PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK UNTUK MELATIH MINAT BACA SISWA PADA MATERI TATA SURYA KELAS VII
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Achriyati, S., Yuliana, R., & Nulhakim, L. (2022). Pengembangan Media Flip Chart Terhadap Keterampilan Membaca Intensif Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 1249. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.8611
Afriani, E. D., Masfuah, S., Roysa, M., & Artikel, S. (2021). Analisis Minat Baca Siswa Kelas V Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Daring, https://doi.org/10.24176/jpi.v1i3.6648
Ansari, M. L., & Soendjoto, M. A. (2018). Validitas media interaktif berbasis macromedia flash dalam pembelajaran materi keanekaragaman hayati sebagai pengayaan biologi SMA Kelas X. https://www.researchgate.net/publication/327671713
Cahyani, I. D., Nulhakim, L., & Yuliana, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Dongeng Fabel Terhadap Minat Literasi siswa SD. 9(2), 337–343. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD
Fatmawati, A. (2016). PENGEMBANGAN Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk Sma Kelas X. 4, No. 2. https://doi.org/10.23971/eds.v4i2.512
Fegiarti, D., & Melisa. (2023). Bahan Ajar Modul Pada Mata Kuliah Kultur Jaringan di Universitas Islam Riau Module Teaching Materials in the Tissue Culture Course at the Islamic University of Riau. 14(2), 107–116. https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(2).13694
Gilang, L., Sihombing, R. M., & Sari, N. (2017). The Impact Of Context On Illustration Of Children’s Picture Books On Discipline Behavior Of Early Childhood. https://www.neliti.com/publications/349106/the-impact-of-context-on-illustration-of-childrens-picture-books-on-discipline-b
Hapsari, Y. I., Purnamasari, I., & Purnamasari, V. (2019). Minat Baca Siswa Kelas V Sd Negeri Harjowinangun 02 Tersono Batang. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3). www.perpusnas.go.id
Mirza, I. M. (2022). Efektifitas Implementasi Tipografi dalam Desain Grafis Berdasarkan Perspektif Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) di Indonesia. 2, No. 2. https://doi.org/10.33197/visualideas.vol2.iss2.2022.908
Nasa’i, A., & Sari, N. R. (2023). Desain Media Pembelajaran Sebagai Pengembangan Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam. Journal on Education, 06(01), 1707–1714. http://dx.doi.org/10.31004/joe.v6i1.3126
Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925
Nurdiana, A. S., Hanafi, S., & Nulhakim, L. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Animasi Berbasis Kinemaster Untuk Meningkatkan Efektivitas Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas Iv Sdn Kedaleman Iv. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1554. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8395
Nurkamilah, M. (2017). Upaya Meningkatkan Keingintahuan Matematis Siswa Menggunakan Guided Discovery Learning Setting Kolaboratif (Penelitian Tindakan Kelas Kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta). The Original Research of Mathematics), 1(2), 51. https://doi.org/10.31949/th.v1i2.378
Oktaviani, P., & Rahmawati, L. E. (2019). Keakuratan Materi Teks Anekdot Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Sma Kelas X Putri Ocvtaviani 1 Laili Etika Rahmawati 2. http://dx.doi.org/10.30659/j.7.2.149-169
Pangestu, R. (2019). Meningkatkan Minat Membaca Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas Ii Sd Increasing Reading Interest Using Serial Pictures Media To 2 Nd Grade Of Student. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/14629
Perdana, A. P., & Riyadhi, N. (2014). Tata Letak Buku Terjemahan Komunikasi Interpersonal Berdasarkan Gaya Selingkung Penerbit Salemba. http://dx.doi.org/10.46961/jip.v2i1.123
Qolik, A., Sutadji, E., Sardjono, Sholah, A., & Nurhadi, D. (2021). Penerapan Teknologi bagi Masyarakat untuk Mengoptimalisasi Produk di Industri Kecil Percetakan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(4), 576–583. http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas
Rahmawanti, N., & Mohan, T. M. (2019). Pengaruh media scrapbook terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(2), 94–100. http://dx.doi.org/10.30738/natural.v6i2.5251
Rizky Anisa, A., Aprila Ipungkarti, A., & Kayla Nur Saffanah, dan. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. In Conference Series Journal (Vol. 01). https://ejournal.upi.edu/index.php/crecs/article/view/32685
Rozie, F., & Siswoyo, A. A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Interaktif Materi Tata Surya Di Sdn Banyuajuh Kamal Madura. 8(2), 129–136. https://doi.org/10.21107/rekayasa.v8i2.2067
Sari, D. L., Amarta, M., Rifin, & Mustafiyanti. (2024). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 338–348. https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i3.884
Setiawan. D. (2016). Dukungan Sosial Orangtua Dalam Menumbuhkan Minat Baca Pada Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 3 Sewon Bantul. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 5, no. 4. https://doi.org/10.21831/sakp.v5i4.5240
Shoimah, R. N., & Syafi’aturrosyidah, M. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Konkrit Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Dan Pemahaman Konsep Pecahan Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas Iii Mi Ma’arif Nu Sukodadi-Lamongan. https://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/mida/article/view/4055
Veronica, N., Saida, N., & Kurniawati, T. (2024). Media Big Scrap Book Untuk Meningkatkan Minat Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 13(1), 82–91. https://doi.org/10.21831/jpa.v13i1.333
Yustiani, L., & Rahayu, V. (2022). Komunikasi Menggunakan Kalimat Bahasa Indonesia Dengan Benar. 5, No. 2. https://doi.org/10.22437/dikbastra.v5i1.20005