PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE NESTED DAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 11 SAMARINDA

Muhammad Syafa'at Abdullah
Akhmad Akhmad
Elsje Theodora Maasawet
Dora Dayu Rahma Turista


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i2.6728

Abstract


Siswa kelas X di SMA Negeri 11 Samarinda mempunyai permasalahan ialah pasif saat kegiatan pembelajaran berlangsung dan hasil belajar yang rendah pada saat tidak menggunakan model pembelajaran yang cenderung berfokus dalam kegiatan pelajar. Kemudian, untuk penggunaan model pembelajaran yang dipakai oleh pengajar disekolah itu ialah model rolling play, discovery learning, praktikum, ceramah dan diskusi. Penelitian ini bertujuan dalam menelaah pengaruh model pembelajaran tipe nested, mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri, serta pengaruh kombinasi model tipe nested dan inkuiri atas hasil pembelajaran siswa kelas X pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 11 Samarinda. Jenis penelitian yang dipakai oleh peneliti yakni quasi-experimental design yang juga melalui pretest-posttest control group design, sampel penelitian diambil melalui teknik purposive sampling. Hasil analisis data pada ANACOVA menunjukkan memiliki taraf signifikansi (p) (Sig.) sejumlah 0,000 < 0,05. Sehingga, mampu ditari kesimpulan bahwasanya terdapat pengaruh model pembelajaran nested, inkuiri, serta pengaruh kombinasi model pembelajaran tipe nested dan inkuiri atas hasil pembelajaran siswa kelas X di mata pelajaran biologi di SMA Negeri 11 Samarinda. 

Keywords


Model Pembelajaran; Hasil Belajar; Tipe Nested; Inkuiri

Article Metrics :

References


Abdullah, K., dkk. 2022. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. pp. 106.

Adriyanti, A., dan Akhmad. 2023. Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Melalui E-Commerce Shopee. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial. https://doi.org/10.19184/jpe.v17i2.42375. Vol . 17. No. 2, pp. 244-245.

Ariani, dkk. 2022. Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Bandung: CV. Widina Bhakti Persada Bandung. pp. 91-92, dan 107.

Arlini, H.,dkk. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Teknik Advance Organizer. Saintifik. http://dx.doi. org/10.31605/saintifik.v3i2.163.Vol. 3. No. 2, pp. 182-189.

Armini, A. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Terpadu Tipe Nested dalam Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Induksi Matematika. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT). https://doi.org/10.251 34/jes- mat. v6i2.3044. Vol. 6. No. 2, pp. 119-120.

Cahayu, S. A., dkk. 2023. Instrument Evaluasi Non-Tes Ranah Afektif dan Psikomotorik Pembelajaran IPA Sinkronisasi Berbasis Keterampilan Abad 21 Di SMP Negeri 6 Sungai Penuh. EDU-BIO: Jurnal Pendidikan Biologi. https://doi.org/10.30631/ edubio.v6i2.53. Vol. 6. No. 2, pp. 5-6.

Efwinda, S., dkk. 2022. Pelatihan Pembuatan Poster Digital Tema Pemanasan Global dalam Melatihkan Kreativitas Siswa. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. https:// doi.org/10.31571/gervasi. v6i3.4250. Vol. 6. No. 3, pp. 757-758 dan 760.

Elijonnahdi, E., dkk. 2024. Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains. https://doi.org/ 10.31539/bioedusains.v7i1.10184 .Vol. 7. No. 1, pp. 358.

Fauhah, H., dan Brillian R. 2021. Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321-334. Vol. 9. No. 2, pp. 327-328.

Gunawan, F., dkk. 2024. Analisis Higher-Order Thinking Skills (HOTS) Siswa SMA pada Materi Sel. Journal on Education. https://doi.org/10.31004/ joe.v6i2.5219. Vol. 6. No. 2, pp. 13737-13738.

Habibah, N. K., and Allesius M. 2020. The Influence of Nested Type of Integrated Science Learning Model on Students’ Critical Thinking and Cooperation Skills. Journal of Science Education Research. http://dx.doi. org/10.21831/jser.v4i1.34239. Vol. 4. No. 1, pp. 34 and 38.

Halimah, A. N., dkk. 2023. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Nested Terhadap Tipe Keterampilan Sosial SMP N 13 Kota Bengkulu pada Materi Pencemaran Lingkungan. DIKSAINS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains. https://doi.org/ 10.33369/diksains. 3.2.84-97. Vol. 3. No. 2, pp. 85-86 dan 96.

Jannah, I. K., dkk. 2023. Analisis Tingkat Kognitif Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester I (ASAS I) IPA Berbasis Jenis Soal AKM berdasarkan Taksonomi Bloom di Kelas V SD Swasta Kota Malang. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. http://dx.doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1633. Vol. 6. No. 2, pp. 808.

Jumaisa. 2020. Model Pilihan Pembelajaran, Inquiry atau Expository?. Jurnal Ilmiah Mandala Education. http://dx.doi.org/10. 58258/jime.v6i 2.1441. Vol. 6. No. 2, pp. 342-344.

Marlina, L., dan Sholehun. 2021. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. FRASA: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. https://garuda. kemdikbud.go.id/documents/detail/3628858. Vol. 2. Vol. 1, pp. 68-72.

Maryam, M., dkk. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pijar Mipa. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1355. Vol. 15. No. 3, pp. 208.

Nasution, M. K. 2017. Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/ article/view/ 515. Vol. 11. No. 1, pp. 9.

Nurkholik, M., dan Brillian. 2020. Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri untuk Melatihkan High Order Thinking Skills Peserta Didik pada Materi Laju Reaksi Kelas XI IPA MAN 2 Gresik. Unesa Journal of Chemical Education. https://doi.org/10.26740/ujced.v9n1.p158-164. Vol. 9. No. 1, pp. 160.

Prahastuti, D. M., dkk. 2021. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Sikap Ilmiah Materi Pemanasan Global Kelas VII SMP. Discovery: Jurnal Ilmu Pengetahuan. https://doi.org/10.33752/discovery.v6i1.1350. Vol. 6. No. 1, pp. 60-61.

Pratama, S. A., dan Rita I. P. 2021. Pengaruh Penerapan Standar Operasional Prosedur dan Kompetensi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Divisi Ekspor PT. Dua Kuda Indonesia. Jurnal ilmiah m-progress. https://doi.org/10. 35968/m-pu.v11i1.600. Vol. 11. No. 1, pp. 44.

Priscylio, G., dan Sjaiful A. 2019. Integrasi Bahan Ajar IPA Menggunakan Model Robin Fogarty untuk Proses Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pijar MIPA. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i1.966. Vol. 14. No. 1, pp. 1 dan 5.

Raharja, A. T., dkk. 2018. Efektivitas Penggunaan Macromedia Flash 8 Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Penyakit Menular Seksual di SMA Negeri 1 Loa Kulu. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. http://dx.doi.org/ 10.21831/jpji.v14i2.23885. Vol. 14. No. 2, pp. 84-91.

Rahayu, U., et al. 2024. Exploring of Inquiry Skills of Teacher Students: Biology, Physics, and Elementary School Teacher Education. European Journal of Education and Pedagogy. https://doi.org/10.24018/ ejedu. 2024.5.1.775. Vol. 5. No. 1, pp. 49.

Ridho’i, M. 2022. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Miftahul Ulum Pandanwangi. JURNAL e-DuMath. https://doi.org/10.52657/ je.v8i2.1809.Vol. 8. No. 2, pp. 119.

Ropii, M. dan Fahrurrozi. 2017. Evaluasi Hasil Belajar. NTB: Universitas Hamzanwadi Press. pp, 27.

Sayekti, E., dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Sains Berbantuan Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. https://dx.doi.org/ 10.17977/jptpp. v2i4.8876. Vol. 2. No. 4, pp. 551

Syahfitri, J., dkk. 2019. Pengujian Validitas dan Praktikalitas Tes Disposisi Berpikir Kritis Dalam Biologi (Tdbkb). Jurnal Pendidikan Sains (Jps). http://dx.doi.org/ 10.26714/jps.7.1.2019.30-35. Vol. 7. No. 1, pp. 30-31.

Taneo, D. 2021. Pengaruh Pembelajaran E-Learning Terhadap Efektifitas Guru Mata Pelajaran Di SMTK Kota Kupang. Discreet: Journal Didache of Christian Education. https://doi.org/ 10.52960/jd.v1i2.66.Vol. 1. No. 2, pp. 94-95.

Widada, W. 2016. Sintaks Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Perkembangan Kognitif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. https:// doi.org/ 10.33369/jpmr.v1i2.4007.Vol. 1. No. 2, pp. 165.