THE INFLUENCE PROJECT BASED LEARNING MODEL ASSISTED BY ANIMATED VIDEO ON INCREASING MOTIVATION AND LEARNING OUTCOMES FOR CLASS XI HIGH SCHOOL CHEMISTRY ON COLLOID MATERIALS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Agustiana, J. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada materi koloid. SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 5(1), 91.
Almira Salsabila Majid, C., & Usman, O. (2021). The Effect of Animated Video Media, Social Media, Mobile Learning of Learner Learning Interest. Osly, The Effect of Animated Video Media, Social Media, Mobile Learning of Learners Learning Interest (January 16, 2021).
Andriani, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa ( Learning motive as determinant learner learning result ). 4(1), 80–86.
Arifudin, O. (2023). Analisis teori taksonomi bloom pada pendidikan di indonesia. 4(1), 13–22.
Artini, N. P. J., & Wijaya, I. K. W. B. (2020). Strategi Pengembangan Literasi Kimia Bagi Siswa Smp. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 100–108.
Azura, W., Silalahi, A., Zubir, M., & Nurfajriani. (2022). The Science Environment Technology Society (SETS) based e-module development with project based learning model at colloidal learning. Journal of Physics: Conference Series, 2157(1).
Budiariawan, I. P. (2019). Hubungan Motovasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 103-111.
Dakhi, A. S., & Selatan, N. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. 8(2), 468–470.
Dinda, N. U., & Sukma, E. (2021). Analisis Langkah-Langkah Model Project Based Learning ( PjBL ) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli ( Studi Literatur ). 4(2), 44–62.
Febriani, E. A., Astriani, D., & Qosyim, A. (2022). Penerapan media video animasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa materi tekanan zat cair. PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS. 10(1), 21–25.
Maesaroh, S., Studi, P., Agama, P., & Abditama, U. C. (2022). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING PENDAHULUAN Pelajaran agama Islam adalah salah satu upaya yang dilakukan pendidikan di sekolah agar peserta didik mampu memahami serta meyakini ajaran agama Islam . Siswa diharapkan dapat saling menghormati antara pem. 03(November).
Magdalena. (2021). Analisis Kemampuan Peserta Didik Pada Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik Siswa Kela II B SDN Kunciran 5 Tangerang. Nusantara, 3(1), 48-62.
Mewengkang, A., Rampe, M. J., & Palilingan, S. C. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Materi Laju Reaksi dan Faktor-faktor Yang mempengaruhi Laju Reaksi. Oxygenius Journal Of Chemistry Education, 2(1), 29.
Mokalu, V. R., Panjaitan, J. K., Boiliu, N. I., & Rantung, D. A. (2022). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Hubungan Teori Belajar dengan Teknologi Pendidikan. 4(1), 1475–1486.
Mutawally, A. F. (2021). Pengembangan Model Project Based Learning Dalam Pembelajaran Sejarah. Universitas Pendidikan Indonesia, 1–6.
Niswara, R., Muhajir, M., & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh model project based learning terhadap high order thinking skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 85–90.
Novianti, M., Sivra, M., Manurung, S., & Napitupulu, R. P. (2022). Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 Dan 2 Organ Gerak Hewan Dan Manusia Di Kelas V Sd Negeri 122390 Pematangsiantar. 13(4).
Nurbaeti, N. (2022). Revisi Taksonomi Bloom: Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(2), 151-172.
Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa. Magistra : Juenal keguruan dan ilmu pendidikan, 6(2), 101-109.
Pasaribu, D. S., Hendri, M., & Susanti, N. (2017). Upaya meningkatkan minat dan hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran talking stick pada materi listrik dinamis di kelas X SMAN 10 Muaro Jambi. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(01), 61-69.
Rusmansyah, R., Emelia, E., Winarti, A., Hamid, A., Mahdian, M., & Kusuma, A. E. (2023). Development of Interactive E-Modules of PjBL Models to Improve Understanding of Colloidal Concepts. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(4), 2173–2183.
Sagul Haratua, C., Pratiwi, A. W., Asfiyati, T., Yanti, A. L., & Kartikasari, S. M. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Project Based Learning (PJBL) Berbantuan Media Video Animasi. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(4), 799–806.
Silitonga, Pasar. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan, FMIPA, Universitas Negeri Medan:Medan.
Silitonga, P. M., (2014). Statistika. FMIPA Unimed
Sudarmo, Unggul ., & Mitayani, Nanik. (2014). Buku Kimia Siswa Kelas XI. Erlangga.
Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Suleman, N. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IPROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBASIS PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(2), 220-228.
Sulfemi, W. B. (2019). Pengaruh Kemampuan Pedagogik Guru dengan Hasil Belajar IPS. Jurnal Program Studi Administrasi Pendidikan, 18(2).
SYAPARUDDIN, S., MELDIANUS, M., & Elihami, E. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKn PESERTA DIDIK. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 1(1), 30–41. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.326
Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 1-9.
Usfa, D. R., Supmayadi, T., & Ayinurrohma, S. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Media Video Pada Pembelajaran Daring Materi Jaring-Jaring Makanan. Disampaikan Dalam Prosiding Pendidikan Guru Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Uyun, M. B. (2023). JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SAINS INDONESIA Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Peserta Didik pada Materi Sistem Koloid. 6.
Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-teori belajar dan pembelajaran. at Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 3, Issue April).
Wisman, Y., & Raya, U. P. (2020). Teori Belajar Kognitif Dan Implementasi Dalam Proses Pembelajaran. May. https://doi.org/10.37304/jikt.v11i1.88