DESAIN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS GENIALLY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN IPAS SD/MI

Tutut Hartina Ilmiah Ningsih
Oktaviani Adhi Suciptaningsih
Siti Faizah


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.7087

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Genially yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain Research and Development (R&D) dengan pendekatan pre-test dan post-test untuk mengukur perubahan keterampilan berpikir kritis siswa. Sebanyak 10 siswa dari kelas V SD menjadi subjek penelitian dalam uji terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis Genially dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan skor N-gain rata-rata 80,75 yang menunjukkan peningkatan yang signifikan. Validasi dari ahli materi menghasilkan rata-rata 87,6%, validasi dari ahli pembelajaran sebesar 89,3%, dan uji respon siswa menghasilkan 89,5 %  Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.

Keywords


media interaktif; Genially; keterampilan berpikir kritis; IPAS; SD/MI

Article Metrics :

References


Andini, A. R., & Qomariyah, N. (2022). Validasi E-Book Tipe Flipbook Materi Sistem Pencernaan Manusia Berbasis PBL Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (Bioedu), 11(2), 330–340. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n2.p330-340

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Delvi, M., Alim, J. A., & Alpusari, M. (2022). Interactive Media Development With Genially Application Materials Build Curved Side Space For Elementary School Students. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4), 6427–6442. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2083

Febriarti, F. D., & Rahayu, Y. S. (2022). Pengembangan E-Book Interaktif Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (Bioedu), 11(3), 775–784. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n3.p775-784

Gustina, H. T., Syahrilfuddin, S., & Noviana, E. (2019). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iii Sd Negeri 144 Pekanbaru. Tunjuk Ajar Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 2(1), 30. https://doi.org/10.31258/jta.v2i1.30-39

Handayani, F., Riqqah Annisa Maharani Desyandri, & Irdamurni. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11362–11369. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4244

Haryati, T., Suciptaningsih, O. A., Dewi, R. S. I., & Sucipta, N. A. (2023). Development of an Interactive Ebook to Improve Cultural Literacy and Citizenship in Class VIII Junior High School Students. Jurnal Teknologi Pendidikan, 25(3), 347–362. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21009/JTP2001.6

Herdianti, N. P. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Digital Pada Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1592–1603. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7393

Humairah, L. P., Wahyuni, S., Nuha, U., & Wahyuni, D. (2022). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Flipbook Digital Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. 26–34. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2024.v14.i01.p26-34

Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). RESPON SISWA TERHADAP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 12–19. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpk.v4i1.24981

Lestiani, W. (2024). Evaluasi Pelaksanaan Pelatihan Membuat Media Presentasi Interaktif Genially Bagi Guru SDN 7 Bukit Tunggal. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2), 69–75. https://doi.org/10.37304/jtekpend.v4i2.14823

Mujadidi, S. (2023). Gamifikasi Dalam Pengajaran Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Platform Genially. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(3), 41–49. https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i3.2834

Oktaviara, R. A., & Pahlevi, T. (2019). Pengembangan E-modul Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Menerapkan Pengoperasian Aplikasi Pengolah Kata Kelas X OTKP 3 SMKN 2 Blitar. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(3), 60–65.

Ph, L., Indrayati, N., & Yuliyanti, E. (2019). Gambaran Tingkat Ansietas Anak Usia Sekolah Saat Mengalami Menarche. Jurnal Kesehatan, 12(2), 146. https://doi.org/10.24252/kesehatan.v12i2.10295

Putra, L. D., & Afrina, N. (2023). The development of genially-based interactive learning multimedia for elementary school students. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 6(2), 138–151. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v6i2.8413

Putri, D. P. E., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kimia Berbasis Android Menggunakan Prinsip Mayer Pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 38–47. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i1.13752

Retnaningtiyas, T. A., Suprapto, N., & Achmadi, H. R. (2021). Studi Literatur Pemanfaatan Media Augmented Reality Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Ipf Inovasi Pendidikan Fisika, 10(1), 39–49. https://doi.org/10.26740/ipf.v10n1.p39-49

Safitri, N. A. (2022). The STEAM Approach to Improve 21st Century Skills in Elementary Schools. Kalam Cendekia Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 227. https://doi.org/10.20961/jkc.v10i2.65493

Septianingsih, M. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Platform Genially Pada Subtema Penghematan Energi. Pedagogia Jurnal Ilmiah Pendidikan, 15(1), 34–38. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v15i1.8470

Shalimara, A. K., & Rukmana, D. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Problem Solving Menggunakan Aplikasi Genially pada Materi Bangun Datar Kelas V. JP2SD : Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar, 12(2), 272–290. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v12i2.34632

Sulistyaningrum, H. (2023). Analisis Dan Desain Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Berbasis Literasi Sains Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jt, 8(2), 59–68. https://doi.org/10.55719/jt.v8i2.948

Susanti, Y. D., Rahmadewi, R., Ningrum, W. W. K., Nuryadin, A., & Alim, M. A. bin A. (2023). Development of Interactive E-Module on Learning IPAS. Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.33830/jp.v24i2.4579.2023

Wadud, A. J. (2024). Pengaruh Media Ular Tangga Berbasis Genially Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika. Kognitif Jurnal Riset Hots Pendidikan Matematika, 4(1), 500–512. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1579

Yolanda, A., Santa, & Indriani, R. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Genially Pada Materi Norma Dalam Adat Istiadat Daerahku. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6246–6247. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.9137