PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI ISPRING SUITE PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK KELAS XI SMA/MA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Adawiyah, R., Isnaini, N. F., Hasanah, U., & Faridah, N. R. 2021. “Kesiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka pada Era New Normal di MI At-Tanwir Bojonegoro”. Jurnal Basicedu, 5(5), 3814-3821
Afriyanti, M., Suyatna, A., & Viyanti. (2021). Design of e-modules to stimulate HOTS on static fluid materials with the STEM approach. Journal of Physics: Conference Series, 1788(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1788/1/012032
Amelia, Devita. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta didik pada Materi Indikator Asam Basa di SMK Patriot Nusantara. Skripsi. Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.
Aprilia, I., & Suryadarma, I. G. P. (2020). E-module of mangrove ecosystem (emme): development, validation and effectiveness in improving students’ self-regulated. Biosfer, 13(1), 114–129. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.v13n1.114-129
Astra, I.M., Raihanati, R., & Mujayanah, N. (2020). Development of Electronic Model Using Creative Problem-Solving Model Equipped with HOTS Problem on The Kinetic of Gases Material. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 6(2), 181-194, https://doi.org/10.21009/1.06205
Buchori, A., & Rahmawati, N. D. (2017). Achmad & Noviana. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(4), 23-29.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktoral Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Dinna Ririn Agustina, R. P. W. (2019). Peran Pendidikan Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Era Society 5.0 Sebagai Penentu Kemajuan Bangsa Indonesia. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 7(2), 137.
Dwiningsih, K., & Asri, A. (2022). Validitas E-Modul Interaktif sebagai Media Pembelajaran Untuk Melatih Kecerdasan Visual Spasial pada Materi Ikatan Kovalen. Journal of Science Education, 6(2), 465 - 473
Fadiawati, N. (2013). Perkembangan Konsepsi Pembelajaran Tentang Struktur Atom Dari SMA Hingga Perguruan Tinggi. Perpustakaan Pendidikan Universitas Indonesia.
Fatmawati, Susilawati, & Haryati, S. (2017). “Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning pada Pokok Bahasan Struktur Atom”. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Vol. 4(2), 1–14.
Fillindity dan Y. Manopo. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Pembelajaran Kimia. Scie Map J, 1 : no. 1 : 50-54.
Helena, Y. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Menggunakan Metode Guided-Discovery pada Siswa Kelas X-4 Man 2 Padangsidimpuan Semester Ganjil Tahun 2017. Jurnal Paidagogeo, 2, 47– 59.
Ibrahim, & Subali. (2017). Pengembangan Bahan Ajar & Pengembangan Instrumen Pengukuran Pembelajaran Biologi. Workshop Pendidikan Biologi FKIP ULM.
Kemendikbud. (2022). Buku Saku Kurikulum Merdeka; Tanya Jawab. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–50.
Nafisa, D & Wardono. 2019. Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional. 854-86.
Putri, N. L. P. D., & Astawan, I. G. 2022. E-LKPD Interaktif Dengan Model Project Based Learning mAteri Bangung Ruang Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(2).
Riduwan. (2012). Dasar-Dasar Statistika. Alfabeta.
Ruku, E. C., & Rusmini, R. (2019). Development of Student Work Sheet Based on Soft Skills on Colloid Materials Class Xi High School. JCER (Journal of Chemistry Education).
Rusdi, M. (2019). Penelitian desain dan pengembangan kependidikan: Konsep, prosedur dan sintesis pengetahuan baru. Rajawali Pers
Sari, C. N., Al-Illahiyah, L. H., & Nasution, J. S. (2022). Karakteristik Perkembangan Kognitif Peserta Didik. Edu Manage, 2(2), 1–12.
Sugiyono. (2016). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.
Thiagarajan, S., Dorothy a’., A., & Melvyn I. Somme!. (1974). Instructional development for training of exceptional children: A sourcebook. Indiana University. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2
Weng, F., Ho, H.J., Yang, R.J., & Weng, C.H. (2019). The influence of learning style on leaning attitude with multimadia teaching materials. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(1), 1-9, https://doi.org/10.2933/ejmste/100389.
Yamasari, Y. (2010). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis ICT yang berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana.