PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KEARIFAN LOKAL PUGER MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Apriani, R., Andi, I. H., Erlina, Rachmat, S., dan Maria, U. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Multipel Representasi dengan Bantuan Augmented Reality untuk Membantu Siswa Memahami Konsep Ikatan Kimia. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA. 5(4): 305-330.
Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ariyati, E., Susilo, H., Suwono, H., & Rohman, F. (2021). Pemberdayaan keterampilan berpikir kritis melalui pembelajaran process oriented guided inquiry learning (POGIL). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 208-215.
Dewi, D. K., Pangesthi, L. T., Purwidiani, N., & Widagdo, A. K. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Pdf Professional Pada KD Menganalisis Sweet Bread Di SMKN 1 Lamongan. PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 3(2), 162-179.
Diana, N, dan Sukestiyarno. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran mandiri berbasis e-modul. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES. Jurnal Universitas Negeri Semarang. 2(1): 203-206.
Jamaluddin, A., Wahab. J., Muhlis, dan I. Bahtiar. (2020). Pengembangan Instrumen Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pijar MIPA. 15(1): 13-19.
Jamaluddin, A., Wahab. J., Muhlis, dan I. Bahtiar. (2020). Pengembangan Instrumen Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pijar MIPA. 15(1): 13-19
Kumalasari, N., Fathurohman, I., & Fakhriyah, F. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Kearifan Lokal Daerah Grobogan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 10(2), 554-563.
Marudut, M. R. H., Ishak, G. B., Kadir, dan Vina, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Basicedu. 4(3): 577-585
Meryastiti, V., Z. R. Ridlo, dan Supeno. (2022). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA SMP Negeri 1 Glenmore Kabupaten Banyuwangi. Saintifika. 24(1): 20-29.
Ninawati, M., Burhendi, F. C. A., & Wulandari, W. (2021). Pengembangan e-modul berbasis software ispring suite 9. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 47-54.
Nuryanti, L., S. Zubaidah, dan M. Diantoro. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pendidikan. 3(2): 155-158.
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 155-158.
Patonah, S. (2014). Elemen bernalar tujuan pada pembelajaran IPA melalui pendekatan metakognitif siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2).
Putri, P. A., Chandra, A. N.., Idrus, H., Deswita, P., dan Anaperta, M. (2023). Validasi Modul Tata Surya Model PBL terintegrasi Al-Qur’an Berbasis Augmented Reality (AR) untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs. Edusainstika: Jurnal Pembelajaran MIPA. 3(1): 74-81.
Rahim, R., R. F. Siregar, R. Ramadhani, dan Y. Anisa. (2022). Implementasi penggunaan bahan ajar berbasis komik untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa di SD Amalyatul Huda Medan. Jurnal Abdidas. 3(3): 519- 524.
Ramdhani, E. P., Fitriah, K., dan Nur, A. N. S. (2020). Efektifitas Modul Elektronik Terintegrasi Multiple Representation pada Materi Ikatan Kimia. Journal of Research and Technology. 6(1): 162-167.
Rihanah, A., dan Cintya, N. I. (2022). Kelayakan Isi dan Bahasa pada Buku Teks Bahasa Indonesia Di SMA Negeri 1 Sirampog. Jurnal Hasta Wiyata. 5(1):32-42.
Rizkika, M., Pramudya, D. A. P., dan Nur, A. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis STEM pada Materi Tekanan Zat untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Pancasakti Science Education Journal. 7(1): 41-48.
Sari, A. P. P., Amin, M., & Lukiati, B. (2017). Buku Ajar Bioteknologi Berbasis Bioinformatika Dengan Model ADDIE. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(6), 768-772.
Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163-177.
Sriwahyuni, I. E. Risdianto, dan H. Johan. (2019). Pengembangan bahan ajar elektronik menggunakan flip pdf profesional pada materi alat alat optik di SMA. Jurnal Kumparan Fisika. 2(3): 145-152.
Susilawati, E., Agustinasari, A., Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis tingkat keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 11-16.
Syahiddah, D. S., Pramudya, D. A. P., dan Bambang, S. 2021. Pengembangan EModul Fisika Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Pada Materi Bunyi di SMA/MA. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika. 2(1): 1-8.
Wicaksono, A. G. (2020). Penyelenggaraan pembelajaran IPA berbasis pendekatan STEM dalam menyongsong era revolusi industri 4.0. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(1), 54-62.
Wicaksono, I., Indrawati, I., & Supeno, S. (2020). PhET (PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. FKIP e-PROCEEDING, 5(1), 1-5.
Wulandari, S. I., Pamelasari, S. D., & Hardianti, R. D. (2023, July). Penggunaan E-Modul Berbasis Etnosains Materi Zat dan Perubahannya dalam Usaha Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. In Proceeding Seminar Nasional IPA.
Yustika, D., Pramudya, D. A. P., dan Sri, H. B. P. (2021). Identification of Critical Thinking Capabilities of High School Students Using The Integrated Physics Module of Engineering Design Process (EDP). ScienceEdu: Jurnal Pendidikan IPA. 4(3): 7-15.