PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE NESTED DAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 11 SAMARINDA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Abdullah, K., dkk. 2022. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. pp. 106.
Adriyanti, A., dan Akhmad. 2023. Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Melalui E-Commerce Shopee. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial. https://doi.org/10.19184/jpe.v17i2.42375. Vol . 17. No. 2, pp. 244-245.
Ariani, dkk. 2022. Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Bandung: CV. Widina Bhakti Persada Bandung. pp. 91-92, dan 107.
Arlini, H.,dkk. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Teknik Advance Organizer. Saintifik. http://dx.doi. org/10.31605/saintifik.v3i2.163.Vol. 3. No. 2, pp. 182-189.
Armini, A. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Terpadu Tipe Nested dalam Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Induksi Matematika. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT). https://doi.org/10.251 34/jes- mat. v6i2.3044. Vol. 6. No. 2, pp. 119-120.
Cahayu, S. A., dkk. 2023. Instrument Evaluasi Non-Tes Ranah Afektif dan Psikomotorik Pembelajaran IPA Sinkronisasi Berbasis Keterampilan Abad 21 Di SMP Negeri 6 Sungai Penuh. EDU-BIO: Jurnal Pendidikan Biologi. https://doi.org/10.30631/ edubio.v6i2.53. Vol. 6. No. 2, pp. 5-6.
Efwinda, S., dkk. 2022. Pelatihan Pembuatan Poster Digital Tema Pemanasan Global dalam Melatihkan Kreativitas Siswa. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. https:// doi.org/10.31571/gervasi. v6i3.4250. Vol. 6. No. 3, pp. 757-758 dan 760.
Elijonnahdi, E., dkk. 2024. Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains. https://doi.org/ 10.31539/bioedusains.v7i1.10184 .Vol. 7. No. 1, pp. 358.
Fauhah, H., dan Brillian R. 2021. Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321-334. Vol. 9. No. 2, pp. 327-328.
Gunawan, F., dkk. 2024. Analisis Higher-Order Thinking Skills (HOTS) Siswa SMA pada Materi Sel. Journal on Education. https://doi.org/10.31004/ joe.v6i2.5219. Vol. 6. No. 2, pp. 13737-13738.
Habibah, N. K., and Allesius M. 2020. The Influence of Nested Type of Integrated Science Learning Model on Students’ Critical Thinking and Cooperation Skills. Journal of Science Education Research. http://dx.doi. org/10.21831/jser.v4i1.34239. Vol. 4. No. 1, pp. 34 and 38.
Halimah, A. N., dkk. 2023. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Nested Terhadap Tipe Keterampilan Sosial SMP N 13 Kota Bengkulu pada Materi Pencemaran Lingkungan. DIKSAINS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains. https://doi.org/ 10.33369/diksains. 3.2.84-97. Vol. 3. No. 2, pp. 85-86 dan 96.
Jannah, I. K., dkk. 2023. Analisis Tingkat Kognitif Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester I (ASAS I) IPA Berbasis Jenis Soal AKM berdasarkan Taksonomi Bloom di Kelas V SD Swasta Kota Malang. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. http://dx.doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1633. Vol. 6. No. 2, pp. 808.
Jumaisa. 2020. Model Pilihan Pembelajaran, Inquiry atau Expository?. Jurnal Ilmiah Mandala Education. http://dx.doi.org/10. 58258/jime.v6i 2.1441. Vol. 6. No. 2, pp. 342-344.
Marlina, L., dan Sholehun. 2021. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. FRASA: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. https://garuda. kemdikbud.go.id/documents/detail/3628858. Vol. 2. Vol. 1, pp. 68-72.
Maryam, M., dkk. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pijar Mipa. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1355. Vol. 15. No. 3, pp. 208.
Nasution, M. K. 2017. Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/ article/view/ 515. Vol. 11. No. 1, pp. 9.
Nurkholik, M., dan Brillian. 2020. Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri untuk Melatihkan High Order Thinking Skills Peserta Didik pada Materi Laju Reaksi Kelas XI IPA MAN 2 Gresik. Unesa Journal of Chemical Education. https://doi.org/10.26740/ujced.v9n1.p158-164. Vol. 9. No. 1, pp. 160.
Prahastuti, D. M., dkk. 2021. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Sikap Ilmiah Materi Pemanasan Global Kelas VII SMP. Discovery: Jurnal Ilmu Pengetahuan. https://doi.org/10.33752/discovery.v6i1.1350. Vol. 6. No. 1, pp. 60-61.
Pratama, S. A., dan Rita I. P. 2021. Pengaruh Penerapan Standar Operasional Prosedur dan Kompetensi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Divisi Ekspor PT. Dua Kuda Indonesia. Jurnal ilmiah m-progress. https://doi.org/10. 35968/m-pu.v11i1.600. Vol. 11. No. 1, pp. 44.
Priscylio, G., dan Sjaiful A. 2019. Integrasi Bahan Ajar IPA Menggunakan Model Robin Fogarty untuk Proses Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pijar MIPA. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i1.966. Vol. 14. No. 1, pp. 1 dan 5.
Raharja, A. T., dkk. 2018. Efektivitas Penggunaan Macromedia Flash 8 Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Penyakit Menular Seksual di SMA Negeri 1 Loa Kulu. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. http://dx.doi.org/ 10.21831/jpji.v14i2.23885. Vol. 14. No. 2, pp. 84-91.
Rahayu, U., et al. 2024. Exploring of Inquiry Skills of Teacher Students: Biology, Physics, and Elementary School Teacher Education. European Journal of Education and Pedagogy. https://doi.org/10.24018/ ejedu. 2024.5.1.775. Vol. 5. No. 1, pp. 49.
Ridho’i, M. 2022. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Miftahul Ulum Pandanwangi. JURNAL e-DuMath. https://doi.org/10.52657/ je.v8i2.1809.Vol. 8. No. 2, pp. 119.
Ropii, M. dan Fahrurrozi. 2017. Evaluasi Hasil Belajar. NTB: Universitas Hamzanwadi Press. pp, 27.
Sayekti, E., dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Sains Berbantuan Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. https://dx.doi.org/ 10.17977/jptpp. v2i4.8876. Vol. 2. No. 4, pp. 551
Syahfitri, J., dkk. 2019. Pengujian Validitas dan Praktikalitas Tes Disposisi Berpikir Kritis Dalam Biologi (Tdbkb). Jurnal Pendidikan Sains (Jps). http://dx.doi.org/ 10.26714/jps.7.1.2019.30-35. Vol. 7. No. 1, pp. 30-31.
Taneo, D. 2021. Pengaruh Pembelajaran E-Learning Terhadap Efektifitas Guru Mata Pelajaran Di SMTK Kota Kupang. Discreet: Journal Didache of Christian Education. https://doi.org/ 10.52960/jd.v1i2.66.Vol. 1. No. 2, pp. 94-95.
Widada, W. 2016. Sintaks Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Perkembangan Kognitif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. https:// doi.org/ 10.33369/jpmr.v1i2.4007.Vol. 1. No. 2, pp. 165.