IMPLEMENTASI PENDEKATAN STEM DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPAS SISWA KELAS 5 MADRASAH IBTIDAIYAH

Tutut Hartina Ilmiah Ningsih - [ https://orcid.org/0000-0003-0422-5218 ]
Intan Sari Rufiana
Sri Rahayuningsih


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.7068

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan model pembelajaran STEM terhadap peningkatan pemahaman konseptual siswa pada pembelajaran IPA materi energi dan perubahannya pada siswa kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah. Pembelajaran dilakukan dengan 2 siklus yang meliputi eksperimen, proyek berbasis STEM, dan kegiatan berbasis kolaborasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis dilakukan dalam tiga tahap yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini, proses pembelajaran dilaksanakan pada siklus I, aktivitas guru tergolong baik (B) dan aktivitas siswa tergolong cukup (C). siklus II, aktivitas guru tergolong baik (B) dan aktivitas siswa tergolong baik (B). Tingkat pemahaman siswa pada awal siklus I sebesar 71%, kemudian meningkat menjadi 91% pada siklus II. Kendala yang dihadapi terutama terkait keterbatasan sarana dan waktu, namun solusi yang diterapkan cukup efektif dalam mengatasi kendala tersebut. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STEM akan meningkatkan pemahaman konseptual siswa ditambah dengan keterampilan praktis tentang energi dan perubahannya.

Keywords


Pembelajaran STEM; Pemahaman Konsep; IPAS; Sekolah Dasar

Article Metrics :

References


Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Enggeenering and Mathematic) Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Scholaria Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 11–22. https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p11-22

Desyandri. (2022). Pelatihan Penulisan PTK Dan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(8), 2105–2114. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v1i8.2023

Fauziah, M., Anastasya, K., Hidayah, U., & Khotimah, W. K. (2023). Implementasi Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar Alam Lukulo Kebumen. Social Humanities and Educational Studies (Shes) Conference Series, 6(1), 1. https://doi.org/10.20961/shes.v6i1.71022

Heryanti, A. D. (2020). Pembelajaran Berbasis Stem Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Energi Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Melalui Projek PLTMH. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(1), 77. https://doi.org/10.25157/wa.v7i1.3241

Latifah, F., & Hanik, E. U. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Pendekatan STEM Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPA MI an-Nur Daren. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(02), 171–179. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i02.431

Muryanti, E., & Herman, Y. (2021). Studi Perbandingan Sistem Pendidikan Dasar Di Indonesia Dan Finlandia. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1146–1156. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1696

Muttaqiin, A. (2023). Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Pada Pembelajaran IPA Untuk Melatih Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(1), 34–45. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.819

Nahak, K. E. N., Degeng, I. N. S., & Widiati, U. (2019). Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian Dan Pengembangan, 4(6), 785. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i6.12527

Permanasari, A., Rubini, B., & Nugroho, O. F. (2021). STEM Education in Indonesia: Science Teachersâ€TM and Studentsâ€TM Perspectives. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 2(1), 7–16. https://doi.org/10.46843/jiecr.v2i1.24

Petrovski, J. (2023). Using Stem Education in Schools. Teacher, 26, 62–65. https://doi.org/10.20544/teacher.26.10

Primasari, I. F. N. D., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Analisis Kebijakan Dan Pengelolaan Pendidikan Terkait Standar Penilaian Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1479–1491. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.956

Rahmatina. (2022). Peningkatan Pengetahuan Dan Kemampuan Guru Dalam Menulis Penelitian Tindakan Kelas Dan Artikel. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(8), 2115–2122. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v1i8.2024

Rapi, N. K., Suswandi, I., & Wahyuni, I. (2017). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Sd Di Kecamatan Buleleng. International Journal of Community Service Learning, 1(2), 84. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v1i2.12092

Sari, E., Sihaloho, R., Sutomo, S., & Arum, W. S. A. (2021). Meningkatkan Komitmen Guru melalui Optimalisasi. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 01(04), 250–264. https://doi.org/https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.32

Saw, G. (2020). Leveraging Social Capital to Broaden Participation in STEM. Policy Insights From the Behavioral and Brain Sciences, 7(1), 35–43. https://doi.org/10.1177/2372732219895997

Setianingsih, R., Manuharawati, M., Sutinah, S., & Lukito, A. (2016). Pendampingan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Untuk Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Abdi Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 61. https://doi.org/10.26740/ja.v1n1.p61-66

Shernoff, D. J., Sinha, S., Bressler, D. M., & Ginsburg, L. (2017). Assessing Teacher Education and Professional Development Needs for the Implementation of Integrated Approaches to STEM Education. International Journal of Stem Education, 4(1). https://doi.org/10.1186/s40594-017-0068-1

Stohlmann, M., Moore, T. J., & Roehrig, G. H. (2012). Considerations for Teaching Integrated STEM Education. Journal of Pre-College Engineering Education Research (J-Peer), 2(1), 28–34. https://doi.org/10.5703/1288284314653

Suhartono, S., Fatimah, S., & Widyastuti, S. (2018). Analysing the Implementation and the Effect of Partnership Among School, Family, and Community Towards the Quality of Education in Sd Negeri 02 Karangsari Kebumen. Dwija Cendekia Jurnal Riset Pedagogik, 2(1). https://doi.org/10.20961/jdc.v2i1.18926

Sukmawati, N. I., & Rakhmawati, N. I. S. (2023). Pengaruh Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematic) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Critical Thinking And Problem Solving) pada Anak Usia Dini. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(1), 127–141. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/concept.v2i1.238

Sumarni, W., & Kadarwati, S. (2020). Ethno-Stem Project-Based Learning: Its Impact to Critical and Creative Thinking Skills. Jurnal Pendidikan Ipa Indonesia, 9(1), 11–21. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i1.21754

Sumaya, A., Israwaty, I., & Ilmi, N. (2021). Penerapan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Pinrang Application of STEM Approach to Improve Learning Outcomes of Elementary School Students in Pinrang District. Pinisi Journal of Education, 1(2), 217–223.

Suroto, S. (2021). Penerapan Metode Stem Berbasis Proyek Untuk Meningkatan Hasil Dan Keaktifan Belajar Mata Pelajaran Sistem Kontrol Terprogram. Jurnal Edukasi Elektro, 5(2), 120–130. https://doi.org/10.21831/jee.v5i2.39412

Wahyudin, W. (2018). Optimalisasi Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 6(2), 249–265. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1932

Wahyuni, N. P. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Stem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Journal of Education Action Research, 5(1). https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31554

Wijayanti, N. W. (2021). Implementasi Permainan Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Cendekiawan, 3(1), 59–64. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v3i1.218

Wiryanto, W., Fauziddin, M., Suprayitno, S., & Budiyono, B. (2023). Systematic Literature Review: Implementasi STEAM Di Sekolah Dasar Kelas Rendah. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1545–1555. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4268

Zulaiha, F., & Kusuma, D. (2020). Pengembangan Modul Berbasis STEM untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 6(2), 246–255. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v6i2.2182