DESAIN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS GENIALLY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN IPAS SD/MI
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Andini, A. R., & Qomariyah, N. (2022). Validasi E-Book Tipe Flipbook Materi Sistem Pencernaan Manusia Berbasis PBL Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (Bioedu), 11(2), 330–340. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n2.p330-340
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Delvi, M., Alim, J. A., & Alpusari, M. (2022). Interactive Media Development With Genially Application Materials Build Curved Side Space For Elementary School Students. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4), 6427–6442. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2083
Febriarti, F. D., & Rahayu, Y. S. (2022). Pengembangan E-Book Interaktif Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (Bioedu), 11(3), 775–784. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n3.p775-784
Gustina, H. T., Syahrilfuddin, S., & Noviana, E. (2019). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iii Sd Negeri 144 Pekanbaru. Tunjuk Ajar Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 2(1), 30. https://doi.org/10.31258/jta.v2i1.30-39
Handayani, F., Riqqah Annisa Maharani Desyandri, & Irdamurni. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11362–11369. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4244
Haryati, T., Suciptaningsih, O. A., Dewi, R. S. I., & Sucipta, N. A. (2023). Development of an Interactive Ebook to Improve Cultural Literacy and Citizenship in Class VIII Junior High School Students. Jurnal Teknologi Pendidikan, 25(3), 347–362. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21009/JTP2001.6
Herdianti, N. P. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Digital Pada Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1592–1603. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7393
Humairah, L. P., Wahyuni, S., Nuha, U., & Wahyuni, D. (2022). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Flipbook Digital Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. 26–34. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2024.v14.i01.p26-34
Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). RESPON SISWA TERHADAP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 12–19. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpk.v4i1.24981
Lestiani, W. (2024). Evaluasi Pelaksanaan Pelatihan Membuat Media Presentasi Interaktif Genially Bagi Guru SDN 7 Bukit Tunggal. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2), 69–75. https://doi.org/10.37304/jtekpend.v4i2.14823
Mujadidi, S. (2023). Gamifikasi Dalam Pengajaran Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Platform Genially. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(3), 41–49. https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i3.2834
Oktaviara, R. A., & Pahlevi, T. (2019). Pengembangan E-modul Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Menerapkan Pengoperasian Aplikasi Pengolah Kata Kelas X OTKP 3 SMKN 2 Blitar. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(3), 60–65.
Ph, L., Indrayati, N., & Yuliyanti, E. (2019). Gambaran Tingkat Ansietas Anak Usia Sekolah Saat Mengalami Menarche. Jurnal Kesehatan, 12(2), 146. https://doi.org/10.24252/kesehatan.v12i2.10295
Putra, L. D., & Afrina, N. (2023). The development of genially-based interactive learning multimedia for elementary school students. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 6(2), 138–151. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v6i2.8413
Putri, D. P. E., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kimia Berbasis Android Menggunakan Prinsip Mayer Pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 38–47. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i1.13752
Retnaningtiyas, T. A., Suprapto, N., & Achmadi, H. R. (2021). Studi Literatur Pemanfaatan Media Augmented Reality Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Ipf Inovasi Pendidikan Fisika, 10(1), 39–49. https://doi.org/10.26740/ipf.v10n1.p39-49
Safitri, N. A. (2022). The STEAM Approach to Improve 21st Century Skills in Elementary Schools. Kalam Cendekia Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 227. https://doi.org/10.20961/jkc.v10i2.65493
Septianingsih, M. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Platform Genially Pada Subtema Penghematan Energi. Pedagogia Jurnal Ilmiah Pendidikan, 15(1), 34–38. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v15i1.8470
Shalimara, A. K., & Rukmana, D. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Problem Solving Menggunakan Aplikasi Genially pada Materi Bangun Datar Kelas V. JP2SD : Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar, 12(2), 272–290. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v12i2.34632
Sulistyaningrum, H. (2023). Analisis Dan Desain Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Berbasis Literasi Sains Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jt, 8(2), 59–68. https://doi.org/10.55719/jt.v8i2.948
Susanti, Y. D., Rahmadewi, R., Ningrum, W. W. K., Nuryadin, A., & Alim, M. A. bin A. (2023). Development of Interactive E-Module on Learning IPAS. Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.33830/jp.v24i2.4579.2023
Wadud, A. J. (2024). Pengaruh Media Ular Tangga Berbasis Genially Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika. Kognitif Jurnal Riset Hots Pendidikan Matematika, 4(1), 500–512. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1579
Yolanda, A., Santa, & Indriani, R. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Genially Pada Materi Norma Dalam Adat Istiadat Daerahku. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6246–6247. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.9137