PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VIII

Umi Mahfudoh
Lulu Tunjung Biru
Trian Pamungkas Alamsyah


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.7021

Abstract


Terdapat kesenjangan di beberapa SMP yaitu kemampuan berpikir kritis siswa belum dikembangkan secara memadai melalui proses pembelajaran IPA. Hal tersebut dibuktikan dengan pembelajaran yang masih teacher center, penggunaan bahan ajar belum variatif serta model pembelajaran yang belum maksimal. LKPD berbasis PBL dapat digunakan untuk menyelesaikan solusi untuk melatih kemampuan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan tingkat kelayakan dan seberapa baik siswa menyikapi LKPD berbasis PBL pada materi usaha dan energi. Penggunaan metode R&D menurut Thiagarajan dibatasi oleh peneliti sampai tahap pengembangan (develop) meliputi tahapan validasi produk oleh para Ahli dan uji coba terbatas. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket validasi ahli dan angket respon siswa. Hasil kelayakan produk LKPD berbasis PBL pada materi Usaha & Energi yang sudah dikembangkan mendapatkan perolehan nilai rata-rata dari ahli materi, ahli media dan ahli praktisi sebesar 87,69% dan ada pada kriteria "sangat layak”. Hasil angket respon siswa terhadap LKPD berbasis PBL pada materi Usaha & Energi memperoleh nilai persentase sebesar 85,4% dan ada pada kelompok kategori “sangat baik”. Hal ini bisa diartikan bahwa penerapan LKPD berbasis PBL pada materi Usaha & Energi sangat baik dimanfaatkan di dalam pembelajaran untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa SMP.

Keywords


LKPD; PBL; Berpikir Kritis

Article Metrics :

References


Elfina, S., & Sylvia, I. (2020). ‘Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa’. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 2, no. 1, pp. 27-34.

Ernawati, I. & Sukardiyono, T. (2017). ‘uji kelayakan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran administrasi server’. Elinvo (Electronics, informatics and Vocational Education), vol. 2, no. 2.

Fakhriyah, F. (2014). ‘Penerapan Problem Based Learning Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis’. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, vol. 3, no. 1, pp. 95-101.

Haerunnisa, H., Yani, A., & Andani, C. (2018). ‘Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Worksheet Mata Kuliah Biologi Laut Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Mahasiswa’. Jurnal Biotek, 6(2), 96.

Handayani, A., Andayani, Y., & Anwar, Y. (2022). ‘Pengembangan LKPD IPA SMP Berbasis Etnosains Terintegrasi Culturally Responsive Transformative Teaching (CRTT). Journal of Classroom Action Research, vol. 4, no. 4, pp. 131-135.

Jawadiyah, A. A & Muchlis. (2021). ‘Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Larutan Penyangga’. UNESA: Journal of Chemical Education, vol. 10, no. 2, pp. 195-204.

Kartikasari, I. et al. (2021). ‘Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa’. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, vol. 6, no.1, pp. 44-56.

Khasinah, S. (2021). ‘Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan dan Kelemahan’. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, vol. 11, no.3, pp. 402-413.

Khovivah, A. et al. (2022). ‘Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa’. LENSA: Jurnal Pendidikan IPA, vol. 12, no. 2, pp. 152-161.

Lase, N, K., Sipahutar, H., & Harahap, F. (2016). ‘Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Potensi Lokal Pada Mata Pelajaran Biologi SMA Kelas XII’. Jurnal Pendidikan Biologi, vol. 5, no. 3, pp. 99-107.

Mardianto, Y., Azis, L. A., & Amelia, R. (2022). ‘Menganalisis Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Materi Perbandingan dan Skala Menggunakan Pendekatan Kontekstual’. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, vol, 5, no. 5, pp. 1313-1321.

Muslimah. (2020). ‘Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran’. SHEs: Conference Series, vol.3, no. 3, pp. 1471-1479.

Nuriyah, T, S., & Hayati, N. (2023). ‘Pengembangan LKPD Model PBL (Problem Based Learning) Dalam Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik’. Jurnal Pendidikan Biologi, vol. 6, no. 2, pp. 172-184.

Nuryanti, L. et al. (2018). ‘Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP’. Jurnal Pendidikan, vol. 3, no. 2, pp. 155-158.

Permana, A. H. et al. (2019). ‘Buku IPA Dilengkapi Dengan Teknologi Augmented Reality: Melatih Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Kelas VIII Semester Genap’. Prosiding Seminar Nasional Fisika (e-Journal), Universitas Negeri Jakarta.

Pusparini, S. T. et al. (2018). ‘Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Koloid. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, vol. 8, no. 1, pp. 35-42.

Ravilla, T. D., Anwar, R. B., & Sudirman, S. W. (2022). ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Berbantuan Aplikasi Instagram Pada Materi Peluang’. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 3, no. 1, pp. 66-79.

Sundari, S.N., Indah Suryani, D., & Kurniasih, S. (n.d.). ‘Uji Efisiensi E-MagScience Berbasis Flip PDF Professional Tema Makanan dan Kesehatanku Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP’. PENDIPA Journal of Science Education, 2022(6), 664–673. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa

Thiagarajan, S. et. al,, Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children. (Bloomington Indiana: Indiana University, 1974), 5.