PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA TEMA AIRKU TERCEMAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Cahyani, S. M. R. T., Sjaifuddin, S., & Nestiadi, A. (2022). Pengembangan Media Edukatif Monopoly pada Pembelajaran IPA di Kelas VII SMP Tema Pelestarian Lingkungan. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 315-321.
Ernawati, E. (2017). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi perbandingan dan skala. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 110-120.
Hadi, S. (2017, May). Efektivitas penggunaan video sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 96-102).
Hidayati, A. R., Fadly, W., & Ekapti, R. F. (2021). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA materi bioteknologi. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 34-48.
Khasanah, U., & Herina, H. (2019, March). Membangun karakter siswa melalui literasi digital dalam menghadapi pendidikan abad 21 (revolusi industri 4.0). In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Pratiwi, E. M., Gunawan, G., & Ermiana, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 381-386.
Rahmawaty, S., dan Arsyad, M. (2020).Kemampuan Menarik Kesimpulan Peserta Didik yang Menggunakan LKPD Pertanyaan Pengarah Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 11 Makassar. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs UNM 2: 33–36.
Septianty, R. D. P., Maharta, N., & Suana, W. (2018). Pengembangan video tutorial latihan berpikir kritis pada materi kelistrikan. PASCAL (Journal of Physics and Science Learning), 2(1), 59-68.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV
Taufik, A. N., Kristina, H., Gibran, B. F., Sabililah, A., Syahilda, Septiani, Warraihanah, D. A., Nurmalia, L., Syofiarni, & Risalah, O. T. (2023). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(desember), 812–817.
Yuni, R., Murhayati, S., & Murniati, A. (2021). Implementasi Pembelajaran Integratif Interkonektif Agama Dan Sains Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Se-kecematan Sukajadi Kota Pekanbaru. Kutubkhanah, 21(1), 65-81.