ANALISIS PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MTSN 2 KOTA TASIKMALAYA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Amar, M. F. (2024). Peran Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pendidik Dalam Menumbuhkan Self-Efficacy. Aafiyah: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(1), 1-13. https://edujavare.com/index.php/Aafiyah/issue/archive
Chotimah, S. Ramdhani, F.A. Bernard, M. Akbar, P. (2019). Pengaruh Pendekatan Model-Eliciting Activities Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Peserta didik Smp Negeri Di Kota Cimahi. Journal On Education, 1(2), 68-77. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.71
Dewi Ayu Wisnu Wardani. (2023). Problem Based Learning: Membuka Peluang Kolaborasi Dan Pengembangan Skill Peserta didik. Jurnal Penelitian Dan Penjaminan Mutu, 4(1), 1-17. https://ejournal.sthd-jateng.ac.id/JawaDwipa/index.php/jawadwipa/article/view/61/51
Ennis, R. H. (1996). Critical Thinking Dispositions: Their Nature and Assessability. Informal Logic, 18(2). https://doi.org/10.22329/il.v18i2.2378
Fitriani, A., Zubaidah, S., Susilo, H., & Al Muhdhar, M. H. I. (2020). PBLPOE: A learning model to enhance students’ critical thinking skills and scientific attitudes. International Journal of Instruction, 13(2). https://doi.org/10.29333/iji.2020.1327a
Hixson, N. K., Ravitz, J., & Whisman, A. (2012). Extended Professional Development in Project-Based Learning: Impacts on 21st century teaching and student achievement. Charleston: West Virginia Department of Education.
Humayra, F., Sulastri, S., & Gani, A. (2022). Persepsi Pendidik terhadap Pembelajaran IPA secara Terpadu di SMP/MTs Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(4). https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i4.26013
Lai, E. . (2011). Critical Thinking: A Literature Review. Transfusion, 35(3). https://doi.org/10.1046/j.1537-2995.1995.35395184278.x
Manurung, A. S., Fahrurrozi, F., Utomo, E., & Gumelar, G. (2023). Implementasi Berpikir Kritis dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahapeserta didik. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2). https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.3965
Marudut, M. R. H., Bachtiar, I. G., Kadir, K., & Iasha, V. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Basicedu, 4(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.401
Marwiyati, S., & Istiningsih, I. (2020). Pembelajaran Saintifik pada Anak Usia Dini dalam Pengembangan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.508
Muslimah, A. I. (2020). Analisis Analisis Berpikir Kritis Peserta didik SMP dalam Menyelesaikan Soal Pecahan ditinjau dari Gaya Belajar. KadikmA, 11(2). https://doi.org/10.19184/kdma.v11i2.19806
Nuraida, D., & Berpikir, A. (2019). Peran Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Teladan, 4(1), 1–60. Retrieved from http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/47
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizmania Learning Center.
Phafiandita, A. N., Permadani, A., Pradani, A. S., & Wahyudi, M. I. (2022). Urgensi Evaluasi Pembelajaran di Kelas. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(2), 111–121. https://doi.org/10.47387/jira.v3i2.262
Pramuji, L., Permanasari, A., & Ardianto, D. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Stem Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik. Journal Of Science Education And PracticE, 2(1). https://doi.org/10.33751/jsep.v2i1.1699
Priantari, I., Prafitasari, A. N., Kusumawardhani, D. R., & Susanti, S. (2020). Improving Students Critical Thinking through STEAM-PjBL Learning Pembelajaran STEAM-PjBL untuk Peningkatan Berpikir Kritis. Bioeducation Journal, 4(2).
Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548
Simanjuntak, M. (2019). Membangun Ketrampilan 4 C Peserta didik Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3.
Suciono, W. (2021). Berpikir Kritis (Tinjauan Melalui Kemandirian Belajar, Kemampuan Akademik. Indramayu: CV Adanu Abimata.
Sucipta, I. W., Candiasa, I. M., & Sudirtha, I. G. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Bentuk Asesmen Formatif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 13(2).
Suyanto, & Jihad, A. (2013). MENJADI GURU PROFESIONAL: Strategi Meningkatkan Kualifikasi Dan Kualitas Guru Di Era Global. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Swandari, N., & Jemani, A. (2023). Pengembangan Soft Skill Peserta Didik melalui Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (Studi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Jombang). LITERASI: Jurnal Pendidikan Guru Indonesia, 2(2), 127-147. https://doi.org/10.58218/literasi.v2i2.632
Umami, R., Rusdi, M., & Kamid, K. (2021). Pengembangan instrumen tes untuk mengukur higher order thinking skills (HOTS) berorientasi programme for international student asessment (PISA) pada peserta didik. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1). https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2069
Wayudi, M., Suwatno, S., & Santoso, B. (2020). Kajian Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1). https://doi.org/10.17509/jpm.v5i1.25853
Yanti, S. (2021). Analisis Kebiasaan Berpikir Peserta didik Melalui Pembelajaran Berbasis Pendekatan Metakognitif. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 11–21. https://doi.org/10.24114/paradikma.v14i2.31638
Yasifa, A., Hasibuan, N. H., Siregar, P. A., Zakiyah, S., & Anas, N. (2023). Implementasi Pembelajaran STEM pada Materi Ekosistem terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal on Education, 05(04), 11385-11396. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2081
Zubaidah, S. (2010). Berpikir Kritis: kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran sains. Optimalisasi Sains untuk memberdayakan Manusia. Makalah Seminar Nasional Sains Dengan Tema Pascasarjana Unesa, 16.
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan Dengan Tema “Isu-Isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21, 2(2), 1-17.