PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK 4TMC BERBASIS WEBSITE UNTUK MENGUKUR PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP PADA TEMA BERGERAK KITA HIDUPk Kita Hidup
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Aini, N. (2021). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Ipa Terpadu Pada Guru Mata Pelajaran. Transformasi : International Journal Of Management, Administration, Education, And Religious Affairs, 3(1), 161–181.
Dewi, K. (2024). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Three-Tier Berbasis Google Form untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas VII Pada Tema Panas di Sekitar Kita Skripsi. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding Dpnpm Unindra, 0812(2019), 181–188.
Fitriyah, L., & Alfatimah, L. D. (2022). Bahasa Indonesia Kelas VII KKM Madrasah Tsanawiyah Nurul. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Vol.4, 4(1), 51–60.
Handayani, N. D., Astutik, S., & Lesmono, A. D. (2. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test Pada Materi Hukum Termodinamika di SMA Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 185–197. Https://Doi.Org/10.19184/Jpf.V7i2.792
Haryani, I. (2013). Analisis Langkah-Langkah Penyelesaian Soal Matematika Tipe High Order Thinking Skill ( Hots ) Bentuk Pilihan Ganda. Bina Manfaat Ilmu: Jurnal Pendidikan, 79–94.
Hidayah, U. L., Supardi, K. I., Sumarni, W., & Purworejo, M. A. N. (2018). Diagnostik Pendeteksi Miskonsepsi untuk Analisis Pemahaman Konsep Buffer-Hidrolisis. 2076 Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1), 2075–2085.
Jubaedah, D. S., Kaniawati, I., Suyana, I., Samsudin, A., & Suhendi, E. (2017). Pengembangan Tes Diagnostik Berformat Four-Tier untuk Mengidentifikasi. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2017, VI, 35–40. https://doi.org/10.21009/03.SNF2017
Kadarwati, A. (2017). Peningkatan Kompetensi Calon Pendidik SD Dalam Pengembangan Tes Hasil Belajar Animasi. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 7(1), 76–87.
Khusniawati, Nulhakim, L., Taufik, A. N., & Sutarno, M. (2024). Pengembangan E-Modul dengan Book Creator Tema Metabolisme Tubuh untuk Membantu Visualisasi Konsep IPA Peserta Didik Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(1), 238–246.
Laksana, D. N. L., Seso, M. A., & Riwu, I., & U. (2019). Content And Flores Cultural Context Based Thematic Electronic Learning Materials : Teachers And Students ’ Perception. European Journal of Education Studies, 5(9), 145–155. https://doi.org/10.5281/zenodo.2542946
Nurfauziyah, N., Sjaifudin, S., Taufik, A. N. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Wordwall pada Tema Siaga Bencana untuk Siswa Kelas VIII SMP. EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 8(1), 15–23.
Paramitha, Diyen. Maison., & D. (2021). Tes Diagnostik Four-Tier untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi pada Materi Fisika Four-Tier Diagnostic Test to Identify Misconceptions in Physics Concepts. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 6(2), 193–198. https://doi.org/10.36709/jipfi.v6i2.17366
Pratiwi, N. K. R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Multirepresentasi Terhadap Pemahaman Konsep Siswa SMP: Sebuah Tinjauan Studi. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 359–366. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.614
Resya, K. P. N. (2023). Evaluasi Pembelajaran Dalam Ranah Aspek Kognitif Pada Jenjang Pendidikan Dasar Pada MI Assalafiyah Timbangreja. Urnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 403–411.
Rianti, L., & Nulhakim, L. (2017). Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining (Sfae) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA. JPSD: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 64–72.
Riduwan. (2011). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung:Alfabeta.
Romlah, S., Hodijah, N., & Taufik, A. N. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Contextual Teaching Learning untuk Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Tema Global Warming. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 278–284. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.278-284
Setiani, N., & Roza, Y. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Matematis Materi Peluang Pada Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 2286–2297.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung: Alfabeta.
Tarisa, Risa., Sjaifuddin, S., B. L. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Tema Listrik Sahabat Kita Kelas IX SMP Melalui Instrumen Tes 4TMC. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(1), 159–169. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.849
Taufik, A. N., Kurniasih, S., Noviyanti, F., Holipah, I., Andien, S., Alexsander, K., Nuraina, N., Fatin, R., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2024). ANALISIS RESPON SISWA TERHADAP E-BOOK IPA BERBASIS. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(3), 922–929. http://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/eduproxima
Taufik, A. N., Kurniasih, S., Sari, C. M., & Nulhakim, L. (2023). Student Response Toward The Science Communication Skills - Based Interactive E - Module. Jurnal Pena Sains, 10(2). https://doi.org/10.21107/jps.v10i2.17628
Yogi Setya Novanto, Tomo Djudin, Ahmad Yani T, Abd Basith, E. M. (2023). Kemampuan pemahaman konsep ipa pada siswa sekolah dasar berdasarkan gender. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 8(1), 43–46.
Yunefri, Y., Asril, E., Kuning, U. L., Kuning, U. L., & Form, A. Z. (2021). Sosialisasi zoho form sebagai sarana survei online bagi mahasiswa. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 1(2), 107–114.