TINGKAT KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE2WE KELAS XI SMAN 2 TAMBANG
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Agustina, W., Fariandani, S., & Prajabatan, P. (2024). Penerapan Model Cooperative Learning TGT Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik SMPN 1 Bangkalan. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA. http://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/eduproxima
Al Fajri, R., & Chusni, M. M. (2024). Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 360 Dengan Model Blended POE2WE Pada Materi Fluida Statis. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 4(1), 216–225. https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i1.1090
Apiati, V., & Muslim, S. R. (2024). Pengembangan Modul Dengan Model POE2WE (Prediction, Observation, Explanation, Elaboration, Write, Dan Evaluation) Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 5(1). https://doi.org/10.46306/lb.v5i1
Ayu Lestari, L., Subandi, & Habiddin. (2021). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Laju Reaksi dan Perbaikannya Menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dengan Strategi Konflik Kognitif. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Eka, R., Susanti, E., & Iskandar, S. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Schoology Dalam Model Belajar learning Cycle 6 Fase-Problem Solving (LC 6F-PS) Terhadap pemahaman Konseptual Dan Grafik Pada Materi Laju reaksi. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 60–69. https://ejournal. undiksha.ac.id/index.php/JPK/index
Faizah, H., & Kamal, R. (2024). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(1), 466–476. https://doi.org/ 10.31004/basicedu.v8i1.6735
Fatah, F., Sriwahyuni, E., Amin, M., & Ayu Annisa, D. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Ranah Kognitif Kelas XI IPA SMA Negeri 12 Tidore Kepulauan Pada Materi Laju Reaksi. In Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU) (Vol. 4, Issue 1).
Fauzia Azmi, H., & Novitra, F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran POE2WE Pada Materi Momentum Dan Impuls Terhadap Pemahaman Konsep Siswa SMA Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika.
Gunawan. (2017). Keterampilan Berpikir Dalam Pembelajaran Sains.
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah , 9(1), 27–34.
Melinda, T. R. (2018). Skripsi Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Problem Solving Siswa Kelas IV MIN 1 Adirejo Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur. 1–67.
Munirah. (2019). Peranan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Jurnal Tarbawi, 3(2).
Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, 21(2), 151–172. https://doi.org/10.21831/ hum.v21i2.29252
Nana. (2020). Efektivitas Model POE2WE Dalam Penyampaian Materi Metode Ilmiah Guna Meningkatkan Hasil Belajar Dan Minat Belajar Siswa (Vol. 233, Issue 1).
Nana, & Surahman, E. (2019). Pengembangan Inovasi Pembelajaran Digital Menggunakan Model Blended POE2WE di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya) , 2019.
Nurdiansah, I., & Hujjarul Islami, F. (2020). Penerapan Model POE2WE Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Materi Gelombang Berjalan Dan Gelombang Stasioner.
Pareang, C., & La Iki, N. (2020). Pengaruh Kesulitan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Laju Reaksi Kelas XI IPA SMA Santo Paulus Manokwari. In Chemistry Education Journal Arfak Chem (Vol. 3, Issue 1). http:// jurnal.unipa.ac.id/index.php/accej
Permatasari, Y. M., Alifiani, & Fathani, A. H. (2021). Model Pembelajaran POE2WE Bebantuan E-Module Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar Kelas Xi Sma Widyagama Malang (Vol. 16, Issue 19).
Rahmadhani. (2022). Analisis Level Soal danLevel Kognitif Soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Fisika di SMAs Babul Maghfirah.
Rhaska, G., & Mawardi, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Laju Reaksi Berbasis Problem Based Learning untuk Kelas XI SMA/MA.
Rizki Lestari, S. (2020). Penerapan Pembelajaran Melalui Model POE2WE Sebagai Upaya Melatih Literasi Saintifik Dalam Domain Kompetensi Pada Pembelajaran Fisika di SMA.
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam MenyelesaikanSoal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2).
Sidik, H. M., & Nurmahmuddin, A. (2020). Efektivitas Model POE2WE Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Alat Optik. In Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) Jilid (Vol. 16, Issue 3).
Sulaeman, A., & Ariyana, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non-Examples terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII SMPN 14 Kota Tangerang. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(2), 17–27. https://doi.org/10.31540/ silamparibisa.v1i2.201
Usnul Karimah, S. (2014). Hasil Belajar Ranah Kognitif Pada 51 Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sdn No.164 Pertasi Kencana Kecamatan Kalaena Kabupaten Luwu Timur Draft.
Zakso, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 916.
https://doi.org/10.26418/jpsh.v13i2.65142