ANALISIS PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MTSN 2 KOTA TASIKMALAYA

Winda Sriwenda
Endang Surahman
Liah Badriah
Diana Hernawati


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.7100

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil keterampilan berpikir kritis peserta didik di MTsN 2 Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan instrumen berupa soal tes keterampilan berpikir kritis. Responden penelitian yang digunakan sebanyak 95 orang responden. Instrumen berpikir kritis terdiri dari 5 indikator yaitu (1) clarification, (2) basic support, (3) inference (4) advanced clarification, dan (5) strategies and tactics. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik berada pada kriteria kurang dengan dengan rata-rata persentase 57,1%. Indikator basic support memiliki nilai tertinggi sebesar 61,3% dengan kriteria baik, indikator advanced clarification memiliki nilai terendah sebesar 52,8% dengan kriteria cukup. Hasil ini mengindikasikan keterampilan berpikir kritis peserta didik di MTsN 2 Kota Tasikmalaya termasuk kategori kurang. Peserta didik belum sepenuhnya terlibat dalam aktivitas analisis, sintesis, dan penerapan pengetahuan secara nyata. Pembelajaran masih kurang mengarahkan peserta didik untuk berpikir kritis secara mendalam melalui analisis dan sintesis. Disarankan untuk menggunakan model pembelajaran yang lebih efektif, seperti pembelajaran yang mengarah pada basis masalah dan proyek.

Keywords


Keterampilan Berpikir Kritis; Pembelajaran IPA; Peserta Didik

Article Metrics :

References


Amar, M. F. (2024). Peran Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pendidik Dalam Menumbuhkan Self-Efficacy. Aafiyah: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(1), 1-13. https://edujavare.com/index.php/Aafiyah/issue/archive

Chotimah, S. Ramdhani, F.A. Bernard, M. Akbar, P. (2019). Pengaruh Pendekatan Model-Eliciting Activities Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Peserta didik Smp Negeri Di Kota Cimahi. Journal On Education, 1(2), 68-77. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.71

Dewi Ayu Wisnu Wardani. (2023). Problem Based Learning: Membuka Peluang Kolaborasi Dan Pengembangan Skill Peserta didik. Jurnal Penelitian Dan Penjaminan Mutu, 4(1), 1-17. https://ejournal.sthd-jateng.ac.id/JawaDwipa/index.php/jawadwipa/article/view/61/51

Ennis, R. H. (1996). Critical Thinking Dispositions: Their Nature and Assessability. Informal Logic, 18(2). https://doi.org/10.22329/il.v18i2.2378

Fitriani, A., Zubaidah, S., Susilo, H., & Al Muhdhar, M. H. I. (2020). PBLPOE: A learning model to enhance students’ critical thinking skills and scientific attitudes. International Journal of Instruction, 13(2). https://doi.org/10.29333/iji.2020.1327a

Hixson, N. K., Ravitz, J., & Whisman, A. (2012). Extended Professional Development in Project-Based Learning: Impacts on 21st century teaching and student achievement. Charleston: West Virginia Department of Education.

Humayra, F., Sulastri, S., & Gani, A. (2022). Persepsi Pendidik terhadap Pembelajaran IPA secara Terpadu di SMP/MTs Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(4). https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i4.26013

Lai, E. . (2011). Critical Thinking: A Literature Review. Transfusion, 35(3). https://doi.org/10.1046/j.1537-2995.1995.35395184278.x

Manurung, A. S., Fahrurrozi, F., Utomo, E., & Gumelar, G. (2023). Implementasi Berpikir Kritis dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahapeserta didik. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2). https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.3965

Marudut, M. R. H., Bachtiar, I. G., Kadir, K., & Iasha, V. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Basicedu, 4(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.401

Marwiyati, S., & Istiningsih, I. (2020). Pembelajaran Saintifik pada Anak Usia Dini dalam Pengembangan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.508

Muslimah, A. I. (2020). Analisis Analisis Berpikir Kritis Peserta didik SMP dalam Menyelesaikan Soal Pecahan ditinjau dari Gaya Belajar. KadikmA, 11(2). https://doi.org/10.19184/kdma.v11i2.19806

Nuraida, D., & Berpikir, A. (2019). Peran Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Teladan, 4(1), 1–60. Retrieved from http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/47

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizmania Learning Center.

Phafiandita, A. N., Permadani, A., Pradani, A. S., & Wahyudi, M. I. (2022). Urgensi Evaluasi Pembelajaran di Kelas. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(2), 111–121. https://doi.org/10.47387/jira.v3i2.262

Pramuji, L., Permanasari, A., & Ardianto, D. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Stem Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik. Journal Of Science Education And PracticE, 2(1). https://doi.org/10.33751/jsep.v2i1.1699

Priantari, I., Prafitasari, A. N., Kusumawardhani, D. R., & Susanti, S. (2020). Improving Students Critical Thinking through STEAM-PjBL Learning Pembelajaran STEAM-PjBL untuk Peningkatan Berpikir Kritis. Bioeducation Journal, 4(2).

Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548

Simanjuntak, M. (2019). Membangun Ketrampilan 4 C Peserta didik Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3.

Suciono, W. (2021). Berpikir Kritis (Tinjauan Melalui Kemandirian Belajar, Kemampuan Akademik. Indramayu: CV Adanu Abimata.

Sucipta, I. W., Candiasa, I. M., & Sudirtha, I. G. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Bentuk Asesmen Formatif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 13(2).

Suyanto, & Jihad, A. (2013). MENJADI GURU PROFESIONAL: Strategi Meningkatkan Kualifikasi Dan Kualitas Guru Di Era Global. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Swandari, N., & Jemani, A. (2023). Pengembangan Soft Skill Peserta Didik melalui Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (Studi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Jombang). LITERASI: Jurnal Pendidikan Guru Indonesia, 2(2), 127-147. https://doi.org/10.58218/literasi.v2i2.632

Umami, R., Rusdi, M., & Kamid, K. (2021). Pengembangan instrumen tes untuk mengukur higher order thinking skills (HOTS) berorientasi programme for international student asessment (PISA) pada peserta didik. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1). https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2069

Wayudi, M., Suwatno, S., & Santoso, B. (2020). Kajian Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1). https://doi.org/10.17509/jpm.v5i1.25853

Yanti, S. (2021). Analisis Kebiasaan Berpikir Peserta didik Melalui Pembelajaran Berbasis Pendekatan Metakognitif. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 11–21. https://doi.org/10.24114/paradikma.v14i2.31638

Yasifa, A., Hasibuan, N. H., Siregar, P. A., Zakiyah, S., & Anas, N. (2023). Implementasi Pembelajaran STEM pada Materi Ekosistem terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal on Education, 05(04), 11385-11396. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2081

Zubaidah, S. (2010). Berpikir Kritis: kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran sains. Optimalisasi Sains untuk memberdayakan Manusia. Makalah Seminar Nasional Sains Dengan Tema Pascasarjana Unesa, 16.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan Dengan Tema “Isu-Isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21, 2(2), 1-17.