PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PEMBUATAN GENTENG UNTUK MENINGKATKAN ONLINE COLLABORATION SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN IPA

Devi Nur Indah Sari
Supeno Supeno
Nur Ahmad


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.7131

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektivan LKPD berbasis pembuatan genteng yang telah dikembangkan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Jember tahun ajaran 2024/2025 dengan subjek penelitian seabanyak 36 peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE meliputi 5 tahap diantaranya yaitu Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluate (evaluasi). Hasil dari penelitian ini meliputi : (1) rata-rata persentase validitas LKPD sebesar 97,68% yang mengindikasikan bahwa LKPD termasuk dalam kriteria sangat valid sehingga layak digunakan dalam pembelajarn; (2) rata-rata persentase kepraktisan LKPD sebesar 93,10% dengan kriteria sangat praktis; (3) uji keefektivan dianalisis berdasarkan skor N-gain dengan perolehan persentase sebesar 0,50% yang berada pada kriteria sedang, sehingga LKPD berbasis pembuatan genteng dapat meningkatkan keterampilan online collaboration peserta didik.

Keywords


LKPD; Online Collaboration; IPA; Zat dan Perubahannya

Article Metrics :

References


Andikalan, T. H., Supeno, S., & Wicaksono, I. (2022). Kemampuan inkuiri siswa SMP dalam pembelajaran IPA memanfaatkan media E-LKPD. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1), 39-45.https://doi.org/10.24036/pedagogi.v22i1.1271

Branch, R.M. (2009). Instruction Design: The ADDIE Aprroach. New York: Springer Science & Business Media.

Crebert, G., C. J. Patrick, V. Cragnolini, C. Smith, K. Worsfold, dan F. Webb. (2011). Griffith Graduate Attributes Ethical Behaviour and Social Responsibility Toolkit: A second report by Griffith University on Ethical Behaviour and Social Responsibility.

Dila, A. R., Putra, P. D. A., & Ahmad, N. (2024). Pengembangan lkpd berbasis engineering design process (edp) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa smp. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 93-98.: https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1863

Fathimah, S., Sidik, S., & Rahman, R. (2020). Google docs sebagai solusi pengerjaan tugas kelompok dalam pembelajaran daring di tengah pandemi covid 19. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(3). http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1207

Fitriyanti, F., Laras, I. S., Khasanah, K., Anita, I. D., & Rahmawati, F. (2021). Implementasi Metode Collaborative Learning Dalam Pembelajaran Statistika Untuk Meningkatkan Keterampilan 4C (Critical And Problem Solving Skills, Collaboration Skills, Communication Skills, And Creativity And Innovation Skills) Pada Siswa Kelas XI. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 249-259.https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.115

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: a six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal Of Physics, 66(1), 64–74.

Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran tematik kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 1-11. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2345

Latifah, N., Hayat, M. S., & Khoiri, N. (2023). Potensi Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berorientasi ESD dalam Projek IPAS Aspek Zat dan Perubahannya. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 14(2), 261-268. https://doi.org/10.26877/jp2f.v14i2.16955

Marzuki, M. (2023). Analisis Penilaian Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2771-2780.https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22252

Novanda, N. A. L., Supeno, S., & Budiarso, A. S. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(1), 9-18.

Octaviana, F., Wahyuni, D., & Supeno, S. (2022). Pengembangan E-LKPD untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa SMP pada pembelajaran IPA. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2

Pertiwi, W. J., Solfarina, S., & Langitasari, I. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnosains Pada Konsep Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(1), 2717-2730. https://doi.org/10.15294/jipk.v15i1.23228

Pratiwi, H. R., Juhanda, A., & Setiono, S. (2020). Analysis Of Student Collaboration Skills Through Peer Assessment Of The Respiratory System Concept. Journal Of Biology Education, 3(2), 110-121.

Putri, L. E., Mahardika, I. K., & Wicaksono, I. (2021). Validitas E-Modul Pemanasan Global Berbasis Creative Problem Solving Untuk Siswa Smp Kelas Vii. OPTIKA: Jurnal pendidikan fisika, 5(2), 152-161.

https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1085

Rasyidah, K., Supeno, S., & Maryani, M. (2018). Pengaruh guided inquiry berbantuan phet simulations terhadap hasil belajar siswa sma pada pokok bahasan usaha dan energi. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 129-134. https://doi. org/10.19184/jpf. v7i2. 7918.

Rohma, A. W., Budiarso, A. S., & Supeno, S. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Question Prompt Scaffolding untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Jurnal Paedagogy, 10(3), 787-797. https://doi.org/10.33394/jp.v10i3.7769

Saeful, K. S. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Kolaborasi dan Komunikasi Siswa Kelas VII melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw. Jurnal Pakar Guru, 2(2), 189-195. https://ejournal leader.com/index.php/pakar

Sari, D. N. I., Budiarso, A. S., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan E-LKPD berbasis problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan higher order tingking skill (HOTS) pada pembelajaran IPA. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3

Sunbanu, H. F., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2037-2041. 10.31004/basicedu.v3i4.260

Wahidah, A. I., Supeno, S., & Siswati, B. H. (2024). E-MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES UNTUK MENINGKATKAN ARGUMENTASI ILMIAH DAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA SMP. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 15(3), 301-308. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v15i3.22950

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.