ANALISIS MISKONSEPSI MATERI FOTOSINTESIS MENGGUNAKAN INSTRUMENT THREE TIER PADA SISWA SDN 1 BULUSARI

Adi Wahyu Kunchara
Mahardika Sulung Wiyanda
M.Anas Thohir


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.7062

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis tingkat miskonsepsi siswa terhadap materi fotosintesis siswa sekolah dasar (SD). Seharusnya siswa tidak boleh memiliki konsep yang keliru karena dapat mempengaruhi pemahamannya pada materi berikutnya. Metode pengumpulan data menggunakan tes berupa three tier test dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Bulusari yang berjumlah 13 siswa dengan 7 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kategori miskonsepsi sebanyak 38,46%, kategori paham konsep sebanyak 31,54%, dan kategori tidak paham konsep sebanyak 30%. Miskonsepsi tertinggi pada materi proses fotosintesis dan fungsi bagian tumbuhan dalam fotosintesis pada soal nomor 3 dan 5 yang masing-masing sama memiliki persentase sebesar 46,15% atau berjumlah 6 siswa yang mengalami miskonsepsi pada butir soal ini dari 13 siswa yang diteliti. Sedangkan miskonsepsi terendah terdapat pada materi pengertian fotosintesis dan manfaat fotosintesis pada soal nomor 1 dan 2 sebesar 23,07%. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak siswa SD yang mengalami miskonsepsi pada materi fotosintesis.

Keywords


miskonsepsi; fotosintesis; siswa sekolah dasar

Article Metrics :

References


Arruum, N. L., & Desstya, A. (2024). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Gaya dan Gerak Menggunakan Certainty of Respons Index (CRI) di Sekolah Dasar. Jayapangus Press Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 07(02), 34–48.

Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562

Dwilestari, D., & Desstya, A. (2022). Analisis Miskonsepsi pada Materi Fotosintesis dengan Menggunakan Peta Konsep pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3343–3350. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2611

Ismi, W., Suharsono, & Ardiansyah, R. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Fotosintesis Menggunakan Instrumen Four Tier Diagnostic Test. Jurnal Pembelajaran Biologi : Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 7(2), 66–71.

Mulyaningsih, S., Malihah, M., Putri, T., Saputra, I. D., & Amalia, L. (2024). Identifikasi Miskonsepsi yang Dialami Siswa pada Materi Sistem Reproduksi dengan Menggunakan CRI ( Certainty of Response Index ). Jurnal Life Science, 6(2), 69–78.

Nurfiyani, Y., Putra, M. J. A., & Hermita, N. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa SD Kelas V Pada Konsep Sifat-sifat Cahaya. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 77. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9303

Alawiyah, N. S., Ngadimin, & Hamid, A. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Siswa dengan Menggunakan Metode Indeks Respon Kepastian (IRK) pada Materi Impuls dan Momentum Linear di SMA Negeri 2 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM), 2(2), 272–276.

Hasan, S., Bagayoko, D., & Kelley, E. L. (1999). Misconceptions And The Certainty Of Response Index (CRI). Physics Education, 34(5), 294–299. https://doi.org/10.1088/0031-9120/34/5/304

Jauhariyah, M. N. R., Zulfa, I., Harizah, Z., & Setyarsih, W. (2018). Validity Of Student’s Misconceptions Diagnosis On Chapter Kinetic Theory Of Gases Using Three-Tier Diagnostic Test. Journal Of Physics:Conference Series, 10006(1), 12005.

Kirbulut, Z. D., & Geban, O. (2014). Using three-tier diagnostic test to assess students’ misconceptions of states of matter. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education., 10(5), 509–521.