PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK DI KELAS X SMA/MA SEDERAJAT

Pani Pransiska Putri
Abdullah Abdullah
Sri Haryati
Dedi Futra


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.7183

Abstract


Kecerdasan interpersonal dan tingkat kepercayaan diri yang bervariasi di antara setiap peserta didik memiliki dampak signifikan terhadap hasil belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan interpersonal dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar kimia peserta didik kelas X di SMA/MA sederajat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, yang dilaksanakan di SMAN 15 Pekanbaru dengan melibatkan 159 peserta didik sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara, serta hasil belajar kimia. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal dan kepercayaan diri berkontribusi secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar, dengan pengaruhnya mencapai 58,1%, sementara 41,9% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Diharapkan, penelitian ini dapat memberikan kontribusi pemikiran dalam upaya meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami materi kimia.

Keywords


kecerdasan interpersonal; kepercayaan diri; hasil belajar

Article Metrics :

References


Abdullah, M. D. (2022). Hubungan Self-efficacy dan Self-esteem Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik pada SMAN 4 Kota Tangerang Selatan. 15–18.

Alfy, Z. R., A’ini, Z. F., & Baihaqie, A. D. (2023). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 42 Jakarta Timur. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 3(2), 88. https:// doi.org/10.30998/edubiologia.v3i2.18572

Amalia, N. F., Suharsono, S., & Ardiansyah, R. (2022). Hubungan Kepercayaan Diri Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi. BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(3), 156–163. https://doi.org/ 10.32938/jbe.v7i3.1974

Amarullah, S., Maulidi, A., Syarifudin, E., & Fauzi, A. (2023). Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(10), 4607–4617.

Annisa, W. N., Nurfitriyanti, M., & Masruroh, A. (2023). Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.22460/ jpmi. v6i1.12659

Ardianti Rukmana, R., Sripatmi, Humaira Salsabila, N., & Hayati, L. (2023). Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 2(1), 26–35. https://doi.org/10.58917/ijme.v2i1.49

Janna, N. (2024). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Matematika. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.58917/ijme.v3i1.89

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2014). Strategi Pembelajaran Kimia. Modul 1, 1(69), 24–34.

Khery, Y., Pahriah, P., & Hasinarmi, H. (2016). Tingkat Peranan Pembelajaran Kimia Dalam Mendukung Gerakan Sekolah Sehat, Aman, Ramah Anak, Dan menyenangkan. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 4(2), 111. https://doi.org/10.33394/hjkk.v4i2.99

Lestari, R. N. (2019). Analisis Kecerdasan Interpersonal Siswa Sma Inshafuddin Banda Aceh. Estuarine, Coastal and Shelf Science, 2020(1), 473–484.

Lutfi, A., Aini, N. Q., Amalia, N., Umah, P. A., & Rukmana, M. D. (2021). Gamifikasi Untuk Pendidikan: Pembelajaran Kimia Yang Menyenangkan Pada Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(2), 94. https://doi.org/10.23887/jpk.v5i2.38486

Maratusyolihat, M., Adillah, N., & Ulfah, M. (2021). Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pelajaran Matematika. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 20(2), 235–248. https://doi.org/10.15408/kordinat.v20i2.21408

Marpaung, R. R. T., Yolida, B., & Putra, S. P. (2020). Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis e-Learning Saat Situasi Pandemi Covid-19 Kelas VII. Jurnal Bioterdidik : Wahana Ekspresi Ilmiah, 8(2), 42. https://doi.org/10.23960/jbt.v8.i2.06

Muthmainah, H. (2022). Analisis Kecerdasan Interpersonal Siswa Berdasarkan Gender di Sekolah Dasar Sahabat Alam. Repository.Uinjkt.Ac.Id, 3(2), 67–77. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/61740

Narma, La, H., & Mashuni. (2023). Pengaruh kepercayaan diri, minat belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi kimia prestasi didik kelas XI SMA Negeri di Kota Baubau. Jurna Biofiskim:Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 5(2), 23–40.

Nasir, et, A. (2023). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd Di Gugus V Gerung Tahun Pelajaran 2022/2023. 9, 356–363.

Nurlaela, E. U. (2019). Chemistry Stortell Inovasi Literasi Pembelajaran Kimia. Seminar Nasional Pendidikan Sains, 143–151.

Pawicara, R. (2022). Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Kesadaran Diri Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI Mipa Di SMA N Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.

Priliyanti, A., Muderawan, I. W., & Maryam, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mempelajari Kimia Kelas Xi. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5, 11–18. https://ejournal.undiksha.ac.id/ index.php/JJPK

Rahmadani, A., Rusdi, Risnawita, & Rahmat, T. (2023). Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis dan Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal on Education, 06(01), 6746–6759.

Ranti Gusti Rahayu, & Yerimadesi. (2022). Efektivitas Modul Stoikiometri Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 425–430. https://doi.org/ 10.37630/jpm.v12i3.626

Rofiatin Azizah. (2022). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Dan Minat Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas X Man 2 Situbondo Tahun Ajaran 2021/2022. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., Mi, 5–24.

Sari, E. P., & Purwaningsih, S. M. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Program Ipa Di Sma Negeri 1 Cerme Gresik. Avatara, 6(3), 79–87.

Susanty, H. (2022). Problematika Pembelajaran Kimia Peserta Didik Pada Pemahaman Konsep Dan Penyelesaian Soal Soal Hitungan. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(6), 1929. https://doi.org/10.35931/ aq.vl6i6.1278

Valdini, D. (2020). Hubungan Kecerdasan Interpersonal Dengan Kepercayaan Diri Siswa Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru.