PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PEMBUATAN GENTENG UNTUK MENINGKATKAN ONLINE COLLABORATION SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN IPA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Andikalan, T. H., Supeno, S., & Wicaksono, I. (2022). Kemampuan inkuiri siswa SMP dalam pembelajaran IPA memanfaatkan media E-LKPD. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1), 39-45.https://doi.org/10.24036/pedagogi.v22i1.1271
Branch, R.M. (2009). Instruction Design: The ADDIE Aprroach. New York: Springer Science & Business Media.
Crebert, G., C. J. Patrick, V. Cragnolini, C. Smith, K. Worsfold, dan F. Webb. (2011). Griffith Graduate Attributes Ethical Behaviour and Social Responsibility Toolkit: A second report by Griffith University on Ethical Behaviour and Social Responsibility.
Dila, A. R., Putra, P. D. A., & Ahmad, N. (2024). Pengembangan lkpd berbasis engineering design process (edp) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa smp. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 93-98.: https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1863
Fathimah, S., Sidik, S., & Rahman, R. (2020). Google docs sebagai solusi pengerjaan tugas kelompok dalam pembelajaran daring di tengah pandemi covid 19. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(3). http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1207
Fitriyanti, F., Laras, I. S., Khasanah, K., Anita, I. D., & Rahmawati, F. (2021). Implementasi Metode Collaborative Learning Dalam Pembelajaran Statistika Untuk Meningkatkan Keterampilan 4C (Critical And Problem Solving Skills, Collaboration Skills, Communication Skills, And Creativity And Innovation Skills) Pada Siswa Kelas XI. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 249-259.https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.115
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: a six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal Of Physics, 66(1), 64–74.
Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran tematik kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 1-11. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2345
Latifah, N., Hayat, M. S., & Khoiri, N. (2023). Potensi Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berorientasi ESD dalam Projek IPAS Aspek Zat dan Perubahannya. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 14(2), 261-268. https://doi.org/10.26877/jp2f.v14i2.16955
Marzuki, M. (2023). Analisis Penilaian Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2771-2780.https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22252
Novanda, N. A. L., Supeno, S., & Budiarso, A. S. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(1), 9-18.
Octaviana, F., Wahyuni, D., & Supeno, S. (2022). Pengembangan E-LKPD untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa SMP pada pembelajaran IPA. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2
Pertiwi, W. J., Solfarina, S., & Langitasari, I. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnosains Pada Konsep Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(1), 2717-2730. https://doi.org/10.15294/jipk.v15i1.23228
Pratiwi, H. R., Juhanda, A., & Setiono, S. (2020). Analysis Of Student Collaboration Skills Through Peer Assessment Of The Respiratory System Concept. Journal Of Biology Education, 3(2), 110-121.
Putri, L. E., Mahardika, I. K., & Wicaksono, I. (2021). Validitas E-Modul Pemanasan Global Berbasis Creative Problem Solving Untuk Siswa Smp Kelas Vii. OPTIKA: Jurnal pendidikan fisika, 5(2), 152-161.
https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1085
Rasyidah, K., Supeno, S., & Maryani, M. (2018). Pengaruh guided inquiry berbantuan phet simulations terhadap hasil belajar siswa sma pada pokok bahasan usaha dan energi. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 129-134. https://doi. org/10.19184/jpf. v7i2. 7918.
Rohma, A. W., Budiarso, A. S., & Supeno, S. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Question Prompt Scaffolding untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Jurnal Paedagogy, 10(3), 787-797. https://doi.org/10.33394/jp.v10i3.7769
Saeful, K. S. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Kolaborasi dan Komunikasi Siswa Kelas VII melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw. Jurnal Pakar Guru, 2(2), 189-195. https://ejournal leader.com/index.php/pakar
Sari, D. N. I., Budiarso, A. S., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan E-LKPD berbasis problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan higher order tingking skill (HOTS) pada pembelajaran IPA. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3
Sunbanu, H. F., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2037-2041. 10.31004/basicedu.v3i4.260
Wahidah, A. I., Supeno, S., & Siswati, B. H. (2024). E-MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES UNTUK MENINGKATKAN ARGUMENTASI ILMIAH DAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA SMP. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 15(3), 301-308. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v15i3.22950
Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.