PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM

Rinilva Malisan
Shelly Efwinda
Muliati Syam


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.6859

Abstract


Masalah global seperti perubahan iklim menuntut setiap generasi untuk memiliki kemampuan berpikir kreatif dalam memecahkan permasalahan yang ada. Pendidikan dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) berpotensi sebagai alternatif pembelajaran yang untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMPN 2 Tenggarong pada materi perubahan iklim. Penelitian ini menerapkan pre experimental design dengan one group pretest design. Sampel penelitian yaitu 30 siswa kelas VII A. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dengan 10 soal essay kemampuan berpikir kreatif. Adapun indikator soal terdiri dari fluency, fleksibility, originality, dan elaboration. Teknik analisis data menggunakan Uji N-Gain dan Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan berpikir kreatif pada materi perubahan iklim dengan N-Gain sebesar 0,6 dala kategori sedang. Hasil Uji Wilcoxon juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada keterampilan berpikir siswa sebelum dan sesudah diterapkan model PBL. Temuan empiris penelitian ini menunjukkan bahwa model PBL memberi pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII A SMPN 2 Tenggarong. Berdasakan hasil ini, penerapan PBL dapat menjadi alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Keywords


Problem Based Learning; Berpikir Kreatif; Perubahan Iklim

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Damayanti, P., Efwinda, S., Junus, M., 2023. Perceptions of Pre-Service Science Teachers in Nusantara Capital City About The Greenhouse Effect. J. Pendidik. Sains 11, 9–18.

Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Accarya, 12(1), 61–69. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1056.61-69

Efwinda, S., Damayanti, P., Mutmainah, O., Malisan, R., Anggraeni, B., 2022. Pelatihan Pembuatan Poster Digital Tema Pemanasan Global Dalam Melatihkan Kreativitas Siswa 6, 756–768.

Febrianti, Y., Djahir, Y., & Fatimah, S. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Dengan Memanfaatkan Lingkungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 6 Palembang. Jurnal Profit , 3, 121–127.

Hakim, A., Efwinda, S., Damayanti, P., Nurtasya, R., 2023. Exploration of Climate Literacy Level of High School Students In Prospective New Capital City of Indonesia. J. Ilmu Pendidik. Fis. 8, 248–258.

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.

Hartini et al., 2014. (2014). Pengaruh Berpikir Kreatif dengan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa dengan menggunakan Tes Open Ended. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 8–11.

Richard R. Hake. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Physics Indiana Edu, 1(1), 16–22. https://doi.org/10.24036/ekj.v1.i1.a10

Selvi, M. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207.

Septian, A., & Rizkiandi, R. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Prisma, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.22

Septikasari at all., 2018. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al Awlad, VIII, 107–117.

Sofyan, H. (2017). Problem Based Learning Dalam Kurikulum 2013. In Nucl. Phys. (pertama, Vol. 13, Issue 1). UNY Press.

Suparman, Husen, D.N., 2015. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui. J. BioEdukasi 03, 367–372.

Syam, M., Efwinda, S., 2019. Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Dengan Menerapkan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Kuliah Fisika Dasar di FKIP Universitas Mulawarman, in: Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs Universitas Negeri Makassar.