efektivitas hasil belajar berdasarkan statistik nilai pre-test dan post-test menunjukkan rata-rata n-gain sebesar 0,74 tergolong bermutu tinggi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dengan pendekatan STEM pada materi suhu dan kalor valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Keywords


Bahan ajar; Pendekatan STEM; Hasil belajar; Suhu dan kalor

Article Metrics :

References


Aisyah, S. N. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka: Jurnal Bahasam Sastra, dan Budaya Indonesia, 2(1), 62-65.

Amatullah, S. F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Buku Siswa Berbasis Pendekatan Terpadu STEM Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 15-27.

Annur, S. R. (2022). Annur, S., Rusilowati, A., Suprijadi, S., & Sumarni, W. (2022). Pengajaran IPA, Pendekatan STEM dan Kearifan lokal dalam mitigasi bencana: Sebuah studi review tahun 2011-2019. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 5(1), 1075-1080.

Annur, S. W. (2018). Sustainable Development Goals (SDGs) dan Peningkatan Kualitas Pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan, 251-255.

Ardiyanti, F. R. (2022). Pengemebangan Bahan Ajar Fisika Berbasis STEM (Scince, Technology, Engineering, and Mathematich) untuk SMA Kelas X Semester Ganjil. Lontar Physich Today, 1(3), 113-119.

Cahyaningsih, F. &. (2018). Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis STEM-PBL Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif. E-Journal Pendidikan IPA, 7(5), 239-244.

Hafizah, E. A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Berbasis Kearifan Lokal di Lahan Basah. Vida Karya, 36(2), 68-74. DOI: https://doi.org/10.20527/jvk.v36i2.10504

Kadir. (2020). Statistika Terapan Edisi Ketiga. Raja Wali Pers.

Maydiantoro. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Davelopment). FKIP Universitas Lampung.

Miyanto. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Listrik Statis Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik di MTS Miftahul Huda. Undergraduaten Thesis.

Nurazizah, H. S. (2018). Implementasi Pembelajaran STEM: Kajian Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 4(1).

Nurhidayat, F. &. (2021). Bahan Ajar Berbasis STEM dalam Pembelajaran Matematika : Potensi dan Metode Pengembangan. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 4, 298-302.

Pangestu, H. D. (2020). Davelopment of Integrated Natural Science Module With Local Content in Wetland Environment to Train Scince Process Skills For 8th Grade Student of SMP N 23 Banjarmasin. Journal of Scince Education Research, 4(2), 81-94.

Purwaningsih, E. S. (2020). The Effect od STEM-PjBL and Discovery Learning on Improving Students Problems-Solving Skills of The Impulse and Momentum Topic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(4), 465-476. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v9i4.26432

Sholihah, A. S. (2023). The Effectiveness of STEM Integrated Problem-Based Learning in Enhancing Student Science Literacy on Temperature and Heat Materials. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(1), 1-9. DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v7il.5639

Sumardiana., H. A. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis pada Model Project Based Learning disertai STEM Siswa SMA pada Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(7), 874-879. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp/.v4i7.12618

Suniasih, N. W. (2019). SuniasPengembangan Bahan Ajar Neurosains Bermuatan Pendidikan Karakter Dengan Model Inkuiri. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(3), 417-429.

Ulfah, Y. A. (2015). Hubungan Antara Minat dan Motivasi Dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 10 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2), 146-153.

Wahyono, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Peneliaian Hasil Belajar pada generasi Milenial di era revolusi Industri 4.0. Proceeding of Biology Education, 3(1), 192-201.

Widyoko, S. E. (2020). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wijayanto, T. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project based Learning dengan pendekatan STEM Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(3), 113-120.

Yunita, N. S. (2020). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Trhadap Hasil Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPP Guseda), 3(1), 61-65.