ANALISIS FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT DALAM IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR DI SMP SINGARAJA

Ni Luh Putu Mery Marlinda
Putu Hari Sudewa
Kadek Ayu Astiti


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.6806

Abstract


Tujuan dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di dalam kurikulum saat ini yakni Kurikulum Merdeka adalah untuk mengamati dan menyelesaikan permasalahan terkait tentang pembelajaran yang dialami oleh siswa yang meliputi 5 aspek utama yaitu potensi diri, pemberdayaan diri, peningkatan diri, pemahaman diri, dan peran sosial serta dengan memanfaatkan metode pembelajaran yang interaktif dan memberikan kesempatan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Adapun konteks penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis menyeluruh terhadap faktor-faktor pendukung dan penghambat proyek penguatan profil pelajar Pancasila. Sasaran peneliti nantinya adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan P5 di sekolah menengah pertama (SMP) sekitar kota Singaraja. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deksriptif dengan obyek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan P5 disekolah. Dengan Subjeknya adalah siswa, guru, kepala sekolah serta yang berkaitan dengan P5. Adapun teknik untuk mengkoleksi atau mengumpulkan data adalah dengan melakukan observasi kepada siswa yang bertujuan untuk mendapatkan informasi terkait pelaksanaan P5, wawancara yang dilakukan kepada pihak sekolah yakni wakil kepala sekolah maupun tim guru yang terlibat dalam kepanitiaan P5 di sekolah bertujuan untuk menggali informasi yang lebih dalam terkait implementasi P5, terutama pada fokus untuk mencari pendukung dan penghambat.

Keywords


kurikulum Merdeka; Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Article Metrics :

References


Mulyani S, Nurmeta IK, Maula LH. Analisis Implementasi Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA. 2023;9(4):1638–45.

Maryam Aulia, Misnawati Misnawati, Apritha Apritha, Reni Adi Setyoningsih, Putri Handayani, Winda Saptaniarsih. Pelajar Pancasila Pada Abad Ke-21 Di SMAN 1 Palangka Raya. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global. 2023;2(1):134–51.

Maharani AI, Isharoh, Putri PA. Program P5 sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka: Faktor Penghambat dan Upayanya. Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora [Internet]. 2023;1(2):176–87. Tersedia pada: https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i2.153

Anggraena Y, Felicia N, G DE, Pratiwi I, Utama B, Alhapip L, dkk. Kajian Akademik Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 2021;50–2.

Abidah A, Hidaayatullaah HN, Simamora RM, Fehabutar D, Mutakinati L, Suprapto N. The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.” Studies in Philosophy of Science and Education (SiPoSE) [Internet]. 2020;1(1):38–49. Tersedia pada: http://scie-journal.com/index.php/SiPoSE

admin-dinasti,+JMPIS+VOL+2+ISS+1,+SHALAHUDIN+ISMAIL-2.

Noviyanti AI. Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Berdasarkan Instrumen Program Management Office. Journal of Education and Instruction (JOEAI). 18 April 2023;6(1):101–11.

Intania BY, Raharjo TJ, Yulianto A. Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Profil Pelajar Pancasila di Kelas IV SD Negeri Pesantren. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan. 2023;6(3):629–46.

Intan Maharani A, Arinda Putri P. Program P5 sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka: Faktor Penghambat dan Upayanya. 2023;1(2):176–87. Tersedia pada: https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i2.153

Tiyas Y, Triyanto M, Apriana D, Nazri M, Pgsd PS, Hamzanwadi U. Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar Kabupaten Lombok Timur Implementation of Independent Curriculum ( Ikm ) in Strengthening the Profile of Pancasila Students in. 2023;3(4).

Warsono D, Mushafanah Q. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Mata Pembelajaran Matematika pada Materi Operasi Hitung Pembagian Kelas III di SD 02 Supriyadi Semarang. 2023;1(2):111–20. Tersedia pada: https://journal.cvsupernova.com/index.php/pe

Setiyaningsih D, Rosmi F, Santoso G, Virginia A. DIKDAS MATAPPA : Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Implementasi Pendidikan Karakter Dalam. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar [Internet]. 2020;3(September):279–86. Tersedia pada: https://www.researchgate.net/publication/339126783_PENGARUH_MOTIVASI_BELAJAR_TERHADAP_KETUNTASAN_BELAJAR_SAINS_MELALUI_PELAKSANAAN_PROGRAM_PEMBELAJARAN_RETRIEVAL_REMEDIAL_MURID_SD_DI_KOTA_MAKASSAR