PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN ARGUMENTASI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII DI SMPN 11 SAMARINDA

Midiati Mahfuzah
Zenia Lutfi Kurniawati
Akhmad Akhmad
Dora Dayu Rahma Turista


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.6874

Abstract


Penelitian ini diawasi oleh Ibu Zenia Lutfi Kurniawati, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak pendekatan pembelajaran Argument Driven Inquiry terhadap keterampilan argumentasi dan berpikir kritis siswa kelas VII di SMPN 11 Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode quasi-eksperimental, khususnya menerapkan desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Pengambilan sampel menggunakan metodologi uji kesetaraan dengan kelompok eksperimen, yang disebut VII A, dan kelompok kontrol, yang disebut VII B. Metode analisis yang digunakan adalah uji ANCOVA, dengan menggunakan ambang signifikansi 5%. Menurut temuan uji ANCOVA, signifikansi untuk keterampilan argumentasi adalah 0,000 (<0,050) dan signifikansi untuk kemampuan berpikir kritis adalah 0,001 (<0,050), yang mengarah pada penolakan Ho dan penerimaan Ha. Gaya belajar Argument Driven Inquiry berpengaruh signifikan terhadap kemampuan argumentasi dan berpikir kritis siswa kelas VII SMPN 11 Samarinda.

Keywords


Argument Driven Inquiry; keterampilan; argumentasi; berpikir kritis

Article Metrics :

References


Affandy, H., Aminah N. S., & Supriyanto A. 2019. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Fluida Dinamis di SMA Batik 2 Surakarta. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 25-33. https://doi.org/10.20961/jm pf.v9i1.31608

Aisyah, R. S. S., Isriyanti, A., & Andini. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry Untuk Melatih Berpikir Kritis Siswa Pada Topik Penyangga. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 10(1), 60-73. https://doi.org/10.36706/jppk. v10i1.20763.

Angeline, V., Risya, P. S., & Santoso, S. 2018. Korelasi Keterampilan Argumentasi Dan Hasil Belajar Siswa SMA Kristen Satya Wacana Pada Materi Genetika Dengan Model ABSI. JIPVA (Jurnal Pendidikan Ipa Veteran), 2(1), 1-12. https://doi. org/10.31331/JIPVA.V2I1.539.

Asriyani, I. D., Masitah, & Nasution, R. 2023. Analisis Level Kemampuan Argumentasi Secara Tertulis Siswa SMP Negeri 11 Samarinda pada Soal Pencemaran Lingkungan. Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Samarinda.

Faiqoh, N., Nadgirotul K., Lia P. A., & Riski P. 2018. Profil Keterampilan Argumentasi Siswa Kelas X dan XI di SMK Batik 1 Surakarta pada Materi Keankeragaman Hayati. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(3), 174-182. https://doi.org/10.24114/jpb.v7i3.10122.

Falah, M. M., Hartono, Nugroho, S. E., & Ridlo, S. 2023. Model Pelatihan Pedagogical Content Knowledge Berbasis Socioscientific Issue (PCK-SSI). Bandung: Nasya Expanding Management.

Fatmawati, Z. A., Susilowati, S. M., & Prihandono, R. S. I. 2019. Effect of Argument Driven Inquiry (ADI) with Problem Solving Method for Student’s Argumentation and Critical Thinking Skills Article Info. Jise, 8(3), 255-263. https://doi.org/10.15294/JISE.V0I0.21668.

Hardini, S. D., & Alberida, H. 2022. Analisis Kemampuan Argumentasi Peserta Didik. Biodidaktika: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 17(1), 93-99. http://dx.doi.org/10.30870/bio didaktika.v17i1.16108.

Haruna, A., & Nahadi. 2021. Menjelajahi Hubungan Level Argumentasi Dengan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Ikatan Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(1), 2686-2694. https://doi. org/10.15294/jipk.v15i1.24156.

Inch, E. S., Barbara, W., & Endres, D. 2006. Fifth Edition Critical Thinking and Communication The Use of Reason in Argument. Boston: Pearson Education Inc.

Indrawan, R., & Yaniawati, P. 2014. Metodologi Penelitian (Kuantitaif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.

Ika, Y., Hestiningtyas Y. P., & Chandra S. 2020. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Keterampilan Argmentasi Siswa Melalui Model Argument Based ScienceInquiry (ABSI). Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 7(2), 93-100. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v7i2.17093.

Karlina, G., & Alberida, H. 2021. Kemampuan Argumentasi Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 1. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1. 31621.

Kurniawati, Z. L., Zubaidah, S., & Mahanal, S. 2015. Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri Kota Batu pada Mata Pelajaran Biologi. Prosiding Seminar Nasional Biologi /IPA Dan Pembelajarannya, 1(4), 1677-1684. https://www.researc hgate.net/publication/325809573.

Marhamah, O. S., Ilah N., & Ina S. 2017. Pengaruh Penerapan Model Argument-Driven Inquiry (ADI) Dalam Peningkatan Kemampuan Berargumentasi Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan di Kelas X SMA Negeri 1 Ciawigebang. Jurnal Pendidikan dan Biologi, 9(2), 39-45. https://doi.org/10.25134/QUAGGA.V9I02.747.

Mirdad, J. 2020. Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran). Jurnal Pendidikan Dan Sosial Islam, 2(1), 14-23. https://doi.org/10.2564/js.v2i1.17.

Nufus, H., Rosidin, U., Herlina, K., & Hasnunidah, N. 2018. Pengaruh Penerapan Model Argument-Driven Inquiry Terhadap Keterampilan Berpikir Pendidikan Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 110-117. https://doi.org/10.22611/jpf.v7i2.11007.

Rahayu, Y., Suhendar, & Ratnasari, J. 2020. Keterampilan Argumentasi Siswa Pada Materi Sistem Gerak SMA Negeri Kabupaten Sukabumi-Indonesia (Student’s Argumentation Skills on Motion Systems Material at SMA Negeri Sukabumi-Indonesia). Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(3), 312-318. https://doi. org/10.22437/bio.v6i3.9802.

Rahmadhani, K., Priyayi, D. F., & Sastrodihardjo, S. 2020. Profile Study of Scientific Argumentation Ability Indicators on Additives and Addictive Substances. Natural: Scientific Journal of Science Education, 7(1), 1. https://doi.org/10.30738/natural.v7i1.7587.

Safira, C. A., Hasnunidah, N., & Sikumbang, D. 2018. The Effects of Argument-Driven Inquiry (ADI) Learning Model on Students’ Argumentation Skills with Various Academic Levels. Indonesian Journal of Biology Education, 1(2), 46-51. https://doi.org/10.17509/aijbe.v1i2.13046.

Suardi. 2019. Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada PT Bank Mandiri. Journal Business Economics and Entrepreneurship, 2(1), 10-18. https://doi.org/ 10.16021/ b.e.e..v1i2.124.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarni, E. N., Widodo, A., & Solihat, R. 2017. Stimulating Students’ Argumentation using Drawing-based Modeling on The Concept of Ecosystem. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 2(1), 98. https:// doi.org/10.20961/ijsascs.v2i1.16688.

Zubaidah, S., & Corebima Aloysius, D. 2015. Asesmen Berpikir Kritis Terintegrasi Tes Essay. Symposium on Biology Education, 200, 200-213. https://www.researchgate.net/publication/322315188.