PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PDEODE MENGGUNAKAN WIZER.ME PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI SMA/MA

Nurfitria Syakira
Abdullah Abdullah
Erviyenni Erviyenni


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i2.6795

Abstract


Studi penelitian ini mengembangkan LKPD elektronik berbasis model PDEODE menggunakan wizer.me pada materi kesetimbangan kimia, ditujukan kepada peserta didik kelas XI SMA/MA sederajat. Tujuannya adalah menciptakan bahan ajar yang layak (valid), menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4-D. Subjek penelitian ini meliputi 3 peserta didik untuk uji coba satu-satu, 2 guru kimia, serta 20 peserta didik sebagai responden dalam uji coba kelompok kecil yaitu MAN 2 Indragiri Hilir dan SMAN 1 Tanah Merah.Hasil penelitian ini diperoleh bahwa E-LKPD berbasis model PDEODE menggunakan Wizer.me valid dengan validitas ahli materi pada aspek kelayakan isi sebesar 95,82%, aspek karakteristik 93,75%, aspek kelayakan bahasa 92,5%, aspek kelayakan penyajian 92,5% dan aspek kelayakan kegrafisan 100% yang masing-masing aspek tersebut termasuk dalam kriteria sangat valid. Selanjutnya, hasil validitas media pada aspek kelayakan tampilan 100% dan aspek pemanfaatan software 100% yang masing-masing aspek termasuk kriteria sangat valid. Hasil angket respon guru dan peserta didik berada pada kriteria sangat baik dengan skor rata-rata persentase 92,18% dan 89,22%, dengan demikian E-LKPD berbasis model PDEODE menggunakan Wizer.me pada materi kesetimbangan kimia valid dan dapat digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran kimia.

Keywords


E-LKPD; Kesetimbangan kimia; PDEODE; Wizer.me

Article Metrics :

References


Adilla, T. N., Silitunga, F. S., & Ramdhani, E. P (2018). Pengembangan Elektronic Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Berbasis Guided Inquiry Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Afriyanti, M., Sutyana, A., & Viyanti. (2021). Design of e-modules to stimulate HOTS on static fluid materials with the STEM approach. Journal of Physics: Conference Series, 1788(1).

Akmal, A. U., Anita, Y., Waldi, A., Kenedi, Kiswanto, A., Hamimah, Arwin, & Masniladevi. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Social and Emotional Learning untuk Meningkatkan Nilai Profil Pelajar Pancasila Siswa Sekolah Dasar, 6(4), 7987-7095.

Astra, I. M., Raihanati, R., & Mujayanah, N. (2020). Development of Electronic Model Using Creative Problem-Solving Model Equipped with of Gases Material. Jurnal Pendidikan & Pengembangan Pendidikan Fisika, 6(2).

Azrysalam, D. (2020). Pengaruh Model Cooperatif Learning Tipe Numbered Head Together (Nht) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V. De_Journal (Dharmas Education Journal).

Bahari, Darsana, & Putra. 2018. Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Alam Sekitar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2).

Dermawati, N., Suprata, S., & Muzakkir, M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Lingkungan. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 74-78.

Dipalaya, T., Susilo, H., & Corebima, A. D. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran PDEODE (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain) pada Kemampuan Akademik Berbeda Terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa. Jurnal Pendidikan, 1(9), 1713-1720.

Dwiningsih, K., & Asri, A. 2022. Validitas E-Modul Interaktif sebagai Media Pembelajaran Untuk Melatih Kecerdasan Visual Spasial pada Materi Ikatan Kovalen. Journal of Science Education, 6(2), 465 – 473.

Faisal, Muh., Hotimah, Nurhaedah, AP, N., & Khaerunnisa. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Bahan Ajar Digital di Kabupaten Gowa. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(3).

Fajri, Z. (2018). Bahan Ajar Tematik Dalam Pelaksanaan Kurikulum (Pedagogik).

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180-191.

Ibrahim, & Subali. (2017). Pengembangan Bahan Ajar & Pengembangan Instrumen Pengukuran Pembelajaran Biologi. Workshop Pendidikan Biologi FKIP ULM.

Lase, N.K., & Zai, N. 2022. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching and Learning Pada Materi Sistem Ekskresi di Kelas VIII SMP Negeri 3 Idanogawo. Jurnal Pendidikan MINDA, 3(2).

Lathifah, F., Baiq, N.H., & Zulandri. (2021). Efektivitas LKPD Elektronik Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Untuk Guru Di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1).

Nana, & Endang, S. 2019. Pengembangan Inovasi Pembelajaran Digital Menggunakan Model Blended POE2WE Di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya.

Nana. (2020). Pengembangan Inovasi Modul Digital Dengan Model POE2WE Sebagai Salah Satu Alternatif Pembelajaran Daring Di Masa New Normal. Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya.

Puspa, A. (2020). Jurnal Teknologi Pendidikan. 22(2).

Putri, N. L. P. D., & Astawan, I. G. 2022. E-LKPD Interaktif Dengan Model Project Based Learning mAteri Bangung Ruang Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(2).

Ramadhani, S., & Emelia, T. W. 2021. Pengaruh Mode Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Terhadap Kemampuan Menemukan Kalimat Perintah Dalam Teks Ekspanasi oleh Siswa Kelas VIII SMP Gajah Mada Medan Tahun Pembelajaran 2020-2021. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1).

Riyanto, Sugianto Yudi Hari. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE & R2R. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institut.

Samsudin, A., Nurliani, R., Kaniawati, I., dan Suhandi, A. (2015). The PDEODE Student Worksheet On Static Electricity As Innovation In Learning Sets Of Physisc. Departement of Physics Education, Indonesia University of Education, Studi Program of Science Education, Graduate School: Indonesia Universitas of Education.

Sekarningrum, A.D., Sajidan, & Sarwanto. (2014). Pengembangan dan Implementasi Model Pembelajaran Predict, Planning, Observe, Explain, Write (P2OEW) Pada Materi Pencemaran Kelas X SMA Negeri 7 Surakarta. Jurnal Inkuiri, 3(3).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta.

Sukirman. 2020. Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2): 72-81.

Sundari, Tri., Indarini Dwi Pursitasari, dan Leny Heliawati. (2017). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Praktikum Pada Topik Laju Reaksi. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains (JPPS), 6(2): 1340-1347.

Susanti, Reny, E., & Srini, M. (2019). Pengaruh Penggunaan Schoology Dalam Model Belajar Learning Cycle 6 Fase-Problem Solving (Lc 6f-Ps) Terhadap Pemahaman Konseptual Dan Grafik Pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. 3(2).

Thiagarajan, S., Semeel, D. S., and Semmel, M. I. (1974). Instuctional Development for Training Teacher of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Social Education, Universitas of Minnesota.