PENGEMBANGAN E-INSTRUMEN HOTS PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VII

Nurma Yuni Pratiwi
Mudmainah Vitasari
Trian Pamungkas Alamsyah


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.6992

Abstract


Tuntutan dalam pendidikan abad 21 harus memiliki keterampilan kemampuan berpikir kritis. Berpikir kritis adalah kemampuan untuk terlibat dalam suatu aktivitas, proses, atau prosedur tertentu. Pengembangan e-instrumen HOTS untuk melatih kemampuan berpikir kritis menjadi resolusi dari permasalahan pembelajaran yang dihadapi siswa. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan produk berbentuk e-instrumen dengan mengangkat materi keanekaragaman hayati untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa yang valid sehingga bisa diaplikasikan dalam pembelajaran kelas VII pada tingkat SMP. Penelitian dan pengembangan merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari 4-D (Four-D). Model ini terdiri dari 4 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran), tetapi penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan bagian hasil respon siswa terhadap pengembangan e-instrumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat validitas yang diperoleh dari para ahli evaluasi, materi, dan guru IPA terhadap e-instrumen HOTS untuk melatih kemampuan berpikir kritis memperoleh nilai persentase keseluruhan sebesar 88,07% dengan kategori “Sangat Valid”. Sedangkan Untuk hasil respon siswa menunjukkan nilai persentase sebesar 84,03% dan masuk dalam kategori “Sangat Baik”. Hal ini membuktikan bahwa produk yang dikembangkan dapat dilanjutkan pada tahap lanjut atau uji coba skala luas.

Keywords


e-instrumen; HOTS; kemampuan berpikir kritis; validitas; respon siswa

Article Metrics :

References


Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R., (Eds.). (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives (Complete ed.). New York: Longman.

Andriyani, R., & Saputra, N. N. (2020). Optimalisasi Kemampuan Higher Order Thinking Skills Mahasiswa Semester Awal melalui Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Berpikir Kritis.Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8 (1), 77–86.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Berge, Z. (2013). E-Moderating: the key to teaching and learning online. Journal of Distance Education, 34.

Ennis, R. H. (1985), A logical Basic for measuring Critical Thinking Skills, Educational Leadership, 43 (2), 44-48.

Hadiyanto, H., Failasofah, F., Armiwati, A., Abrar, M., & Thabran, Y. (2021). Students’ practices of 21st century skills between conventional learning and blended learning. Journal of University Teaching and Learning Practice, 18 (3).

Hasanah, A. M. M., Wibowo, S., & Wulan, B. R. S. (2021). Pengaruh Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 8 Sub Tema 3 Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 7 (2), 18–24.

Khaeroni, K., & Nopriyani, E. (2018). ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS V SD/MI PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOORDINAT. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5 (1), 76-93.

Kuncahyono, K., Kumalasani, M., & Aini, D. (2019). Pengembangan Instrumen E-Test Sebagai Inovasi Penilaian Berbasis Online Di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5 (2), 155.

Maulida, I., Supriyati, T., & Dewi, N. R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Ekologi Dan Keanekaragaman Hayati Indonesia Dengan Model Student Teams Achievement Development (Stad) Kelas 7 E SMP N 02 Tengaran. Seminar Nasional IPA XIII, 631–641.

Mardapi, D. (2012). Pengukuran, penilaian dan evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medik.

Narassati, N. A., Saleh, R., & Arthur, R. (2021). Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis HOTS Menggunakan Aplikasi Quizizz Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 3 (2), 169–180.

Nasrullah, A., Ende, E., & Suryadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Edmodo Pada Pembelajaran Matematika Ekonomi Terhadap Komunikasi Matematika. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2 (1), 1-10.

Prasetyo, N. H., & Firmansyah, D. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII dalam Soal High Order Thinking Skill. Jurnal Education FKIP UNMA, 8 (1), 271–279.

Purba, L. S. L .(2019). Peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran Quizizz pada mata kuliah Kimia Fisika 1. JDP 12 (1), 29-39 https://doi.org/10.51212/ jdp.v12i1.1028

Purwaningsih, N. M. D., & Widana, I. W. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Dengan Mengontrol Bakat Numerik Siswa. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 6 (2), 153–159.

Riduwan. (2012). Skala Pengukuran variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Safitri, E. M., Sri, W., & Nur, A. (2023). Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Aplikasi Quizizz Pada Mata Pelajaran IPA SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 14 (1), 96-106.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S. ., Amanah, I. L. ., Istiqomah, N. A. ., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4 (2), 163-173

Saryono. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan Edisi 3. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press

Sulistyorini, Y., & Napfiah, S. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam memecahkan masalah kalkulus. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8 (2), 279–287.

Susanto, S. (2023). PENGEMBANGAN ALAT DAN TEKNIK EVALUASI TES DALAM PENDIDIKAN. Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir. 1 (1), 51-60.

Susilawati, S., Jamaluddin, J., & Bachtiar, I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbm) Berbantuan Multimedia Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Mataram. JURNAL PIJAR MIPA, 12 (2), 64-70.

Thiagarajan. S, Semmel. D, & Semmel. M. I. (1974). Instructional Development For Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Washington: Leadership Training Institute, University of Minnesot.

Yuliantaningrum, L., & Sunarti, T. (2020). Pengembangan Instrumen Soal HOTS untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, dan Pemecahan Masalah Materi Gerak Lurus pada Peserta Didik SMA. Inovasi Pendidikan FIsika, 9 (2), 76–82. https://doi.org/10.26740/ipf. v9n2.p%25p