PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KUARTET PADA MATERI TATA SURYA UNTUK MEMBANGUN MINAT BELAJAR SISWA SMP KELAS VII
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Ahmad, M., Kuantoro, E., & Purba, A. (2024). Analisis Kesesuaian Materi Buku Teks Utama Bahasa Indonesia Sma/Smk Kelas X Dengan Capaian Pembelajaran (Cp) Kurikulum Merdeka. LITERASI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 14(1), 120–138.
Anshori, S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan Pkn Dan Sosial Budaya, 2(1), 88–100.
Astuti, L. S. (2017). Penguasaan Konsep IPA Ditinjau Dari Konsep Diri Dan Minat Belajar Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1),40–48.
Diantari, L. P. E., Damayanthi, L. P. E., Sugihartini, N. S., & Wirawan, I. M. A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Mastery Learning Untuk Mata Pelajaran KKPI Kelas XI. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 7(1), 33.
Dimyati, E., Huda, P. A., Wangi, K. P., Text, D., & Book, D. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Digital Book Untuk Meningkatkan Pemahaman Vocabulary Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. 7, 102–111.
Fauziyah, T. A., & Isnawati. (2017). Pengembangan Media Permainan Sains Quartet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Berkomunikasi. E-Journal Unesa, 05(02), 131–137.
Firmansyah, A., & Jiwandono, N. R. (2022). Kecenderungan Guru Dalam Menerapkan Pendekatan Student Centre Learning Dan Teacher Centre Learning Dalam Pembelajaran. Jurnal Guru Indonesia, 2(1), 33–39.
Haryadi, M. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Haryadi Mujianto Program Studi Ilmu Komunikasi , Peminatan Public Relations , Universitas Garut Email :Haryadimujianto@Uniga.Ac.Id Pendahuluan Youtube Adalah Media Sosia. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5(1), 135–159.
Hasibuan, M. S., & Sapri, S. (2023). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 700.
Jannah, M., & Julianto, J. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Digestive System Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 124–134.
Jeluna, V., Ilyas, I., Doa, H., Ngapa, Y. D., & Laka, A. F. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Minat Belajar Ipa Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Kota Komba. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(2), 92–96.
Masyitoh, A. D. (2023). Analisis Minat Belajar Siswa Terhadap Proses Pembelajaran IPA. Seminar Nasional Pendidikan IPA Dan Matematika Universitas Negeri Malang, 2019, 282–287.
Nuralisa, S. F., Vitasari, M., & Nestiadi, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kokami (Kotak Kartu Misterius) Tema Pelestarian Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1),33.
Oktaviana, D., & Prihatin, I. (2018). Analisis Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Ranah Kognitif Revisi Taksonomi Bloom. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2:), 81–88.
Priyonggo, V. F., & Qosyim, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash Untuk Materi Sistem Gerak Pada Manusia Kelas VIII Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash Untuk Materi Sistem Gerak Pada Manusia Kelas Viii Ferit Very Priyon. Ejournal-Pensa, 6, 198–203.
Riduwan. 2012. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Saputri, A. C., & Ridlo, S. (2016). Hubungan Antara Interaksi Interpersonal Guru Ipa Dan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), 2012, 55–62.
Saryono. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan Edisi 3. Yogyakarta: MitraCendekia Press
Streit, A. K., & Tedjasendjaja, G. A. (2018). Analisis Visual Sampul Novel “Harry Potter” Karya J.K Rowling Edisi Amerika (Original Dan 15Th Anniversary Edition). Titik Imaji, 1(1),30–45.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D) (Cet 20). CV Alfabeta.
Syardiansah. (2016). Hubungan Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pengaturan Manajemen. Manajemen Dan Keuangan, 5(1), 243.
Thiagarajan, S., Semmel, D.S., And Semmel, M.I. 1974. Instructional Development For Training Teachers Of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Social Education. University Of Minnesota.
Walidiati, M., Tahir, M., & Rahmatih, A. N. (2023). Pengembangan Media Kartu Kuartet Pada Pembelajaran IPA. Journal Of Classroom Action Research, 5(4), 321–330.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Journal On Education, 5(2),3928–3936.
Zulfikar, Z., & Azizah, L. (2017). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Kuartet Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Ma Negeri 1 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(2), 156–166.