PENGEMBANGAN E-INSTRUMEN HOTS PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VII
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R., (Eds.). (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives (Complete ed.). New York: Longman.
Andriyani, R., & Saputra, N. N. (2020). Optimalisasi Kemampuan Higher Order Thinking Skills Mahasiswa Semester Awal melalui Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Berpikir Kritis.Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8 (1), 77–86.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Berge, Z. (2013). E-Moderating: the key to teaching and learning online. Journal of Distance Education, 34.
Ennis, R. H. (1985), A logical Basic for measuring Critical Thinking Skills, Educational Leadership, 43 (2), 44-48.
Hadiyanto, H., Failasofah, F., Armiwati, A., Abrar, M., & Thabran, Y. (2021). Students’ practices of 21st century skills between conventional learning and blended learning. Journal of University Teaching and Learning Practice, 18 (3).
Hasanah, A. M. M., Wibowo, S., & Wulan, B. R. S. (2021). Pengaruh Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 8 Sub Tema 3 Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 7 (2), 18–24.
Khaeroni, K., & Nopriyani, E. (2018). ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS V SD/MI PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOORDINAT. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5 (1), 76-93.
Kuncahyono, K., Kumalasani, M., & Aini, D. (2019). Pengembangan Instrumen E-Test Sebagai Inovasi Penilaian Berbasis Online Di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5 (2), 155.
Maulida, I., Supriyati, T., & Dewi, N. R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Ekologi Dan Keanekaragaman Hayati Indonesia Dengan Model Student Teams Achievement Development (Stad) Kelas 7 E SMP N 02 Tengaran. Seminar Nasional IPA XIII, 631–641.
Mardapi, D. (2012). Pengukuran, penilaian dan evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medik.
Narassati, N. A., Saleh, R., & Arthur, R. (2021). Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis HOTS Menggunakan Aplikasi Quizizz Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 3 (2), 169–180.
Nasrullah, A., Ende, E., & Suryadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Edmodo Pada Pembelajaran Matematika Ekonomi Terhadap Komunikasi Matematika. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2 (1), 1-10.
Prasetyo, N. H., & Firmansyah, D. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII dalam Soal High Order Thinking Skill. Jurnal Education FKIP UNMA, 8 (1), 271–279.
Purba, L. S. L .(2019). Peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran Quizizz pada mata kuliah Kimia Fisika 1. JDP 12 (1), 29-39 https://doi.org/10.51212/ jdp.v12i1.1028
Purwaningsih, N. M. D., & Widana, I. W. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Dengan Mengontrol Bakat Numerik Siswa. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 6 (2), 153–159.
Riduwan. (2012). Skala Pengukuran variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Safitri, E. M., Sri, W., & Nur, A. (2023). Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Aplikasi Quizizz Pada Mata Pelajaran IPA SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 14 (1), 96-106.
Salsabila, U. H., Habiba, I. S. ., Amanah, I. L. ., Istiqomah, N. A. ., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4 (2), 163-173
Saryono. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan Edisi 3. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press
Sulistyorini, Y., & Napfiah, S. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam memecahkan masalah kalkulus. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8 (2), 279–287.
Susanto, S. (2023). PENGEMBANGAN ALAT DAN TEKNIK EVALUASI TES DALAM PENDIDIKAN. Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir. 1 (1), 51-60.
Susilawati, S., Jamaluddin, J., & Bachtiar, I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbm) Berbantuan Multimedia Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Mataram. JURNAL PIJAR MIPA, 12 (2), 64-70.
Thiagarajan. S, Semmel. D, & Semmel. M. I. (1974). Instructional Development For Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Washington: Leadership Training Institute, University of Minnesot.
Yuliantaningrum, L., & Sunarti, T. (2020). Pengembangan Instrumen Soal HOTS untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, dan Pemecahan Masalah Materi Gerak Lurus pada Peserta Didik SMA. Inovasi Pendidikan FIsika, 9 (2), 76–82. https://doi.org/10.26740/ipf. v9n2.p%25p