PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK 4TMC BERBASIS WEBSITE UNTUK MENGUKUR PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP PADA TEMA BERGERAK KITA HIDUPk Kita Hidup

Neng Esih Madalawati
Lukman Nulhakim
Annisa Novianti Taufik


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.6934

Abstract


Pemahaman siswa terhadap suatu konsep sangat penting dilakukan untuk mengukur pencapaian siswa dalam belajar. Rendahnya pemahaman konsep akan berdampak pada keberhasilan siswa dalam memahami materi. Untuk mengetahui tinggi rendahnya pemahaman konsep siswa dibutuhkan tes instrumen diagnostik berbasis 4TMC sebagai alat ukur pemahaman konsep. Penelitian pengembangan ini menghasilkan instrumen tes 4TMC yang valid dan mengetahui tingkat respon guru terhadap tes diagnostik 4TMC berbasis website dalam mengukur tingkat pemahaaman konsep siswa. Metode penelitian research and development dengan model pengembangan yang dimodifikasi dari sugiyono terdiri dari 6 tahapan yaitu, potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi produk; 5) revisi produk; dan 6) uji coba produk. Subjek penelitian 44 siswa SMP kelas VIII. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi dan angket respon guru IPA. Hasil penilaian validitas instrumen tes diagnostik 4TMC berbasis website memperoleh rata-rata persentase sebesar 95,7% (sangat valid). Hasil angket respon guru terhadap instrumen tes mendapatkan persentase rata-rata sebesar 95% (sangat tinggi). Dengan ini menegaskan bahwa instrumen tes diagnostik 4TMC berbasis website pada tema bergerak kita hidup dapat digunakan oleh guru sebagai alat penilaian untuk mengukur tingkat pemahaman konsep siswa kelas VIII tingkat SMP.

Keywords


tes diagnostik 4TMC; pemahaman konsep; bergerak kita hidup

Article Metrics :

References


Aini, N. (2021). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Ipa Terpadu Pada Guru Mata Pelajaran. Transformasi : International Journal Of Management, Administration, Education, And Religious Affairs, 3(1), 161–181.

Dewi, K. (2024). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Three-Tier Berbasis Google Form untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas VII Pada Tema Panas di Sekitar Kita Skripsi. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding Dpnpm Unindra, 0812(2019), 181–188.

Fitriyah, L., & Alfatimah, L. D. (2022). Bahasa Indonesia Kelas VII KKM Madrasah Tsanawiyah Nurul. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Vol.4, 4(1), 51–60.

Handayani, N. D., Astutik, S., & Lesmono, A. D. (2. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test Pada Materi Hukum Termodinamika di SMA Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 185–197. Https://Doi.Org/10.19184/Jpf.V7i2.792

Haryani, I. (2013). Analisis Langkah-Langkah Penyelesaian Soal Matematika Tipe High Order Thinking Skill ( Hots ) Bentuk Pilihan Ganda. Bina Manfaat Ilmu: Jurnal Pendidikan, 79–94.

Hidayah, U. L., Supardi, K. I., Sumarni, W., & Purworejo, M. A. N. (2018). Diagnostik Pendeteksi Miskonsepsi untuk Analisis Pemahaman Konsep Buffer-Hidrolisis. 2076 Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1), 2075–2085.

Jubaedah, D. S., Kaniawati, I., Suyana, I., Samsudin, A., & Suhendi, E. (2017). Pengembangan Tes Diagnostik Berformat Four-Tier untuk Mengidentifikasi. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2017, VI, 35–40. https://doi.org/10.21009/03.SNF2017

Kadarwati, A. (2017). Peningkatan Kompetensi Calon Pendidik SD Dalam Pengembangan Tes Hasil Belajar Animasi. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 7(1), 76–87.

Khusniawati, Nulhakim, L., Taufik, A. N., & Sutarno, M. (2024). Pengembangan E-Modul dengan Book Creator Tema Metabolisme Tubuh untuk Membantu Visualisasi Konsep IPA Peserta Didik Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(1), 238–246.

Laksana, D. N. L., Seso, M. A., & Riwu, I., & U. (2019). Content And Flores Cultural Context Based Thematic Electronic Learning Materials : Teachers And Students ’ Perception. European Journal of Education Studies, 5(9), 145–155. https://doi.org/10.5281/zenodo.2542946

Nurfauziyah, N., Sjaifudin, S., Taufik, A. N. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Wordwall pada Tema Siaga Bencana untuk Siswa Kelas VIII SMP. EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 8(1), 15–23.

Paramitha, Diyen. Maison., & D. (2021). Tes Diagnostik Four-Tier untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi pada Materi Fisika Four-Tier Diagnostic Test to Identify Misconceptions in Physics Concepts. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 6(2), 193–198. https://doi.org/10.36709/jipfi.v6i2.17366

Pratiwi, N. K. R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Multirepresentasi Terhadap Pemahaman Konsep Siswa SMP: Sebuah Tinjauan Studi. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 359–366. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.614

Resya, K. P. N. (2023). Evaluasi Pembelajaran Dalam Ranah Aspek Kognitif Pada Jenjang Pendidikan Dasar Pada MI Assalafiyah Timbangreja. Urnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 403–411.

Rianti, L., & Nulhakim, L. (2017). Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining (Sfae) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA. JPSD: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 64–72.

Riduwan. (2011). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung:Alfabeta.

Romlah, S., Hodijah, N., & Taufik, A. N. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Contextual Teaching Learning untuk Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Tema Global Warming. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 278–284. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.278-284

Setiani, N., & Roza, Y. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Matematis Materi Peluang Pada Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 2286–2297.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung: Alfabeta.

Tarisa, Risa., Sjaifuddin, S., B. L. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Tema Listrik Sahabat Kita Kelas IX SMP Melalui Instrumen Tes 4TMC. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(1), 159–169. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.849

Taufik, A. N., Kurniasih, S., Noviyanti, F., Holipah, I., Andien, S., Alexsander, K., Nuraina, N., Fatin, R., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2024). ANALISIS RESPON SISWA TERHADAP E-BOOK IPA BERBASIS. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(3), 922–929. http://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/eduproxima

Taufik, A. N., Kurniasih, S., Sari, C. M., & Nulhakim, L. (2023). Student Response Toward The Science Communication Skills - Based Interactive E - Module. Jurnal Pena Sains, 10(2). https://doi.org/10.21107/jps.v10i2.17628

Yogi Setya Novanto, Tomo Djudin, Ahmad Yani T, Abd Basith, E. M. (2023). Kemampuan pemahaman konsep ipa pada siswa sekolah dasar berdasarkan gender. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 8(1), 43–46.

Yunefri, Y., Asril, E., Kuning, U. L., Kuning, U. L., & Form, A. Z. (2021). Sosialisasi zoho form sebagai sarana survei online bagi mahasiswa. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 1(2), 107–114.