PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KEARIFAN LOKAL PUGER MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

Nikmatul Izzah
Sri Wahyuni
Pramudya Dwi Aristya Putra


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.6971

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis kearifan lokal Puger pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Sultan Agung Puger, dengan jumlah 28 siswa. Data dikumpulkan melalui validasi ahli, observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan valid dengan persentase 93% dan praktis digunakan dalam pembelajaran dengan tingkat keterlaksanaan mencapai 90%. Penggunaan e-modul ini efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, ditunjukkan oleh peningkatan rata-rata nilai pretest dari 26,75 menjadi 81,78 pada posttest. Respon siswa terhadap e-modul memperoleh persentase 76%, tergolong baik. Indikator berpikir kritis, seperti interpretasi, analisis, dan inferensi, mengalami peningkatan signifikan Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis kearifan lokal Puger efektif, valid, dan praktis dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, serta relevan dalam pembelajaran IPA berbasis ekologi dan keanekaragaman hayati.

Keywords


e-modul; kearifan lokal; keanekaragaman hayati; kemampuan berpikir kritis; pendidikan IPA

Article Metrics :

References


Apriani, R., Andi, I. H., Erlina, Rachmat, S., dan Maria, U. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Multipel Representasi dengan Bantuan Augmented Reality untuk Membantu Siswa Memahami Konsep Ikatan Kimia. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA. 5(4): 305-330.

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ariyati, E., Susilo, H., Suwono, H., & Rohman, F. (2021). Pemberdayaan keterampilan berpikir kritis melalui pembelajaran process oriented guided inquiry learning (POGIL). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 208-215.

Dewi, D. K., Pangesthi, L. T., Purwidiani, N., & Widagdo, A. K. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Pdf Professional Pada KD Menganalisis Sweet Bread Di SMKN 1 Lamongan. PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 3(2), 162-179.

Diana, N, dan Sukestiyarno. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran mandiri berbasis e-modul. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES. Jurnal Universitas Negeri Semarang. 2(1): 203-206.

Jamaluddin, A., Wahab. J., Muhlis, dan I. Bahtiar. (2020). Pengembangan Instrumen Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pijar MIPA. 15(1): 13-19.

Jamaluddin, A., Wahab. J., Muhlis, dan I. Bahtiar. (2020). Pengembangan Instrumen Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pijar MIPA. 15(1): 13-19

Kumalasari, N., Fathurohman, I., & Fakhriyah, F. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Kearifan Lokal Daerah Grobogan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 10(2), 554-563.

Marudut, M. R. H., Ishak, G. B., Kadir, dan Vina, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Basicedu. 4(3): 577-585

Meryastiti, V., Z. R. Ridlo, dan Supeno. (2022). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA SMP Negeri 1 Glenmore Kabupaten Banyuwangi. Saintifika. 24(1): 20-29.

Ninawati, M., Burhendi, F. C. A., & Wulandari, W. (2021). Pengembangan e-modul berbasis software ispring suite 9. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 47-54.

Nuryanti, L., S. Zubaidah, dan M. Diantoro. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pendidikan. 3(2): 155-158.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 155-158.

Patonah, S. (2014). Elemen bernalar tujuan pada pembelajaran IPA melalui pendekatan metakognitif siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2).

Putri, P. A., Chandra, A. N.., Idrus, H., Deswita, P., dan Anaperta, M. (2023). Validasi Modul Tata Surya Model PBL terintegrasi Al-Qur’an Berbasis Augmented Reality (AR) untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs. Edusainstika: Jurnal Pembelajaran MIPA. 3(1): 74-81.

Rahim, R., R. F. Siregar, R. Ramadhani, dan Y. Anisa. (2022). Implementasi penggunaan bahan ajar berbasis komik untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa di SD Amalyatul Huda Medan. Jurnal Abdidas. 3(3): 519- 524.

Ramdhani, E. P., Fitriah, K., dan Nur, A. N. S. (2020). Efektifitas Modul Elektronik Terintegrasi Multiple Representation pada Materi Ikatan Kimia. Journal of Research and Technology. 6(1): 162-167.

Rihanah, A., dan Cintya, N. I. (2022). Kelayakan Isi dan Bahasa pada Buku Teks Bahasa Indonesia Di SMA Negeri 1 Sirampog. Jurnal Hasta Wiyata. 5(1):32-42.

Rizkika, M., Pramudya, D. A. P., dan Nur, A. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis STEM pada Materi Tekanan Zat untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Pancasakti Science Education Journal. 7(1): 41-48.

Sari, A. P. P., Amin, M., & Lukiati, B. (2017). Buku Ajar Bioteknologi Berbasis Bioinformatika Dengan Model ADDIE. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(6), 768-772.

Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163-177.

Sriwahyuni, I. E. Risdianto, dan H. Johan. (2019). Pengembangan bahan ajar elektronik menggunakan flip pdf profesional pada materi alat alat optik di SMA. Jurnal Kumparan Fisika. 2(3): 145-152.

Susilawati, E., Agustinasari, A., Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis tingkat keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 11-16.

Syahiddah, D. S., Pramudya, D. A. P., dan Bambang, S. 2021. Pengembangan EModul Fisika Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Pada Materi Bunyi di SMA/MA. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika. 2(1): 1-8.

Wicaksono, A. G. (2020). Penyelenggaraan pembelajaran IPA berbasis pendekatan STEM dalam menyongsong era revolusi industri 4.0. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(1), 54-62.

Wicaksono, I., Indrawati, I., & Supeno, S. (2020). PhET (PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. FKIP e-PROCEEDING, 5(1), 1-5.

Wulandari, S. I., Pamelasari, S. D., & Hardianti, R. D. (2023, July). Penggunaan E-Modul Berbasis Etnosains Materi Zat dan Perubahannya dalam Usaha Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. In Proceeding Seminar Nasional IPA.

Yustika, D., Pramudya, D. A. P., dan Sri, H. B. P. (2021). Identification of Critical Thinking Capabilities of High School Students Using The Integrated Physics Module of Engineering Design Process (EDP). ScienceEdu: Jurnal Pendidikan IPA. 4(3): 7-15.