PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK DI KELAS X SMA/MA SEDERAJAT
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Abdullah, M. D. (2022). Hubungan Self-efficacy dan Self-esteem Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik pada SMAN 4 Kota Tangerang Selatan. 15–18.
Alfy, Z. R., A’ini, Z. F., & Baihaqie, A. D. (2023). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 42 Jakarta Timur. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 3(2), 88. https:// doi.org/10.30998/edubiologia.v3i2.18572
Amalia, N. F., Suharsono, S., & Ardiansyah, R. (2022). Hubungan Kepercayaan Diri Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi. BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(3), 156–163. https://doi.org/ 10.32938/jbe.v7i3.1974
Amarullah, S., Maulidi, A., Syarifudin, E., & Fauzi, A. (2023). Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(10), 4607–4617.
Annisa, W. N., Nurfitriyanti, M., & Masruroh, A. (2023). Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.22460/ jpmi. v6i1.12659
Ardianti Rukmana, R., Sripatmi, Humaira Salsabila, N., & Hayati, L. (2023). Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 2(1), 26–35. https://doi.org/10.58917/ijme.v2i1.49
Janna, N. (2024). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Matematika. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.58917/ijme.v3i1.89
Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2014). Strategi Pembelajaran Kimia. Modul 1, 1(69), 24–34.
Khery, Y., Pahriah, P., & Hasinarmi, H. (2016). Tingkat Peranan Pembelajaran Kimia Dalam Mendukung Gerakan Sekolah Sehat, Aman, Ramah Anak, Dan menyenangkan. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 4(2), 111. https://doi.org/10.33394/hjkk.v4i2.99
Lestari, R. N. (2019). Analisis Kecerdasan Interpersonal Siswa Sma Inshafuddin Banda Aceh. Estuarine, Coastal and Shelf Science, 2020(1), 473–484.
Lutfi, A., Aini, N. Q., Amalia, N., Umah, P. A., & Rukmana, M. D. (2021). Gamifikasi Untuk Pendidikan: Pembelajaran Kimia Yang Menyenangkan Pada Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(2), 94. https://doi.org/10.23887/jpk.v5i2.38486
Maratusyolihat, M., Adillah, N., & Ulfah, M. (2021). Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pelajaran Matematika. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 20(2), 235–248. https://doi.org/10.15408/kordinat.v20i2.21408
Marpaung, R. R. T., Yolida, B., & Putra, S. P. (2020). Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis e-Learning Saat Situasi Pandemi Covid-19 Kelas VII. Jurnal Bioterdidik : Wahana Ekspresi Ilmiah, 8(2), 42. https://doi.org/10.23960/jbt.v8.i2.06
Muthmainah, H. (2022). Analisis Kecerdasan Interpersonal Siswa Berdasarkan Gender di Sekolah Dasar Sahabat Alam. Repository.Uinjkt.Ac.Id, 3(2), 67–77. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/61740
Narma, La, H., & Mashuni. (2023). Pengaruh kepercayaan diri, minat belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi kimia prestasi didik kelas XI SMA Negeri di Kota Baubau. Jurna Biofiskim:Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 5(2), 23–40.
Nasir, et, A. (2023). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd Di Gugus V Gerung Tahun Pelajaran 2022/2023. 9, 356–363.
Nurlaela, E. U. (2019). Chemistry Stortell Inovasi Literasi Pembelajaran Kimia. Seminar Nasional Pendidikan Sains, 143–151.
Pawicara, R. (2022). Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Kesadaran Diri Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI Mipa Di SMA N Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.
Priliyanti, A., Muderawan, I. W., & Maryam, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mempelajari Kimia Kelas Xi. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5, 11–18. https://ejournal.undiksha.ac.id/ index.php/JJPK
Rahmadani, A., Rusdi, Risnawita, & Rahmat, T. (2023). Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis dan Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal on Education, 06(01), 6746–6759.
Ranti Gusti Rahayu, & Yerimadesi. (2022). Efektivitas Modul Stoikiometri Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 425–430. https://doi.org/ 10.37630/jpm.v12i3.626
Rofiatin Azizah. (2022). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Dan Minat Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas X Man 2 Situbondo Tahun Ajaran 2021/2022. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., Mi, 5–24.
Sari, E. P., & Purwaningsih, S. M. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Program Ipa Di Sma Negeri 1 Cerme Gresik. Avatara, 6(3), 79–87.
Susanty, H. (2022). Problematika Pembelajaran Kimia Peserta Didik Pada Pemahaman Konsep Dan Penyelesaian Soal Soal Hitungan. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(6), 1929. https://doi.org/10.35931/ aq.vl6i6.1278
Valdini, D. (2020). Hubungan Kecerdasan Interpersonal Dengan Kepercayaan Diri Siswa Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru.