PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GAME EDUCATION WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA SMP NEGERI 2 REJOSO

Andini Tri Yuni
Purwo Adi Nugroho - [ https://orcid.org/0000-0002-4511-1148 ]


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.6991

Abstract


Pemerintah Indonesia mulai menerapkan kurikulum merdeka yang diharapkan siswa dapat aktif terlibat langsung pada setiap proses pembelajaran dan guru mampu mentransfer pengetahuan dengan berbagai strategi maupun variasi media pembelajaran agar tercapainya tujuan pembelajaran. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai adalah motivasi belajar. Dalam pembelajaran IPA sering ditemukan siswa dengan motivasi belajarnya kurang yang disebabkan karena pembelajarannya yang membosankan dan monoton. Selain itu, sering dijumpai siswa yang bermain gadget dan tidur ketika pembelajaran dikarenakan kurang adanya variatif metode dan media dalam pembelajaran sehingga motivasi belajar siswa menjadi rendah. Tujuan dalam penelitian yaitu untuk meningkatkan motivasi belajar IPA melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Game Education Wordwall. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus yang tiap siklusnya terdiri dari empat tahapan diantaranya yaitu perencanaan, pelaksaanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan di kelas VIII D SMPN 2 Rejoso yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menjukkan adanya peningkatan persentase motivasi belajar siswa pada kategori sangat baik di siklus I sebesar 63,33%, kemudian di siklus II meningkat menjadi 93,33%. Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan ketercapaian hasil penelitian, maka penelitian dihentikan sehingga penerapan model Problem Based Learning berbantuan Game Education Wordwall dapat meningkatkan motivasi belajar IPA.

Keywords


Problem Based Learning; Game Education Wordwall; Motivasi Belajar; Pembelajaran IPA

Article Metrics :

References


Adan, S. I. A. (2023). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PIJAR : Jurnal Pendiidkan Dan Pengajaran, 1(2), 76–86. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843

Alisa, W. N., Juniar, & Ahmad, A. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Game Education Wordwall Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar IPA Kelas VIII. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 350¬–354.

Almulla, M. A. (2020). The Effectiveness of the Project-Based Learning (PBL) Approach as a Way to Engage Students in Learning. SAGE Open, 10(3), 1–15. https://doi.org/10.1177/2158244020938702

Amelia, N. C., Zulhelmi, Z., Syaflita, D., & Siswanti, Y. (2021). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran POE Berbantuan Game Edukasi Berbasis Aplikasi Educandy di SMPN 25 Pekanbaru. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(2), 56–61. https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i2.4145

Anantiya, F., ASYIAH, N., & Nurhabibah, P. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa kelas IV SDN I Buyut. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(3), 454–474.

Arrosyad, M. I., Antika, D., Dzulqa, E. T., Balqis, M., Muhammadiyah, U., & Belitung, B. (2023). Analisis Penggunaan Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Terpadu untuk Meningkatkan Daya Tarik Belajar Siswa di Sekolah Dasar. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1(2), 414–423.

Astuti, R. H., Haryanto, I. B., & Sumarni, W. (2024). Upaya Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Melalui Model Problem Based Learning Berbasis Praktikum Sederhana. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Penelitian Tindakan Kelas, 1357–1366.

Ayuning, N., Sukamto, K., Prihanti, Y., & Wuryandini, E. (2024). Implementation of PBL with Wordwall to Improve IPAS Learning Outcomes of Grade IV Students. Journal of Curriculum Indonesia, 7(2), 156–163.

Dwi Adiningsih, M., Muis, A., & Harisah Alim, M. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif IPA Peserta Didik pada Kurikulum Merdeka Belajar dengan Menggunakan Model. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 273–281.

Ekayanti, I. (2021). The Influence of Problem Based Learning (PBL) Learning Model on Science Learning Motivation in Elementary Schools. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 4(6), 1314–1321.

Fathonah, A., Purnomo, T., & Isnawati. (2024). Peningkatan motivasi dan minat belajar siswa pada mapel biologi kelas X MAN 2 Sleman dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Masyarakat Berdaya Dan Inovasi, 5(1), 48–51.

Fauziah, R., & Sofian Hadi, M. (2023). Analisis Efektivitas dan Manfaat Quizizz Paper Mode dalam Pembelajaran Interaktif di Kelas III SDN Singabraja 02. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2721¬¬–2730.

Frada, T. W., Gunawan, Untarti, R., Kusuma, J. W., Ristianto, M., & Vertikawati, R. (2024). Application Of Problem-Based Learning To Improve Student Motivation And Learning Outcomes Assisted By Wordwall. IJOMRAL: International Journal of Multidisciplinary Research and Literature, 3(2), 195–203. https://doi.org/10.53067/ijomral.v3i2

Hidayah, V., & Andriani, A. (2023). The Use of Wordwall Learning Media on Student Interest and Motivation in IPAS Learning at Elementary School. Proceedings of the 2nd International Conference on Social Sciences, ICONESS, 1–6. https://doi.org/10.4108/eai.22-7-2023.2335123

Jainiyah, Fahrudiin, F., Ismiasih, & Ulfah, M. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1304–1309.

Kharismanda, K., Kuntjoro, S., & Nur Sandi, R. (2024). Penggunaan Model PBL Terintegrasi TaRL Dan KSE Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Unsur, Senyawa Dan Campuran. PeTeka : Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 7(3), 334–341.

Kurniasari, I. F., Dwijayanti, I., Roshayanti, F., & Handayani, S. (2023). Implementasi Culturally Responsive Teaching pada Materi Bentuk Bangun Ruang Kelas 1 SDN Pandean Lamper 04 Semarang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 5364–5367. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2403

Launin, S., Nugroho, W., & Setiawan, A. (2022). Pengaruh Media Game Online Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 216–223. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.176

Lestari, R. D. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Wordwall Di Kelas IV SDN 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 2(2), 111–116.

https://doi.org/10.30738/jipg.vol2.no2.a11309

Pradani, T. G. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 452–457. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i5.162

R., M., Ismail, & Hermawati, A. (2024). Peningkatan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran IPA Peserta Didik dengan Pemberian Reward Simbol Bintang di SMP Negeri 21 Makassar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 933–939.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Sari, D. A., Misbah, H., & Ridwan, I. Q. (2020). Peran guru dalam membuat model pembelajaran daring yang inovatif dan kreatif. Seminar Nasional Pengambdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1), 1–12.

Sari, W. I. Y. (2021). Wordwall sebagai Media Belajar Interaktif Daring dalam Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Mahasiswa Geografi pada Mata Kuliah Geografi Desa Kota di Masa Pandemi. AKADEMIKA: Jurnal Ilmiah Media Publikasi Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 10(1), 1–15.

Utami, F., Sheftyawan, W. B., Pratama, A. Y., & Supriadi, B. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 12(2), 61. https://doi.org/10.19184/jpf.v12i2.38890

Wafiqni, N., & Putri, F. M. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1 di MIN 2 Kota Tangerang Selatan. Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 68–83. https://doi.org/10.15408/elementar.v1i1.20375

Wandira, I., Hardin, Ali, A., & Ngandoh, S. T. (2024). Penerapan Model Problem Based Laerning Berbantuan Game Edukasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran Penerapan, 6(2), 876–888.