PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI DENGAN MENERAPKAN INDIKATOR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI MEKANIKA NEWTON SMP KELAS VII
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Arsyad, Azhar. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Eka, H. F., Oktaviana, D., & Haryadi, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Menggunakan Software Powtoon terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(1), 1–13. https://doi.org/ 10.53299/jagomipa.v2i1.136
Febriya, D. (2023). Connected Type Integrated Science Learning Model of Student Learning Outcomes: Meta-Analysis. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(12), 1361-1369.
Ferguson, S., Chavis, T., Brown, J., James, T., & Youssef, D. (2018). Exploring Newton’s Laws of Motion With a Balloon Car. Science Scope, 42(4), 36-44.
Fridayanti, Y., Irhasyuarna, Y., & Putri, R. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Pada Materi Hidrosfer Untuk Mengukur Hasil Belajar Peserta Didik Smp/Mts. Jupeis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 49-63.
Gusemanto, T. G., Prakasiwi, L. R., & Hidayatullah, Z. (2021, March). The Level of Critical Thinking Ability of Students in the Learning by Using Adobe Animate Based Learning Media. In 6th International Seminar on Science Education (ISSE 2020) (pp. 401-407). Atlantis Press.
Hadiryanto, S. Thaib, D. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Konsep Respirasi. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 8, no. 1,pp. 55-65.
Hasan, Muhammad, dkk. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Grup: Jawa Tengah
Izzaturahma, E., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis ADDIE pada Pembelajaran Tema 5 Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 216–224.
Kemdikbud. (2021). Capaian Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemdikbud.
Laeni, S., Zulkarnaen, Z., & Efwinda, S. (2022). Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 13 Samarinda Materi Impuls dan Momentum. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 3(2), 105-115.
Laksmi, N. L. P. A., & Suniasih, N. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Berbasis Problem Based Learning Materi Siklus Air pada Muatan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 56 64.
Martir, L., Yohanes Vianey Sayangan, & Veronika Yuliana Beku. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPAS. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(3), 757-766. https://doi.org/10.37630/ jpm. v14i3.1829
Ningrum, A. R., & Suryani, Y. (2022). Peran Guru Penggerak dalam Kurikulum Merdeka Belajar. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 219-232.
Nisfatulsanah, A., Yuniastuti, E., & Santosa, S. (2022). The differences of students’ critical thinking and science process skills using discovery learning model integrated with video animation media. International Journal of Scientific Research Updates, 4(1), 236-243.
Paramita, R., Panjaitan, R. G. P., & Ariyati, E. (2018). Pengembangan booklet hasil inventarisasi tumbuhan obat sebagai media pembelajaran pada materi manfaat keanekaragaman hayati. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA), 2(2), 83-88.
Prasetio, Y. (2024). Rancang Bangun Media Pembelajaran Pengenalan Hukum Newton Dengan Video Animasi Menggunakan Metode Hannafin Dan Peck. Jurnal Info Digit (JID), 2(2), 834-848.
Priyanto, ABA, & Wahyuni, A. (2024). PENERAPAN MEDIA ANIMASI KATA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA SD: Penerapan Media Animasi Kata Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi dan Sains , 1 (1), 6-``19. https://doi.org/ 10.61796/ipteks.v1i1.87
Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Saputri, A., Nulhakim, L., & Resti, V. (2022). PENGEMBANGANxVIDEOxPEMBELAJARAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA TEMA AIRKU TERCEMAR. EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 7(2), 320-326.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogiga.
Sukma, K. P. A., Arum, A. P., & Jubaedah, L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Disertai QR-Code dalam Praktik Tata Rias Wajah Cikatri. Jurnal Adijaya Multidisplin, 1(04), 611-621.
Thiagarajan. et al. (1974). Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children. Bloomingtoon: Center For Innovation On Teaching The Handicapped.
Wulandari, A. P., Annisa, A., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2023). Penggunaan media pembelajaran terhadap keterampilan berpikir kritis IPS siswa sekolah dasar. Journal on Education, 5(2), 2848-2856.