PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN ARGUMENTASI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII DI SMPN 11 SAMARINDA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Affandy, H., Aminah N. S., & Supriyanto A. 2019. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Fluida Dinamis di SMA Batik 2 Surakarta. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 25-33. https://doi.org/10.20961/jm pf.v9i1.31608
Aisyah, R. S. S., Isriyanti, A., & Andini. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry Untuk Melatih Berpikir Kritis Siswa Pada Topik Penyangga. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 10(1), 60-73. https://doi.org/10.36706/jppk. v10i1.20763.
Angeline, V., Risya, P. S., & Santoso, S. 2018. Korelasi Keterampilan Argumentasi Dan Hasil Belajar Siswa SMA Kristen Satya Wacana Pada Materi Genetika Dengan Model ABSI. JIPVA (Jurnal Pendidikan Ipa Veteran), 2(1), 1-12. https://doi. org/10.31331/JIPVA.V2I1.539.
Asriyani, I. D., Masitah, & Nasution, R. 2023. Analisis Level Kemampuan Argumentasi Secara Tertulis Siswa SMP Negeri 11 Samarinda pada Soal Pencemaran Lingkungan. Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Samarinda.
Faiqoh, N., Nadgirotul K., Lia P. A., & Riski P. 2018. Profil Keterampilan Argumentasi Siswa Kelas X dan XI di SMK Batik 1 Surakarta pada Materi Keankeragaman Hayati. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(3), 174-182. https://doi.org/10.24114/jpb.v7i3.10122.
Falah, M. M., Hartono, Nugroho, S. E., & Ridlo, S. 2023. Model Pelatihan Pedagogical Content Knowledge Berbasis Socioscientific Issue (PCK-SSI). Bandung: Nasya Expanding Management.
Fatmawati, Z. A., Susilowati, S. M., & Prihandono, R. S. I. 2019. Effect of Argument Driven Inquiry (ADI) with Problem Solving Method for Student’s Argumentation and Critical Thinking Skills Article Info. Jise, 8(3), 255-263. https://doi.org/10.15294/JISE.V0I0.21668.
Hardini, S. D., & Alberida, H. 2022. Analisis Kemampuan Argumentasi Peserta Didik. Biodidaktika: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 17(1), 93-99. http://dx.doi.org/10.30870/bio didaktika.v17i1.16108.
Haruna, A., & Nahadi. 2021. Menjelajahi Hubungan Level Argumentasi Dengan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Ikatan Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(1), 2686-2694. https://doi. org/10.15294/jipk.v15i1.24156.
Inch, E. S., Barbara, W., & Endres, D. 2006. Fifth Edition Critical Thinking and Communication The Use of Reason in Argument. Boston: Pearson Education Inc.
Indrawan, R., & Yaniawati, P. 2014. Metodologi Penelitian (Kuantitaif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.
Ika, Y., Hestiningtyas Y. P., & Chandra S. 2020. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Keterampilan Argmentasi Siswa Melalui Model Argument Based ScienceInquiry (ABSI). Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 7(2), 93-100. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v7i2.17093.
Karlina, G., & Alberida, H. 2021. Kemampuan Argumentasi Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 1. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1. 31621.
Kurniawati, Z. L., Zubaidah, S., & Mahanal, S. 2015. Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri Kota Batu pada Mata Pelajaran Biologi. Prosiding Seminar Nasional Biologi /IPA Dan Pembelajarannya, 1(4), 1677-1684. https://www.researc hgate.net/publication/325809573.
Marhamah, O. S., Ilah N., & Ina S. 2017. Pengaruh Penerapan Model Argument-Driven Inquiry (ADI) Dalam Peningkatan Kemampuan Berargumentasi Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan di Kelas X SMA Negeri 1 Ciawigebang. Jurnal Pendidikan dan Biologi, 9(2), 39-45. https://doi.org/10.25134/QUAGGA.V9I02.747.
Mirdad, J. 2020. Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran). Jurnal Pendidikan Dan Sosial Islam, 2(1), 14-23. https://doi.org/10.2564/js.v2i1.17.
Nufus, H., Rosidin, U., Herlina, K., & Hasnunidah, N. 2018. Pengaruh Penerapan Model Argument-Driven Inquiry Terhadap Keterampilan Berpikir Pendidikan Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 110-117. https://doi.org/10.22611/jpf.v7i2.11007.
Rahayu, Y., Suhendar, & Ratnasari, J. 2020. Keterampilan Argumentasi Siswa Pada Materi Sistem Gerak SMA Negeri Kabupaten Sukabumi-Indonesia (Student’s Argumentation Skills on Motion Systems Material at SMA Negeri Sukabumi-Indonesia). Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(3), 312-318. https://doi. org/10.22437/bio.v6i3.9802.
Rahmadhani, K., Priyayi, D. F., & Sastrodihardjo, S. 2020. Profile Study of Scientific Argumentation Ability Indicators on Additives and Addictive Substances. Natural: Scientific Journal of Science Education, 7(1), 1. https://doi.org/10.30738/natural.v7i1.7587.
Safira, C. A., Hasnunidah, N., & Sikumbang, D. 2018. The Effects of Argument-Driven Inquiry (ADI) Learning Model on Students’ Argumentation Skills with Various Academic Levels. Indonesian Journal of Biology Education, 1(2), 46-51. https://doi.org/10.17509/aijbe.v1i2.13046.
Suardi. 2019. Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada PT Bank Mandiri. Journal Business Economics and Entrepreneurship, 2(1), 10-18. https://doi.org/ 10.16021/ b.e.e..v1i2.124.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarni, E. N., Widodo, A., & Solihat, R. 2017. Stimulating Students’ Argumentation using Drawing-based Modeling on The Concept of Ecosystem. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 2(1), 98. https:// doi.org/10.20961/ijsascs.v2i1.16688.
Zubaidah, S., & Corebima Aloysius, D. 2015. Asesmen Berpikir Kritis Terintegrasi Tes Essay. Symposium on Biology Education, 200, 200-213. https://www.researchgate.net/publication/322315188.