PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Damayanti, P., Efwinda, S., Junus, M., 2023. Perceptions of Pre-Service Science Teachers in Nusantara Capital City About The Greenhouse Effect. J. Pendidik. Sains 11, 9–18.
Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Accarya, 12(1), 61–69. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1056.61-69
Efwinda, S., Damayanti, P., Mutmainah, O., Malisan, R., Anggraeni, B., 2022. Pelatihan Pembuatan Poster Digital Tema Pemanasan Global Dalam Melatihkan Kreativitas Siswa 6, 756–768.
Febrianti, Y., Djahir, Y., & Fatimah, S. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Dengan Memanfaatkan Lingkungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 6 Palembang. Jurnal Profit , 3, 121–127.
Hakim, A., Efwinda, S., Damayanti, P., Nurtasya, R., 2023. Exploration of Climate Literacy Level of High School Students In Prospective New Capital City of Indonesia. J. Ilmu Pendidik. Fis. 8, 248–258.
Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.
Hartini et al., 2014. (2014). Pengaruh Berpikir Kreatif dengan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa dengan menggunakan Tes Open Ended. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 8–11.
Richard R. Hake. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Physics Indiana Edu, 1(1), 16–22. https://doi.org/10.24036/ekj.v1.i1.a10
Selvi, M. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207.
Septian, A., & Rizkiandi, R. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Prisma, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.22
Septikasari at all., 2018. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al Awlad, VIII, 107–117.
Sofyan, H. (2017). Problem Based Learning Dalam Kurikulum 2013. In Nucl. Phys. (pertama, Vol. 13, Issue 1). UNY Press.
Suparman, Husen, D.N., 2015. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui. J. BioEdukasi 03, 367–372.
Syam, M., Efwinda, S., 2019. Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Dengan Menerapkan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Kuliah Fisika Dasar di FKIP Universitas Mulawarman, in: Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs Universitas Negeri Makassar.