PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KODULAR MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MELATIH LITERASI DIGITAL SISWA SMP KELAS VII

Affiatu Nur Azila
Raden Ahmad Zaky El Islami
Trian Pamungkas Alamsyah


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.7037

Abstract


Permasalahan literasi digital pada siswa SMP kelas VII dalam pembelajaran IPA menjadi tantangan di era digital, terutama karena terbatasnya integrasi teknologi dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan wawancara, kecakapan literasi digital siswa dalam pembelajaran IPA belum optimal, sehingga penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat validasi dari para ahli dan respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis Kodular materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia untuk melatih literasi digital. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) dari Thiagarajan, dan dilaksanakan di dua SMP Negeri di Kota Cilegon dengan sampel 18 siswa kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Kodular ini memiliki tingkat validitas yang tinggi. Validasi oleh ahli Pendidikan IPA memperoleh persentase 92,02%. Respon siswa terhadap pengembangan media ini juga sangat baik, dengan persentase 92,33%. Berdasarkan hasil ini, media pembelajaran yang dikembangkan dinilai layak untuk diuji lebih lanjut dan berpotensi untuk diimplementasikan dalam skala lebih luas. Disarankan agar guru atau peneliti lainnya dapat mengembangkan media pembelajaran dengan cakupan yang lebih luas dan menggunakan tema atau materi pembelajaran IPA lainnya di masa depan.

Keywords


Media Pembelajaran; Kodular; Literasi Digital

Article Metrics :

References


Afifulloh, M., & Sulistiono, M. (2023). Penguatan Literasi Digital Melalui Pembuatan Media Pembelajaran Audio Visual. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 211–216. Https://Doi.Org/10.30656/Jpmwp.V7i2.5346

Alexander, B., B. S. Adams, & M. Cummins. (2016). Digital Literacy An Nmc Horizon Project Strategic Brief. The New Media Consortium. .

Astiti, K. A., Supu, A., Sukarjita, W., Id, W. C., & Lantik, V. (2021). Pengembangan Modul IPA Terpadu Tipe Connected Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Lapisan Bumi Kelas VII. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains, 4(2)

BSKAP. (2024). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Dila, O. R., & Zanthy, L. S. (2020). Identifikasi Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(1), 17. Https://Doi.Org/10.25157/Teorema.V5i1.3036

Fadillah, A., Nopitasari, D., Bilda, W., Yanti, R., Sulistyo, D. R., & Aini, I. D. N. (2023). Pelatihan Literasi Digital Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Hongkong. Jurnal Anugerah, 5(1), 33–40. Https://Doi.Org/10.31629/Anugerah.V5i1.4867

Ginanjar, A. A. (2020). Analisis Tingkat Keterbacaan Teks dalam Buku Ajar Bahasa Indonesia. Literasi : Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 4(2), 158. Https://Doi.Org/10.25157/Literasi.V4i2.4216

Hanana, A., Pupita, Y., Marta, R., & Elian, N. (2017). Pendidikan Media Literacy Pada Siswa/Siswi SMPN 10 Padang. Logista - Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 58. Https://Doi.Org/10.25077/Logista.1.2.58-66.2017

Heryani, A., Pebriyanti, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Literasi Digital pada Pembelajaran IPS di SD Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan, 31(1), 17. Https://Doi.Org/10.32585/Jp.V31i1.1977

Mahrawi, M., Wahyuni, I., As-Syifa, A. M., & Pramono, H. (2023). Pengembangan E-Book Berbasis Android pada Materi Protista. Jurnal Edukasi, 1(1), 146–156. Https://Doi.Org/10.60132/Edu.V1i1.100

Muhammad, H., R. Eka Murtinugraha, & Sittati Musalamah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal Pensil, 9(1), 54–60. Https://Doi.Org/10.21009/Jpensil.V9i1.13453

Muqdamien, B., Puji Raraswaty, D., & Sultan Maulana Hasanuddin Banten, U. (2021). Tahap Definisi dalam Four-D Model Pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun 1*. Jurnal Intersections, 6(1), 27.

Murtado, D., Hita, I. P. A. D., Chusumastuti, D., Nuridah, S., Ma’mun, A. H., & Yahya, M. D. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas. Journal On Education, 6(1), 35–47. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V6i1.2911

Nabilla, D. S., Ariyanti, N., & Shafiroh, I. (2024). Kajian Literatur Review Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tahun 2014 Dengan 2017 di Sekolah Dasar STKIP PGRI Sumenep. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(3), 804–816. Https://Doi.Org/10.61722/Jmia.V1i3.1743

Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi Untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480. Https://Doi.Org/10.24127/Ajpm.V9i3.2925

Puspasari, D., & Hadithya, R. (2023). Pemanfaatan Sosial Media Marketing Melalui Konten pada Instragram dalam Upaya Meningkatkan Brand Image Sebuah Produk. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Keuangan, 4(2), 239–252. Https://Doi.Org/10.51805/Jmbk.V4i2.122

Rifa Hanifa Mardhiyah, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, & Muhamad Rizal Zulfikar. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 Sebagai Tuntutan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. Https://Doi.Org/10.31849/Lectura.V12i1.5813

Rizky Nur Azizah, E., & Ariffudin Islam, M. (2024). Desain Kemasan Sebagai Media Promosi Produk Nirwana Batik di Desa Wisata Bejijong Kabupaten Mojokerto. Jurnal Barik, 6(2), 52–65. Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jdkv/

Rochmatika, I., & Yana, E. (2022). Pengaruh Literasi Digital dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMAN 1 Tukdana. Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 13(1), 64–71. Https://Doi.Org/10.25299/Perspektif.2022.Vol13(1).9491

Rohma, A., & Sholihah, U. (2021). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Materi Bangun Ruang Limas. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(3), 292–306. Https://Doi.Org/10.23960/Mtk/V9i3.Pp292-306

Safitri, I., Marsidin, S., & Subandi, A. (2020). Analisis Kebijakan Terkait Kebijakan Literasi Digital di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 176–180. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V2i2.123

Said, S. (2023). Peran Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Abad 21. Jurnal Penkomi : Kajian Pendidikan & Ekonomi, 6(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33627/Pk.62.1300

Saryono. (2010). Meodologi Penelitian Kesehatan (3rd Ed.). Mitra Cendekia Press.

Silaban, V. W. S., Simanjuntak, H., & Sitohang, T. (2022). Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar Dalam Penulisan Teks Prosedur di SMP Negeri 1 Tigalingga. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4384–4391. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V5i10.1025

Sulistyaningrum, D. A. (2017). Pengembangan Quantum Teaching Berbasis Video Pembelajaran Camtasia pada Materi Permukaan Bumi dan Cuaca. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 4(2), 161.

Suranti, N. M. Y., Gunawan, G., Harjono, A., & Ramdani, A. (2020). The Validation Of Learning Management System In Mechanics Instruction For Prospective Physics Teachers. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6(1), 99–106. Https://Doi.Org/10.29303/Jpft.V6i1.1745

Suripah, S., & Susanti, W. D. (2022). Alternative Learning During a Pandemic: Use Of The Website as a Mathematics Learning Media For Student Motivation. Infinity Journal, 11(1), 17. Https://Doi.Org/10.22460/Infinity.V11i1.P17-32

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children: A Sourcebook. Bloomington, In: Center For Innovation In Teaching The Handicapped, Indiana University.

Vari, Y. (2022). Pemanfaatan Augmented Reality untuk Melatih Keterampilan Berpikir Abad 21 di Pembelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Ipa, 11(2), 70–75. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.20961/Inkuiri.V11i2.55984

Wardani, S. A., & Janattaka, N. (2022). Analisis Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa pada Tema 8 Kelas III Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(4), 365–374. Https://Doi.Org/10.37478/Jpm.V3i4.2035