PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI DENGAN MENERAPKAN INDIKATOR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI MEKANIKA NEWTON SMP KELAS VII

Kelvin Alexsander
Adi Nestiadi
Vica Dian Aprelia Resti


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.7030

Abstract


Kompetensi berpikir kritis penting dalam pembelajaran IPA, namun belum optimal di beberapa sekolah. Menyajikan media pembelajaran dengan menerapkan indikator kemampuan berpikir kritis dalam bentuk media pembelajaran animasi jadi salah satu alternatifnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan data hasil pengembangan dan menganalisis tingkat uji keterbacaan produk media pembelajaran animasi pada materi Mekanika Newton dengan menerapkan indikator kemampuan berpikir kritis siswa SMP Kelas VII. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4-D dari Thiagarajan (1974) yang tahapannya (Define, Design, Develop, Disseminate), tetapi pada penelitian ini dibatasi pada tahap Develop untuk uji keterbacaan. Instrumen dikumpulkan melalui validasi ahli materi, ahli media, dan guru IPA, serta uji keterbacaan melalui angket respons siswa. Validasi materi menunjukkan kategori “Valid” dengan nilai 79,4%, sedangkan validasi media dan guru IPA masing-masing masuk kategori “Sangat Valid” dengan nilai 86,4% dan 87,3%. Keterbacaan media berdasarkan respons siswa mencapai 87,9% dalam kategori “Sangat Baik”. Hasil ini menunjukkan bahwa media animasi pembelajaran yang dikembangkan layak menjadi alternatif untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Keywords


media pembelajaran animasi; kemampuan berpikir kritis; mekanika Newton

Article Metrics :

References


Arsyad, Azhar. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Eka, H. F., Oktaviana, D., & Haryadi, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Menggunakan Software Powtoon terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(1), 1–13. https://doi.org/ 10.53299/jagomipa.v2i1.136

Febriya, D. (2023). Connected Type Integrated Science Learning Model of Student Learning Outcomes: Meta-Analysis. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(12), 1361-1369.

Ferguson, S., Chavis, T., Brown, J., James, T., & Youssef, D. (2018). Exploring Newton’s Laws of Motion With a Balloon Car. Science Scope, 42(4), 36-44.

Fridayanti, Y., Irhasyuarna, Y., & Putri, R. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Pada Materi Hidrosfer Untuk Mengukur Hasil Belajar Peserta Didik Smp/Mts. Jupeis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 49-63.

Gusemanto, T. G., Prakasiwi, L. R., & Hidayatullah, Z. (2021, March). The Level of Critical Thinking Ability of Students in the Learning by Using Adobe Animate Based Learning Media. In 6th International Seminar on Science Education (ISSE 2020) (pp. 401-407). Atlantis Press.

Hadiryanto, S. Thaib, D. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Konsep Respirasi. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 8, no. 1,pp. 55-65.

Hasan, Muhammad, dkk. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Grup: Jawa Tengah

Izzaturahma, E., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis ADDIE pada Pembelajaran Tema 5 Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 216–224.

Kemdikbud. (2021). Capaian Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemdikbud.

Laeni, S., Zulkarnaen, Z., & Efwinda, S. (2022). Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 13 Samarinda Materi Impuls dan Momentum. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 3(2), 105-115.

Laksmi, N. L. P. A., & Suniasih, N. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Berbasis Problem Based Learning Materi Siklus Air pada Muatan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 56 64.

Martir, L., Yohanes Vianey Sayangan, & Veronika Yuliana Beku. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPAS. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(3), 757-766. https://doi.org/10.37630/ jpm. v14i3.1829

Ningrum, A. R., & Suryani, Y. (2022). Peran Guru Penggerak dalam Kurikulum Merdeka Belajar. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 219-232.

Nisfatulsanah, A., Yuniastuti, E., & Santosa, S. (2022). The differences of students’ critical thinking and science process skills using discovery learning model integrated with video animation media. International Journal of Scientific Research Updates, 4(1), 236-243.

Paramita, R., Panjaitan, R. G. P., & Ariyati, E. (2018). Pengembangan booklet hasil inventarisasi tumbuhan obat sebagai media pembelajaran pada materi manfaat keanekaragaman hayati. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA), 2(2), 83-88.

Prasetio, Y. (2024). Rancang Bangun Media Pembelajaran Pengenalan Hukum Newton Dengan Video Animasi Menggunakan Metode Hannafin Dan Peck. Jurnal Info Digit (JID), 2(2), 834-848.

Priyanto, ABA, & Wahyuni, A. (2024). PENERAPAN MEDIA ANIMASI KATA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA SD: Penerapan Media Animasi Kata Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi dan Sains , 1 (1), 6-``19. https://doi.org/ 10.61796/ipteks.v1i1.87

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Saputri, A., Nulhakim, L., & Resti, V. (2022). PENGEMBANGANxVIDEOxPEMBELAJARAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA TEMA AIRKU TERCEMAR. EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 7(2), 320-326.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogiga.

Sukma, K. P. A., Arum, A. P., & Jubaedah, L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Disertai QR-Code dalam Praktik Tata Rias Wajah Cikatri. Jurnal Adijaya Multidisplin, 1(04), 611-621.

Thiagarajan. et al. (1974). Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children. Bloomingtoon: Center For Innovation On Teaching The Handicapped.

Wulandari, A. P., Annisa, A., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2023). Penggunaan media pembelajaran terhadap keterampilan berpikir kritis IPS siswa sekolah dasar. Journal on Education, 5(2), 2848-2856.