PENGARUH METODE PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VIII PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG

Syakirah Azzahra
Vica Dian Aprelia Resti
Septi Kurniasih


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.6966

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh metode praktikum terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VIII pada materi getaran dan gelombang di SMP Negeri 14 Kota Serang. Keterampilan proses sains merupakan kompetensi dasar yang mendukung pencapaian tujuan pembelajaran IPA melalui penyelidikan ilmiah, termasuk kemampuan observasi, mengklasifikasi, pengujian hipotesis, interpretasi data, menyimpulkan dan mengkomunikasikan. Berdasarkan hasil observasi, ditemukan bahwa siswa kurang menguasai keterampilan tersebut, terutama dalam aspek komunikasi dan interpretasi data, akibat penerapan metode pembelajaran yang kurang variatif. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan teknik purposive sampling, melibatkan dua kelas: kelas eksperimen yang diterapkan metode praktikum, dan kelas kontrol yang diterapkan metode demonstrasi. Data dikumpulkan melalui pretest, postest, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan metode praktikum mengalami peningkatan signifikan dalam keterampilan proses sains, dengan rata-rata nilai postest mencapai 74, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu memperoleh nilai rata-rata sebesar 66. Uji hipotesis menunjukkan nilai sig. 0,001, yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak, mengindikasikan bahwa metode praktikum berpengaruh positif terhadap keterampilan proses sains siswa.

Keywords


Metode praktikum; keterampilan proses sains; getaran dan gelombang; pembelajaran IPA

Article Metrics :

References


Afifah, U., Putri Octaviani, T., Sholikhah, U., & Ismawati, R. (2022). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA SISWA SMP DENGAN KEGIATAN PRAKTIKUM. Jurnal Pendidikan IPA, 11(2), 84–88. https://doi.org/10. 20961/ inkuiri.v11i2.56789

Angelia, Y., Supeno, S., & Suparti, S. (2022). Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Basicedu, 6(5), 8296–8303. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3692

Cahyaningsih, U., Ilmu Pendidikan, dan, & Guru Sekolah Dasar, P. (n.d.). PENGARUH PENGGUNAAN METODE PRAKTIKUM TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELS IV SEKOLAH DASAR.

Candra, R., & Hidayati, D. (2020). Penerapan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kerja Peserta Didik di Laboratorium IPA. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(1), 26–37. https:// doi.org/10.32923/edugama.v6i1.1289

Dwi Nirwana, H., Haryani, S., & Susilogati, D. S. (2016). PENERAPAN PRAKTIKUM BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia (Vol. 10, Issue 2) https://doi.org/10.15294/ jipk. v10i2.9532

Fitriani, R., Maryani, S., Chen, D., Aldila, F. T., Br.Ginting, A. A., Sehab, N. H., & Wulandari, M. (2021). Mendeskripsikan Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Kegiatan Praktikum Viskositas di SMAN 1 Muaro Jambi. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 173–179. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.2.173-179

Nugroho, B., Haryanto, S., & Mulyani, T. (2018). Efektivitas Metode Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimpulkan pada Materi Fisika di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 14(2), 145-152.

Oviana, W., & Billiyan, S. (2020). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V MI. Jurnal Agama Dan Sosial Humaniora, 8(2), https://www. researchgate.net/publication/359986783_Peningkatan_Keterampilan_Proses_Sains_Siswa_melalui_Penerapan_Pendekatan_Keterampilan_Proses_Pada_Mata_Pelajaran_IPA_Di_Kelas_V_MI

Purwanto (2018), TEKNIK PENYUSUNAN INSTRUMEN UJI VALIDITAS DAN REABILITAS PENELITIAN EKONOMI SYARIAH, Staia Press

Putri, M., & Nugroho, A. (2018). Peningkatan Keterampilan Menginterpretasi Data Melalui Metode Praktikum pada Pembelajaran Biologi di SMA. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 4(3), 101-109.

Rina, C., Endayani, T. B., & Agustina, M. (2020). Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Al-Azkiya: Jurnal Pendidikan MI/SD, 5(2), 150–158158. http://dx.doi.org/ 10.32505/al-azkiya.v5i2.2155

Saadah Nur, Lagitasari Indah, Wijayanti E, I (2020). Implementasi Pendekatan Science Wiriting Heuristic Pada Laporan Praktikun Berbasis Multipel Reprentasi Terhadap Kemampuan Interpretasi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 6 (2), 2020,195-208. https://doi.org/ 10.12928/empathy.v1i1.3000

Salosso, S. W., Nurlaili, & Kusumawarnadi, R. (2018). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Sma Melalui Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Pada Pokok Bahasan Larutan Asam Dan Basa. Bivalen: Chemical Studies Journal, 1(1), 45–50. https:// doi.org/10.30872/bcsj.v1i1.280

Saputra, A., Nugraha, H., & Lestari, D. (2019). Pengaruh Metode Praktikum Terhadap Kemampuan Menguji Hipotesis pada Materi Fisika di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(3), 89-95.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumber, P., Menuju, D., Madani, M., Lokal, B., Julianto, T., & Kartikaningrum, R. (n.d.). STRATEGI PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MENGGUNAKAN DESAIN PEMBELAJARAN AKTIF BERBASIS GROUP INVESITGATION SKILSS IMPROVEMENT OF SCIENCE PROCESS STRATEGY USING ACTIVE LEARNING DESIGNS BASED ON GROUP INVESTIGATION

Suryaningsih, Y. (2017). PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM 3xSEBAGAI SARANA/1SISWA UNTUK BERLATIH MENERAPKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM MATERI BIOLOGI. 2(2), 49–57 https://jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/view/759/708

Yati Lestari, M., Diana, N., Fisika UIN Raden Intan Lampung, P., & UIN Raden Intan Lampung, F. (2018). Indonesian Journal of Science and Mathematics Education 01 (1) (2018) 49-54 KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PADA PELAKSANAAN PRAKTIKUM FISIKA DASAR I. https://ejournal. radenintan.ac.id/index.php/IJSME/index

Wahyuni, S. (2015). Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pengajaran MIPA, 2(2), 196–203. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i2.36245