PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA TEMA AIRKU TERCEMAR

Dede Firmansyah
Sjaifuddin Sjaifuddin
Annisa Novianti Taufik


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.6799

Abstract


Penelitian ini didasari atas rendahnya berpikir secara kritis siswa SMP dalam memahami materi pelajaran IPA. Penerapan video pembelajaran berbasis PBL bisa menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini guna menguraikan pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa smp pada tema airku tercemar. Penelitian ini memakai metode Quasy Eksperimen yang dilakukan oleh siswa kelas IX di salah satu SMP Negeri Kab. Serang dengan instrumen tes sebanyak 15 soal uraian yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Setelah melakukan penelitian, didapatkan hasil bahwa di kelas eksperimen yang menerapkan video pembelajaran memperoleh data normal sementara pada kelas kontrol yang memakai powerpoint memperoleh data tidak normal. Dengan hasil data tidak normal maka dilakukukan pengujian statistik non parametrik (man whitney) diperoleh nilai r Hitung 0,001 < 0,05 yang menunjukkan bahwa H1 diterima sedangkan H0 ditolak. Dengan demikian penggunaan video pembelajaran memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP pada tema airku tercemar.

Keywords


video pembelajaran; kemampuan berpikir kritis; airku tercemar

Article Metrics :

References


Cahyani, S. M. R. T., Sjaifuddin, S., & Nestiadi, A. (2022). Pengembangan Media Edukatif Monopoly pada Pembelajaran IPA di Kelas VII SMP Tema Pelestarian Lingkungan. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 315-321.

Ernawati, E. (2017). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi perbandingan dan skala. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 110-120.

Hadi, S. (2017, May). Efektivitas penggunaan video sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 96-102).

Hidayati, A. R., Fadly, W., & Ekapti, R. F. (2021). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA materi bioteknologi. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 34-48.

Khasanah, U., & Herina, H. (2019, March). Membangun karakter siswa melalui literasi digital dalam menghadapi pendidikan abad 21 (revolusi industri 4.0). In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Pratiwi, E. M., Gunawan, G., & Ermiana, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 381-386.

Rahmawaty, S., dan Arsyad, M. (2020).Kemampuan Menarik Kesimpulan Peserta Didik yang Menggunakan LKPD Pertanyaan Pengarah Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 11 Makassar. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs UNM 2: 33–36.

Septianty, R. D. P., Maharta, N., & Suana, W. (2018). Pengembangan video tutorial latihan berpikir kritis pada materi kelistrikan. PASCAL (Journal of Physics and Science Learning), 2(1), 59-68.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV

Taufik, A. N., Kristina, H., Gibran, B. F., Sabililah, A., Syahilda, Septiani, Warraihanah, D. A., Nurmalia, L., Syofiarni, & Risalah, O. T. (2023). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(desember), 812–817.

Yuni, R., Murhayati, S., & Murniati, A. (2021). Implementasi Pembelajaran Integratif Interkonektif Agama Dan Sains Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Se-kecematan Sukajadi Kota Pekanbaru. Kutubkhanah, 21(1), 65-81.