PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING CONCEPT MAP-THINK PAIR SHARE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP NEGERI 1 SANGASANGA

Mirda Latifah
Zenia Lutfi Kurniawati
Vandalita M.M. Rambitan
Masitah Masitah


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i2.6803

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Reading Concept Map-Think Pair Share (Remap-TPS) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMPN 1 Sangasanga. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode quasi eksperimen berdesain pretest-posstest control group desain. Teknik pengambilan sampelnya melalui teknik purposive sampling. Setelah diperoleh data dilanjutkan dengan analisis data melalui uji N-Gain serta uji Independent Sample T-Test. Setelah data diperoleh, dilanjutkan analisis menggunakan uji N-Gain yang menunjukkan skor N-Gain kelas eksperimen 0,63 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol 0,54 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan pengaruh model pembelajaran Reading Concept Map-Think Pair Share (Remap-TPS) terhadap keterampian berpikir kritis siswa SMP Negeri 1 Sangasanga.

Keywords


Model Pembelajaran; Remap-TPS; Berpikir Kritis

Article Metrics :

References


Affandy, H., dkk. 2019. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA. Pada Materi Fluida Dinamis di SMA Batik 2 Surakarta. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika. Vol. 9 No. 1, hal. 28.

Arif, D.S.F., dkk. 2020. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Pembelajaran Interaktif dan Google Classroom. Seminar Nasional Pascasarjana 2020. Hal. 323-324.

Dores, O.J., dkk. 2020. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.

No. 2, hal. 244.

Djollong, A.F. 2014. Tehnik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif. Jurnal UM Parepare. Vol. 11 No 1, hal. 87.

Febrianingsih, F. 2022. Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam

Memecahkan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan

Matematika. Vol. 11 No. 1, hal. 122.