PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK UNTUK MELATIH MINAT BACA SISWA PADA MATERI TATA SURYA KELAS VII

Firly Amalia Astriani
Lukman Nulhakim
Mudmainah Vitasari


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.7129

Abstract


Rendahnya minat baca di negara Indonesia merupakan permasalahan yang serius karena akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Penyebab rendahnya minat baca dipengaruhi oleh media pembelajaran yang kurang maksimal dalam melatih melatih minat baca. Agar pembelajaran lebih menarik dan minat baca siswa dapat dilatih maka perlu adanya media pembelajaran yang mendukung. Solusi untuk permasalahan tersebut salah satunya yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran scrapbook. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui tingkat kevalidan scrapbook serta respon siswa terhadap scrapbooknya, dengan menggunakan materi tata surya untuk melatih minat bacanya. Metode yang digunakan yaitu reserch and development (R&D), model yang digunakan ialah 4-D ( Define, Design, Develop, Disseminate). penelitian ini hanya dilakukan sampaai tahap develop saja yaitu pada uji coba terbatas. Hasil dari penelitian memperlihatkan bahwa media pembelajaran scrapbook ini memiliki tingkat kevalidan yang sangat baik dengan perolehan nilai sebesar 92.27% nilai tersebut masuk dalam kategori ”Sangat Valid”. Kemudian diperbaiki dan di uji cobakan pada siswa, setelah mendapatkan respon siswa media scrapbook ini memperoleh nilai 89.86% dengan kategori ”Sangat Valid”

Keywords


Media Pembelajaran; Scrapbook; Minat Baca;Tata Surya

Article Metrics :

References


Achriyati, S., Yuliana, R., & Nulhakim, L. (2022). Pengembangan Media Flip Chart Terhadap Keterampilan Membaca Intensif Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 1249. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.8611

Afriani, E. D., Masfuah, S., Roysa, M., & Artikel, S. (2021). Analisis Minat Baca Siswa Kelas V Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Daring, https://doi.org/10.24176/jpi.v1i3.6648

Ansari, M. L., & Soendjoto, M. A. (2018). Validitas media interaktif berbasis macromedia flash dalam pembelajaran materi keanekaragaman hayati sebagai pengayaan biologi SMA Kelas X. https://www.researchgate.net/publication/327671713

Cahyani, I. D., Nulhakim, L., & Yuliana, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Dongeng Fabel Terhadap Minat Literasi siswa SD. 9(2), 337–343. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD

Fatmawati, A. (2016). PENGEMBANGAN Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk Sma Kelas X. 4, No. 2. https://doi.org/10.23971/eds.v4i2.512

Fegiarti, D., & Melisa. (2023). Bahan Ajar Modul Pada Mata Kuliah Kultur Jaringan di Universitas Islam Riau Module Teaching Materials in the Tissue Culture Course at the Islamic University of Riau. 14(2), 107–116. https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(2).13694

Gilang, L., Sihombing, R. M., & Sari, N. (2017). The Impact Of Context On Illustration Of Children’s Picture Books On Discipline Behavior Of Early Childhood. https://www.neliti.com/publications/349106/the-impact-of-context-on-illustration-of-childrens-picture-books-on-discipline-b

Hapsari, Y. I., Purnamasari, I., & Purnamasari, V. (2019). Minat Baca Siswa Kelas V Sd Negeri Harjowinangun 02 Tersono Batang. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3). www.perpusnas.go.id

Mirza, I. M. (2022). Efektifitas Implementasi Tipografi dalam Desain Grafis Berdasarkan Perspektif Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) di Indonesia. 2, No. 2. https://doi.org/10.33197/visualideas.vol2.iss2.2022.908

Nasa’i, A., & Sari, N. R. (2023). Desain Media Pembelajaran Sebagai Pengembangan Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam. Journal on Education, 06(01), 1707–1714. http://dx.doi.org/10.31004/joe.v6i1.3126

Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925

Nurdiana, A. S., Hanafi, S., & Nulhakim, L. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Animasi Berbasis Kinemaster Untuk Meningkatkan Efektivitas Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas Iv Sdn Kedaleman Iv. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1554. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8395

Nurkamilah, M. (2017). Upaya Meningkatkan Keingintahuan Matematis Siswa Menggunakan Guided Discovery Learning Setting Kolaboratif (Penelitian Tindakan Kelas Kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta). The Original Research of Mathematics), 1(2), 51. https://doi.org/10.31949/th.v1i2.378

Oktaviani, P., & Rahmawati, L. E. (2019). Keakuratan Materi Teks Anekdot Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Sma Kelas X Putri Ocvtaviani 1 Laili Etika Rahmawati 2. http://dx.doi.org/10.30659/j.7.2.149-169

Pangestu, R. (2019). Meningkatkan Minat Membaca Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas Ii Sd Increasing Reading Interest Using Serial Pictures Media To 2 Nd Grade Of Student. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/14629

Perdana, A. P., & Riyadhi, N. (2014). Tata Letak Buku Terjemahan Komunikasi Interpersonal Berdasarkan Gaya Selingkung Penerbit Salemba. http://dx.doi.org/10.46961/jip.v2i1.123

Qolik, A., Sutadji, E., Sardjono, Sholah, A., & Nurhadi, D. (2021). Penerapan Teknologi bagi Masyarakat untuk Mengoptimalisasi Produk di Industri Kecil Percetakan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(4), 576–583. http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas

Rahmawanti, N., & Mohan, T. M. (2019). Pengaruh media scrapbook terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(2), 94–100. http://dx.doi.org/10.30738/natural.v6i2.5251

Rizky Anisa, A., Aprila Ipungkarti, A., & Kayla Nur Saffanah, dan. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. In Conference Series Journal (Vol. 01). https://ejournal.upi.edu/index.php/crecs/article/view/32685

Rozie, F., & Siswoyo, A. A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Interaktif Materi Tata Surya Di Sdn Banyuajuh Kamal Madura. 8(2), 129–136. https://doi.org/10.21107/rekayasa.v8i2.2067

Sari, D. L., Amarta, M., Rifin, & Mustafiyanti. (2024). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 338–348. https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i3.884

Setiawan. D. (2016). Dukungan Sosial Orangtua Dalam Menumbuhkan Minat Baca Pada Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 3 Sewon Bantul. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 5, no. 4. https://doi.org/10.21831/sakp.v5i4.5240

Shoimah, R. N., & Syafi’aturrosyidah, M. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Konkrit Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Dan Pemahaman Konsep Pecahan Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas Iii Mi Ma’arif Nu Sukodadi-Lamongan. https://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/mida/article/view/4055

Veronica, N., Saida, N., & Kurniawati, T. (2024). Media Big Scrap Book Untuk Meningkatkan Minat Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 13(1), 82–91. https://doi.org/10.21831/jpa.v13i1.333

Yustiani, L., & Rahayu, V. (2022). Komunikasi Menggunakan Kalimat Bahasa Indonesia Dengan Benar. 5, No. 2. https://doi.org/10.22437/dikbastra.v5i1.20005