PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS REACT UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA KONSEP MAKANAN DAN SISTEM PENCERNAAN

Ipat Fatmawati
Suroso Mukti Leksono
Dwi Indah Suryani


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i2.6758

Abstract


Rendahnya keterampilan proses sains siswa SMP yang kurang baik karena belum diterapkan pada situasi dunia nyata menjadi pokok bahasan dalam penelitian ini. Untuk mengatasi masalah ini, LKPD berbasis REACT dibuat untuk mengajarkan keterampilan proses sains yang berkaitan dengan konsep makanan dan sistem pencernaan dalam bentuk praktikum. Tujuan dari penelitian ini untuk menilai tingkat hasil validasi E-LKPD berbasis REACT dan untuk menilai tingkat keterbacaan produk e-LKPD berbasis REACT. Metode penelitian yang adalah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan tetapi hanya melakukan tahap 3 yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design) dan pengembangan (develop) pada uji kevalidan. Instrument yang digunakan yaitu angket validasi ahli dan angket uji keterbacaan. Analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, menurut ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi, nilai pengembangan e-LKPD berbasis REACT untuk mengajarkan keterampilan proses sains pada materi makanan dan sistem pencernaan adalah 87,35% (sangat valid), 93,18% (sangat valid), dan 92,58% (sangat valid). Selain itu, uji keterbacaan mendapatkan nilai 87,05%, yang menunjukkan validitas yang tinggi. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa LKPD berbasis REACT layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran IPA.

Keywords


E-LKPD berbasis REACT; keterampilan proses sains; konsep makanan dan sistem pencernaan

Article Metrics :

References


Andini, S. P., Leksono, S. M., & Vitasari, M. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Open Ended Problem Tema Pemanasan Global Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII. PENDIPA Journal of Science Education, 6(3), 773–782. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.3.773-782

Leksono. SM, D. Islam. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer (PBK) untuk SMA Pada Materi Amfibi.

Leksono, S. M., Syachruroji, A., & Marianingsih, P. (2015). Development of biology conservation teaching materials based on ethnopedagogy. Pengembangan Bahan Ajar Biologi Konservasi Berbasis Etnopedagogi, 45(Jurnal Kependidikan), 168–183.

Munaji, & Setiawahyu, M. (2020). Profil Kemampuan Matematika Siswa SMP Di Kota Cirebon Berdasarkan Standar TIMSS. Jurnal Uniqal Teori Dan Riset Matematika.

Nadiyah, D., Leksono, S. M., & Resti, V. D. A. (2022). Pengembangan Laboratorium Virtual Berbasis Inkuiri Terbimbing Tema Benda Di Sekitar Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII. PENDIPA Journal of Science Education, 6(3), 764–772. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.3.764-772

Okpatrioka. (2023). Research And Development (R & D) Penelitian yang Inovatif dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100.

Prasasti, P. A. T. (2012). EFEKTIVITAS SCIENTIFIC APPROACH WITH GUIDED EXPERIMENT PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MEMBERDAYAKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SEKOLAH DASAR.

Purnama, S. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab) LITERASI. Jumal Limu Pendidikan), 4(1), 19–32.

Putri, A. N., & Muhartati, E. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tanjungpinang. 3(2).

Santyasa, I. W. (2005). Belajar dan Pembelajaran.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatiif Dan R & D.

Sugiyono. (2019a). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. ALFABETA.

Sugiyono. (2019b). Metodelogi Penlitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Thiagarajan, Dorothy S, Semmel, & M. I. (1974). Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. (Cetakan Ke).