PENGARUH METODE PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VIII PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Afifah, U., Putri Octaviani, T., Sholikhah, U., & Ismawati, R. (2022). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA SISWA SMP DENGAN KEGIATAN PRAKTIKUM. Jurnal Pendidikan IPA, 11(2), 84–88. https://doi.org/10. 20961/ inkuiri.v11i2.56789
Angelia, Y., Supeno, S., & Suparti, S. (2022). Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Basicedu, 6(5), 8296–8303. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3692
Cahyaningsih, U., Ilmu Pendidikan, dan, & Guru Sekolah Dasar, P. (n.d.). PENGARUH PENGGUNAAN METODE PRAKTIKUM TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELS IV SEKOLAH DASAR.
Candra, R., & Hidayati, D. (2020). Penerapan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kerja Peserta Didik di Laboratorium IPA. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(1), 26–37. https:// doi.org/10.32923/edugama.v6i1.1289
Dwi Nirwana, H., Haryani, S., & Susilogati, D. S. (2016). PENERAPAN PRAKTIKUM BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia (Vol. 10, Issue 2) https://doi.org/10.15294/ jipk. v10i2.9532
Fitriani, R., Maryani, S., Chen, D., Aldila, F. T., Br.Ginting, A. A., Sehab, N. H., & Wulandari, M. (2021). Mendeskripsikan Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Kegiatan Praktikum Viskositas di SMAN 1 Muaro Jambi. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 173–179. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.2.173-179
Nugroho, B., Haryanto, S., & Mulyani, T. (2018). Efektivitas Metode Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimpulkan pada Materi Fisika di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 14(2), 145-152.
Oviana, W., & Billiyan, S. (2020). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V MI. Jurnal Agama Dan Sosial Humaniora, 8(2), https://www. researchgate.net/publication/359986783_Peningkatan_Keterampilan_Proses_Sains_Siswa_melalui_Penerapan_Pendekatan_Keterampilan_Proses_Pada_Mata_Pelajaran_IPA_Di_Kelas_V_MI
Purwanto (2018), TEKNIK PENYUSUNAN INSTRUMEN UJI VALIDITAS DAN REABILITAS PENELITIAN EKONOMI SYARIAH, Staia Press
Putri, M., & Nugroho, A. (2018). Peningkatan Keterampilan Menginterpretasi Data Melalui Metode Praktikum pada Pembelajaran Biologi di SMA. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 4(3), 101-109.
Rina, C., Endayani, T. B., & Agustina, M. (2020). Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Al-Azkiya: Jurnal Pendidikan MI/SD, 5(2), 150–158158. http://dx.doi.org/ 10.32505/al-azkiya.v5i2.2155
Saadah Nur, Lagitasari Indah, Wijayanti E, I (2020). Implementasi Pendekatan Science Wiriting Heuristic Pada Laporan Praktikun Berbasis Multipel Reprentasi Terhadap Kemampuan Interpretasi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 6 (2), 2020,195-208. https://doi.org/ 10.12928/empathy.v1i1.3000
Salosso, S. W., Nurlaili, & Kusumawarnadi, R. (2018). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Sma Melalui Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Pada Pokok Bahasan Larutan Asam Dan Basa. Bivalen: Chemical Studies Journal, 1(1), 45–50. https:// doi.org/10.30872/bcsj.v1i1.280
Saputra, A., Nugraha, H., & Lestari, D. (2019). Pengaruh Metode Praktikum Terhadap Kemampuan Menguji Hipotesis pada Materi Fisika di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(3), 89-95.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumber, P., Menuju, D., Madani, M., Lokal, B., Julianto, T., & Kartikaningrum, R. (n.d.). STRATEGI PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MENGGUNAKAN DESAIN PEMBELAJARAN AKTIF BERBASIS GROUP INVESITGATION SKILSS IMPROVEMENT OF SCIENCE PROCESS STRATEGY USING ACTIVE LEARNING DESIGNS BASED ON GROUP INVESTIGATION
Suryaningsih, Y. (2017). PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM 3xSEBAGAI SARANA/1SISWA UNTUK BERLATIH MENERAPKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM MATERI BIOLOGI. 2(2), 49–57 https://jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/view/759/708
Yati Lestari, M., Diana, N., Fisika UIN Raden Intan Lampung, P., & UIN Raden Intan Lampung, F. (2018). Indonesian Journal of Science and Mathematics Education 01 (1) (2018) 49-54 KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PADA PELAKSANAAN PRAKTIKUM FISIKA DASAR I. https://ejournal. radenintan.ac.id/index.php/IJSME/index
Wahyuni, S. (2015). Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pengajaran MIPA, 2(2), 196–203. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i2.36245