MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP LARUTAN PENYANGGA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MEDIA SWAY OFFICE KELAS XI SMA N 5 PEKANBARU

April Rose
Asmadi M. Noer
Susilawati Susilawati


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i2.6752

Abstract


Siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran sebagai akibat dari sulitnya materi pembelajaran, yang berkontribusi pada kurangnya pemahaman mereka terhadap konsep-konsep. Buku teks sering kali digunakan oleh para pendidik sebagai sumber belajar. PowerPoint adalah media yang digunakan, yang hanya terdiri dari konten tekstual singkat. Akibatnya, siswa mengalami kebosanan dan menjadi kurang terlibat dalam pembelajaran. Media berbasis website Sway Office merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk menyajikan materi secara ringkas, jelas, dan menarik. Guru dapat berinovasi dalam memfasilitasi kegiatan pembelajaran dengan bantuan media ini. Eksperimen dilakukan dengan menggunakan desain penelitian Randomised Control Group Design, dengan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diinstruksikan menggunakan media pembelajaran berkedok website Sway Office, sedangkan kelas kontrol tidak. Pemahaman konsep siswa mengenai larutan penyangga dapat ditingkatkan sebesar 7,7% melalui pemanfaatan media pembelajaran dalam bentuk web sway office. Pada kelompok eksperimen, indikator 1, 2, 4, dan 7 mengalami peningkatan yang signifikan, sedangkan indikator 3 dan 6 tidak. Indikator 5 mengalami peningkatan yang sedang. Indikator 1, 2, dan 4 pada kelas kontrol menunjukkan peningkatan pada kategori tinggi, sedangkan indikator 3 tidak. Indikator 5, 6, dan 7 mengalami peningkatan pada kategori sedang.


Keywords


pemahaman konsep; sway office; larutan penyangga

Article Metrics :

References


Agustin, M., Ibrahim, M., Kasiyun, S., & Ghufron, S. (2021). Keefektifan Penggunaan Microsoft Office Sway dalam Memengaruhi Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3250–3259. https:// doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1309

Astuti, I.A.D., & Dasmo. (2016). Upaya meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep IPA peserta didik dengan model pembelajaran problem posing. JRKPF UAD Vol.3 No.2 Oktober 2016, hal 41. http:// dx.doi.org/10.12928/jrkpf.v3i2.5143

Dahlia, C.( 2011). Analisis Kesulitan Pemahaman Materi Larutan Penyangga pada Siswa Kelas XI Reguler dan Kelas XI RSBI SMA Negeri 1 Kudus. Tesis Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. tidak dipublikasikan

Darwis, K., Dewi, A., Tati, R., & Aras, L. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Microsoft Office Sway Improving Social Studies Learning Outcomes Through the PBL Learning Model Media Assisted Microsoft Office Sway.

Depdiknas, U. N. P. (2016). Buku Panduan Pedoman Penulisan Tugas Akhit/Skripsi.

Haryati, S. (2013). Ketrampilan Mengelola Kelas Dalam Menciptakan Pembelajaran Yang Kondusif. Jurnal Ilmiah Dinamika. Vol. 25, No.2.

Majid, A. (2015). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Marhadani, Y. (2021). Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Web Sway Pada Materi Asam Basa di Kelas XI MIPA.

Murtini, J. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Dengan Media Sway Pada Materi Peta Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Ilmu Sosial 1 SMA Negeri 3 Jombang Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(1), 314–318. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2381

Nurhujaimah, R., Kartika, I. R., & Nurjaydi, M. (2016). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas XI SMA Pada Materi Larutan Penyangga Menggunakan Instrumen Tes Three Tier Multiple Choice. Jurnal Penelitian Pendidikan, 19(1), 15–28. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v19i1.36090

Nuriyah, S., Royani, M., Nabilah, T., Diftia Vestnanda, A., Fitriani, D., Ramadhan, E. B., & Prastowo, S.B. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbantuan Microsoft Sway pada Materi Ikatan Atom Untuk Pembelajaran Fisika SMA. Jurnal Penelitian Fisika dan Terapannya (Jupiter), 4(2). DOI: 10.31851/jupiter.4%i2.9709

Purnama, R. D., Mawardi & R. Fadhilah. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Kimia pada Materi Larutan Penyangga Siswa Kelas XI IPA 1 MAN 2 Pontianak. Ar-Razi Jurnal Ilmiah Vol. 4 No. 3. http ://dx.doi.org/10.29406/arz.v4i2.683

Persa. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Menggunakan Microsoft Office Sway Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Indonesia Didaktika, 1(1). https://journal. intandidaktika.com/index.php/jpid/article/view/15

Rianto, A. (2010). Pengolahan dan Analisis Data Kesehatan (Dilengkapi Uji Validitas dan Reliabilitas Serta Aplikasi Program SPSS). Yogyakarta: Nurha Medika

Purnawanto, A.T. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Ilmiah Pedagogy. Vol. 16, No.1. https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/152

Sadiman, Wasis. T, & Daryanto, J. (2019). Penggunaan Media Stick Figure Berbasis Permainan Papan Edukatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Nglegena Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria. VOL.7, No.2. https://doi.org/10.20961/ddi.v7i2.31640

Sariati, N.K, Suardana, I.N., & Wiratini, N.M. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Kelas XI Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 86-95.https://doi.org/10.23887/ jipp.v4i1.15469

Sholichah, I. W. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Sway Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Tata Surya. Dinas Pendidikan Kota Surabaya, XIX, 65–73.

Silaloho, M. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memahami Konsep Larutan Buffer pada Tingkat Makroskopis dan Mikroskopis. Jurnal Entropi Vol VIII No.1. Gorontalo. UNG.https://doi.org/10.37905/je.v8i1.1157

Sudarmoyo. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Sway Untuk Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(4).https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i4.23

Sudjana. (2014). Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset

Sumarmo. (2014). Pendekatan metakognitif untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 1(1),80-90. 10.17509/edusentris.v1i1.136

Syurdadi, Y. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP pada Materi Pokok Zat dan Wujudnya. Jurnal Ilmiah Edu Research, Vol.3 No.2 Desember 2014, hal 72-73. https://e-journal.upp.ac.id/index.php/EDU/article/view/404

Wahid,A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Istiqra’, Vol 5 No. 2. https://jurnal.umpar.ac.id/ index.php/istiqra/article/view/461/377

Yaumi, M. (2023). Media dan Teknologi Pembelajaran (S. Sirate, Ed.; 4 ed.). Kencana.