TINGKAT KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE2WE KELAS XI SMAN 2 TAMBANG

Wulan Amelian
Lenny Anwar
Erviyenni Erviyenni


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.7163

Abstract


Pemilihan model pembelajaran yang tepat dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, yang pada akhirnya dapat menghasilkan prestasi belajar yang baik. Model ini memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan mereka sendiri serta mengkomunikasikan ide-ide yang telah mereka pelajari melalui diskusi. Peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami konsep materi pembelajaran hal ini menyebabkan hasil belajar menjadi rendah. Salah satu aspek hasil belajar yaitu aspek kognitif. Dalam meningkatkan aspek kognitif membantu peserta didik dalam membangun pengetahuan mereka maka pemahaman peserta didik akan sesuai dengan konsep yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kognitif peserta didik setelah penerapan model pembelajaran POE2WE pada pokok bahasan laju reaksi. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan metode Quasi eksperimen di mana variabel-variabelnya dianalisis dengan membagi subjek ke dalam dua kelompok: kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI.3 dan XI.4 SMA Negeri 2 Tambang tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 89 orang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran POE2WE dapat meningkatkan hasil belajar kognitif pada materi laju reaksi. Hasil analisis tahap akhir diperoleh rata-rata hasil belajar pada ranah kognitif kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 86,41 dan 75,6 dengan hasil belajar kognitif pada kategori sangat baik

Keywords


POE2WE; Rendahnya Hasil Belajar; Hasil Belajar Kognitif

Article Metrics :

References


Agustina, W., Fariandani, S., & Prajabatan, P. (2024). Penerapan Model Cooperative Learning TGT Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik SMPN 1 Bangkalan. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA. http://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/eduproxima

Al Fajri, R., & Chusni, M. M. (2024). Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 360 Dengan Model Blended POE2WE Pada Materi Fluida Statis. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 4(1), 216–225. https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i1.1090

Apiati, V., & Muslim, S. R. (2024). Pengembangan Modul Dengan Model POE2WE (Prediction, Observation, Explanation, Elaboration, Write, Dan Evaluation) Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 5(1). https://doi.org/10.46306/lb.v5i1

Ayu Lestari, L., Subandi, & Habiddin. (2021). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Laju Reaksi dan Perbaikannya Menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dengan Strategi Konflik Kognitif. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Eka, R., Susanti, E., & Iskandar, S. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Schoology Dalam Model Belajar learning Cycle 6 Fase-Problem Solving (LC 6F-PS) Terhadap pemahaman Konseptual Dan Grafik Pada Materi Laju reaksi. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 60–69. https://ejournal. undiksha.ac.id/index.php/JPK/index

Faizah, H., & Kamal, R. (2024). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(1), 466–476. https://doi.org/ 10.31004/basicedu.v8i1.6735

Fatah, F., Sriwahyuni, E., Amin, M., & Ayu Annisa, D. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Ranah Kognitif Kelas XI IPA SMA Negeri 12 Tidore Kepulauan Pada Materi Laju Reaksi. In Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU) (Vol. 4, Issue 1).

Fauzia Azmi, H., & Novitra, F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran POE2WE Pada Materi Momentum Dan Impuls Terhadap Pemahaman Konsep Siswa SMA Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika.

Gunawan. (2017). Keterampilan Berpikir Dalam Pembelajaran Sains.

Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah , 9(1), 27–34.

Melinda, T. R. (2018). Skripsi Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Problem Solving Siswa Kelas IV MIN 1 Adirejo Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur. 1–67.

Munirah. (2019). Peranan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Jurnal Tarbawi, 3(2).

Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, 21(2), 151–172. https://doi.org/10.21831/ hum.v21i2.29252

Nana. (2020). Efektivitas Model POE2WE Dalam Penyampaian Materi Metode Ilmiah Guna Meningkatkan Hasil Belajar Dan Minat Belajar Siswa (Vol. 233, Issue 1).

Nana, & Surahman, E. (2019). Pengembangan Inovasi Pembelajaran Digital Menggunakan Model Blended POE2WE di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya) , 2019.

Nurdiansah, I., & Hujjarul Islami, F. (2020). Penerapan Model POE2WE Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Materi Gelombang Berjalan Dan Gelombang Stasioner.

Pareang, C., & La Iki, N. (2020). Pengaruh Kesulitan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Laju Reaksi Kelas XI IPA SMA Santo Paulus Manokwari. In Chemistry Education Journal Arfak Chem (Vol. 3, Issue 1). http:// jurnal.unipa.ac.id/index.php/accej

Permatasari, Y. M., Alifiani, & Fathani, A. H. (2021). Model Pembelajaran POE2WE Bebantuan E-Module Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar Kelas Xi Sma Widyagama Malang (Vol. 16, Issue 19).

Rahmadhani. (2022). Analisis Level Soal danLevel Kognitif Soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Fisika di SMAs Babul Maghfirah.

Rhaska, G., & Mawardi, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Laju Reaksi Berbasis Problem Based Learning untuk Kelas XI SMA/MA.

Rizki Lestari, S. (2020). Penerapan Pembelajaran Melalui Model POE2WE Sebagai Upaya Melatih Literasi Saintifik Dalam Domain Kompetensi Pada Pembelajaran Fisika di SMA.

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam MenyelesaikanSoal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2).

Sidik, H. M., & Nurmahmuddin, A. (2020). Efektivitas Model POE2WE Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Alat Optik. In Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) Jilid (Vol. 16, Issue 3).

Sulaeman, A., & Ariyana, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non-Examples terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII SMPN 14 Kota Tangerang. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(2), 17–27. https://doi.org/10.31540/ silamparibisa.v1i2.201

Usnul Karimah, S. (2014). Hasil Belajar Ranah Kognitif Pada 51 Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sdn No.164 Pertasi Kencana Kecamatan Kalaena Kabupaten Luwu Timur Draft.

Zakso, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 916.

https://doi.org/10.26418/jpsh.v13i2.65142