PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA
Abstract
Penggunaan model pembelajaran yang sesuai dapat merangsang aktivitas belajar, memperkaya pengalaman belajar peserta didik, meningkatkan pemahaman konsep, serta memudahkan pemahaman peserta dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar dapat ditingkatkan. Kesulitan peserta didik dalam memahami konsep kimia terkait dengan pemahaman konsep yang mereka miliki. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki aktivitas belajar dan pemahaman konsep peserta didik kelas XI Engineering 2 SMAN 5 Pekanbaru melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning pada materi larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, pada setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan , dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI Engineering 2 SMAN 5 Pekanbaru tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 36 orang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep peserta didik pada materi larutan penyangga. Pada siklus I persentase aktivitas belajar peserta didik sebesar 57,09 % dan meningkat pada siklus II menjadi 74,04 %. Selanjutnya, pemahaman konsep pada siklus I sebesar 61,11 % dan meningkat pada siklus II menjadi 88,89 %.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Ahmad, K., & Nurma, S. (2020). Penerapan Metode Small Group Discussion Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Civicus, 8(1), 30-35.
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka cipta.
Asmoro, D. F. (2022). Pemanfaatan Strategi Pembelajaran Student Center Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas XI IIS 5 MAN 4 Jombang. Learning: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 238-245.
H. Darmadi. 2017. Penerapan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish
Hadiat, H. (2024). Metode Pembelajaran Inovatif Kurikulum Merdeka: Integrasinya Dengan Keterampilan Abad-21. TA'DIB: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 236-253.
Hidayat, U. S. (2016). Model-Model Pembelajaran Efektif. Bina Mulia Publishing.
Khasinah, S. (2021). Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan dan Kelemahan. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402-413.
Masdariah, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI IPA 2 SMAN 11 Luwu Utara (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Nalowati, E. (2023). Penerapan Teknik Talking Chips Dalam Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Pemahaman Konsep Pada Peserta Didik. Secondary: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 3(4), 251-258.
Noviyanti, R. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Aktivitas Siswa Kelas VIII B Mata Pelajaran Matematika SMP Negeri 2 Sampung Pada Materi Operasi Aljabar (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammdiyah Ponorogo).
Rahmah, E. M., Dewi, S. A., Hafizhah, Z., & Mulyanti, S. (2023, January). Analisis Model Pembelajaran Terhadap Pemahaman Dan Hasil Belajar Dalam Materi Asam Basa. In Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia (Vol. 1, pp. 20-25).
Rasam, F., & Sari, A. I. C. (2018). Peran kreativitas guru dalam penggunaan media belajar dan minat belajar dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik SMK di Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education, 5(1), 95-113.
Rosarina, G., & Sudrajat, A. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Wujud Benda. JESA-Jurnal Edukasi, 1(1), 371–380.
Saâ, H. (2018). Manajemen mutu pendidikan dalam meningkatkan sumber daya manusia. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 1(2), 183-204.
Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan. Bandung; Kencana Prenada Media Group.
Sardiman, (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta; PT Raja Grafindo Persada
Subagiyo, S. (2019). Penerapan Model Blended Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Termokimia Siswa. Journal Education of Chemistry, 1(1): 1-8.
Suyadi. (2010). Panduan Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta; Diva Press
Sukriana, A. (2021). Penerapan Discovery Learning Melalui Media Animasi Pada Materi Ikatan Kimia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Parepare. Jurnal Al-Ibrah, 10(1), 71-97.
Susilowati (2018). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Edunomika, 02(01), 36–46.