PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS JOTFORM UNTUK MELATIH KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA KELAS VII PADA TEMA MENCAIRNYA ES KRIM

Shinji Shalsabila Andien
Annisa Novianti Taufik
Liska Berlian


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i2.6733

Abstract


Penelitian ini didasari permasalahan mengenai alat evaluasi pada mata pelajaran IPA yang digunakan di SMP belum mengembangkan instrumen dengan semua indikator problem solving sehingga siswa belum dilatih pada kemampuan problem solving. Berdasarkan analisis masalah maka dikembangkanlah instrumen tes untuk melatih kemampuan problem solving siswa kelas VII tema mencairnya es krim. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat keterbacaan siswa pada instrumen tes. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang dilaksanakan sampai tiga tahap, yaitu tahap Analysis, Design, dan Development pada keterbacaan instrumen tes. Instrumen yang digunakan untuk uji keterbacaan yaitu lembar angket siswa. Subjek uji keterbacaan pada penelitian ini, yaitu 46 siswa SMP kelas VII. Analisis data secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai keseluruhan berdasarkan persentase rata-rata sebesar 86,78% dengan kategori “Sangat Valid” sehingga instrumen tes untuk melatih kemampuan problem solving siswa kelas VII tema mencairnya es krim dapat digunakan untuk alat evaluasi. Setelah produk direvisi, maka dilakukan reduksi soal yang memperoleh persentase keterbacaan sebesar 81,23% dengan kategori “Sangat Baik” sehingga produk instrumen tes telah memenuhi syarat uji keterbacaan dan dinilai layak untuk digunakan.


Keywords


Instrumen Tes; Kemampuan Problem Solving; Mencairnya Es Krim; Alat Evaluasi

Article Metrics :

References


Anjelita, R., Syamswisna, & Ariyati, E. (2018). Pembuatan Buku Saku sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Jamur Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1–8. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i7.26171

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–160.

Ermawan, M. Z. F., & Fauziah, A. N. M. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah IPA pada Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal IPA. Lentera: Multidisciplinary Studies, 1(2), 75–82. https://lentera.publikasiku.id/index.php

Fathia, A., Berlian, L., & El Islami, Z. R. A. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Tema Energi Ramah Lingkungan Pada Siswa Kelas IX. PENDIPA Journal of Science Education, 7(2), 232–240. https://doi.org/10.33369/pendipa.7.2.232-240

Hidayat, S. R., Setyadin, A. H., Hermawan, H., Kaniawati, I., Suhendi, E., Siahaan, P., & Samsudin, A. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Pemecahan Masalah pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 157–166. https://doi.org/10.21009/1.03206

Imawanty, I., & Fransiska, A. B. (2019). Optimalisasi asesmen dan evaluasi bimbingan dan konseling dengan memanfaatkan aplikasi formulir daring jotform. Asosiasi Bimbingan Dan Konseling Indonesia, April, 129–135.

Laksmi, N. L. P. A., & Suniasih, N. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Berbasis Problem Based Learning Materi Siklus Air pada Muatan IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 56. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32911

Lestari, D., Hakim. N. L., & Berlian, L. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Pada Tema Maknanku Kesehatanku. Biodik, 8(2), 81–89. https://doi.org/10.22437/bio.v8i2.17335

Maulidia, L., Nafaridah, T., Ahmad, Ratumbuysang. Monry FN, & Sari, E. M. (2023). Analisis Keterampilan Abad Ke 21 melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri 2 Bajarsari. SeminarNasional (PROSPEK II), Prospek Ii, 127–133.

Nurfauziya. N., Sjaifuddin. S., & Taufik, A. N. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Wordwall Pada Tema Siaga Bencana Untuk Siswa Kelas Viii SMP. Jurnal EKSAKTA. 8(1), 15–23.

Rahmadhani, A., & Taufik, A. N. (2024). Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Fase D pada Materi Cahaya. Jurnal Saqbe. 1(1), 26–32.

Syofyan, H., & Halim, A. (2017). Peningkatan Kemampuan berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran IPA Melalui Metode Problem Solving. Jurnal Forum Ilmiah, 14(1), 49–64. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Formil/article/view/1731

Taufik, A. N., Berlian, L., Fathia, A., & Rasyidin, E. Y. (2022). Pengembangan Instrument Tes Literasi Sains Pada Tema Yuk Makan Talas Beneng Untuk Calon Guru Ipa. Jurnal Aksioma, 11(2), 141–150. https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jax

Utami, T. P., Sjaifuddin, S., & Berlian, L. (2021). Pengembangan Soal Uraian Berbasis Indikator Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Konsep Sistem Pencernaan pada Manusia untuk Siswa Kelas VIII SMP/Mts. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 128–134. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.128-134