PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS INQUIRY LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN AIR DALAM MENUMBUHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SAINS SISWA SMP KELAS VII

Didi Maulana - [ https://orcid.org/0009-0008-9654-7524 ]
Suroso Mukti Leksono
Vica Dian Aprelia Resti


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i2.6745

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat validasi dan kepraktisan E-LKPD berbasis Inquiry Learning Pada Materi Pencemaran Air dalam Menumbuhkan Keterampilan Komunikasi Sains Siswa SMP kelas VII. Hal tersebut berdasarkan hasil wawancara pada salah satu sekolah di Kota Serang yaitu SMPN 14 Kota Serang, terdapat masalah yang menjadi dasar dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu keterampilan komunikasi sains yang dimiliki siswa masih tergolong rendah. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) menurut Thiagarajan (1974) yang dibatasi hanya sampai pada tahapan develop sesuai dengan kebutuhan peneliti dan menguji coba terbatas kepada siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar angket validasi ahli materi, ahli bahan ajar dan praktisi serta lembar angket respon siswa yang digunakan untuk menilai tingkat kepraktisan bahan ajar E-LKPD yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ahli materi mendapatkan persentase sebesar 78,35% dengan kategori valid, validator ahli bahan ajar mendapatkan nilai persentase sebesar 85% dengan kategori sangat valid, dan praktisi mendapatkan persentase sebesar 90,9% dengan kategori sangat valid. Serta untuk hasil dari respon siswa mendapatkan nilai persentase sebesar 72,3% dengan kategori baik, sehingga penggunaan bahan ajar E-LKPD berbasis inquiry learning pada materi pencemaran air dinilai valid dan praktis untuk digunakan oleh siswa dalam proses pembelajaran.


Keywords


E-LKPD; Bahan Ajar; Keterampilan Komunikasi Sains; Pencemaran Air

Article Metrics :

References


Alwi, Z., Ernalida, E., & Lidyawati, Y. (2020). Kepraktisan Bahan Ajar Perencanaan Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter Dan Saintifik. Fon : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 16(1), 10. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v16i1.2312

Ani, N. I., & Lazulva, L. (2020). Desain dan Uji Coba LKPD Interaktif dengan Pendekatan Scaffolding pada Materi Hidrolisis Garam. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 87. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9161

Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta). Rineka Cipta.

Arini, W., & Lovisia, E. (2019). Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Alat Pirolisis Sampah Plastik Berbasis Lingkungan Di Smp Kabupaten Musi Rawas. Journal of Natural Science Teaching, 2(2), 95–104.

Aswirna, P., Kiswanda, V., Nurhasnah, N., & Fahmi, R. (2022). Implementation of STEM E-Module with SDGs Principle to Improve Science Literacy and Environment-friendly Attitudes in Terms of Gender. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 7(1), 64–77. https://doi.org/10.15575/jtk.v7i1.16599

Fajar Hermono, F. N. H. (2018). Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jurnal Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 1(1).

Hasan Andikalan, T., Supeno, S., & Wicaksono, I. (2022). Kemampuan Inkuiri Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA Memanfaatkan Media E-LKPD. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1), 39–45. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v22i1.1271

Inayah, R., Aswirna, P., & Asrar, A. (2022). Keterampilan Komunikasi Peserta Didik. JOURNAL CERDAS MAHASISWA Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN IB Padang, 78–90.

Lailiah, I., Wardani, S., & Edi Sutanto, dan. (2021). Implementasi Guided Inquiry Berbantuan E-Lkpd Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Redoks Dan Tata Nama Senyawa Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(1), 2792–2801.

Ledya, K., Nulhakim, L., & Aprelia Resti, V. D. (2022). Pengembangan Videoscribe Tema Transportasi Si-Hijau Untuk Melatih Keterampilan Komunikasi Sains Siswa SMP Kelas VIII. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 361–370.

https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.361-370

Masruhah, G. D., Rusdianto, R., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1). https://doi.org/10.30998/sap.v7i1.12935

Ni Made Sinta Suwastini, Anak Agung Gede Agung, & I Wayan Sujana. (2022). LKPD sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Muatan IPA Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 311–320. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48304

Noprinda, C. T., & Soleh, S. M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 168–176. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4342

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar.

Putriana, A. R. (2020). Pengembangan Lkpd Berbasis Socio Scientific Issue (Ssi) Pada Pembelajaran Ipa Smp Kelas Vii. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(1), 80–89. https://doi.org/10.33578/pjr.v4i1.7919

Rahayu, P., Mulyani, S., & Miswadi, S. S. (2019). Pengembangan pembelajaran IPA terpadu dengan menggunakan model pembelajaran problem base melalui lesson study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 63–70. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i1.2015

Rokhmawati, Mahmawati, D., & Yuswandari, K. D. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Meningkatkan Mutu Pendidik). Joedu: Journal of Basic Education, 02(01), 4. https://ejournal.stitmiftahulmidad.ac.id/index.php/joedu

Sudijono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. In Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Untan. PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. In Jurnal Riset Akuntansi. Alfabeta. https://doi.org/10.34010/jra.v12i1.2600

Sukmadinata, & Nana Syaodih. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jktp

Sustiningsih, M. (2021). Efektivitas Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa SD. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(8), 1251–1258. https://doi.org/10.47387/jira.v2i8.207

Sutarningsih, N. L. (2022). Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD. 6(1), 116–123.

Tunnisa, F., Adnan, A., & Daud, F. (2022). Kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Sains. Jurnal Amal Pendidikan, 3(3), 189. https://doi.org/10.36709/japend.v3i3.23516

Yulia, I., & Risdianto, E. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Inquiry Berbantuan Simulasi Phet untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Gelombang Cahaya di Kelas XI MIPA SMAN 2 Kota Bengkulu Irma Yulia, Connie, Eko Risdianto. 1(2018), 64–70.

Zamrodah, Y. (2020). Pentingnya LKPD Pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika Muslimah. SHEs:Conference Series, 3(3), 1471–1479.