PENGEMBANGAN MEDIA AR BERBANTU APLIKASI ASSSEMBLR PADA MATERI ORGAN PERNAPASAN MANUSIA

Iza Nurlia - [ http://orcid.org/0000-0002-1825-0097 ]
Mirnawati Mirnawati
Bungawati Bungawati


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.6954

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan, merancang, serta mengetahui validitas dan praktikalitas penggunaan media AR dalam pembelajaran tentang organ pernapasan manusia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini melibatkan 17 siswa kelas V dari SD Negeri 229 Sidobinangun. Sementara itu, fokus penelitiannya adalah pengembangan media pembelajaran AR yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Data penelitian telah dikumpulkan melalui angket dan wawancara, kemudian dianalisis baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Berdasarkan evaluasi para ahli, media pembelajaran AR mendapat nilai validitas yang sangat tinggi. Ahli bahasa memberikan persentase sebesar 86%, ahli materi sebesar 87%, dan ahli media memberikan nilai sebesar 75%. Hasil yang memuaskan tercapai dari hasil uji kepraktisan yang mencapai 91% oleh siswa dan 92% oleh guru kelas V, menunjukkan tingkat praktis yang sangat baik dalam penggunaannya. Media AR yang telah dikembangkan memiliki kualitas yang baik untuk digunakan karena telah memenuhi berbagai kriteria keberhasilan dan sangat mendukung siswa dalam mencapai sasaran belajar mereka.

Keywords


pengembangan; AR; organ pernapasan manusia

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Filda Angriani Malagunna, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbantuan Model Pembelajaran Think Talk Write Berbasis Kontestual Pada Materi Menulis Puisi Di Kelas IV SDN 011 Rante Pasang Kab. Luwu Utara” (Palopo, Institut Agama Islam Negeri (IAIN Palopo), 2023), http://www.repository.iainpalopo.ac.id.

Husna, H., Guntur, M., & Sukmawaty, S. (2023). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Tema Organ Tubuh Manusia Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman pada Siswa Kelas 5 SDN 18 Maroangin. Jurnal Pendidikan Refleksi, 12(2), 109-124.

Munir, N. P., Anas, A., Suryani, L., & Munir, F. S. (2022). The practicality of geometry learning media based on AR. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 10(1), 75-84.

Purba R, Taufik, M., & Jamaludin, U. (2022). Pengembangan media pembelajaran liveworksheets interaktif dalam meningkatkan hasil belajar IPS. Pendas: Jurnal Ilmiah pendidikan dasar, 7(2), 336-348.

Putra, D. P., & Murniati, M. (2023). Media Pembelajaran Berbasis STEAM: Membantu Mengembangkan Keterampilan Anak. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 3(2), 83-100.

Rico fiyan hady, “pengaruh penggunaan AR pada pembelajaran sistem saluran pernapasan dan system saluran perncernaan pada tubuh manusia”, journal of intelegent systems and computation. (2020) 1-5

Syaiful Azhar and Melfa Aisyah Hutasuhut, ‘The Feasibility of Tropical Pitcher Plant (Nepenthes Sp.) Exploration Booklet as a Learning Media’, Bio-Inoved : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 4.3 (2022), 291–98.