ANALISIS KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN JURNAL REFLEKTIF PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMP NEGERI 27 SAMARINDA

Riska Nanda Putri
Makrina Tindangen
Elsje Theodora Maasawet
Vandalita Maria Magdalena Rambitan


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i2.6692

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan signifikan dalam kemampuan metakognitif siswa sebelum dan setelah penerapan jurnal reflektif dalam pembelajaran Biologi di SMP Negeri 27 Samarinda. Studi ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan Desain One Groups Pretest-Posttest Control. Pengambilan sampel dilakukan secara acak di kelas VII, sementara data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan Uji Wilcoxon Signed Rank. Hasilnya menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam kemampuan metakognitif siswa sebelum dan setelah menggunakan jurnal reflektif, dengan nilai p sebesar 0,000 yang mendukung hipotesis penelitian. Hal ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan metakognitif siswa setelah penerapan jurnal reflektif dalam pembelajaran Biologi. Temuan ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam memahami efektivitas jurnal reflektif sebagai alat untuk meningkatkan kemampuan metakognitif siswa dalam proses pembelajaran biologi di tingkat SMP.


Keywords


Jurnal Reflektif; Kemampuan Metakognitif; Pembelajaran Biologi; Uji Wilcoxon Signed Rank Test

Article Metrics :

References


Asep, Saepul Hamdi., dan E. Bahruddin. (2014). Metopel Penelitian Kuantitatif: Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Aswadi, R., dkk. (2018). Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa pada Pembelajaran Fisika Menggunakan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 44. https://doi.org/10.36706/jipf.v5i1.5458

Azizah, N., dan Heffi, A. (2021). Seperti Apa Permasalahan Pembelajaran Biologi pada Siswa SMA. Jurnal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 389. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.38073

Dhani, T. (2019). Jurnal Refleksi sebagai Penuntun Siswa dalam Menemukan Makna pada Mata Pelajaran Kimia (Doctoral dissertation, Universitas Pelita Harapan). Hal 53. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6076

Faizin, K. (2018). Pemanfaatan Jurnal Refleksi Sebagai Strategi Metakognitif Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 21(1), 35.https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i4

Febdhizawati, E. H., dkk. (2021). Analisis Kemampuan Metakognitif Siswa Dalam Pembecahan Masalah Matematika Materi Program Linear Ditinjau Dari Gaya Belajar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 52. https://doi.org/10.29300/equation.v4i2.4229

Irhamni, I. (2019). Prinsip-Prinsip Dan Pendekatan Dalam Penilaian Hasil Belajar. Intelektualita, 5(1). http://dx.doi.org/10.22373/ji.v5i1.4361

Kamaliyah, A., dkk. (2022). Analisis Kemampuan Metakognitis Siswa SMP Pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Natural Science Educational Research, 4(3), 259. https://doi.org/10.21107/nser.v4i3.9064

Kasmadi, Nia., dan Siti, Sunariah. (2013). Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Kainde, E. W. (2019). Jurnal refleksi sebagai penuntun siswa dalam menemukan makna pada mata pelajaran kimia (Doctoral dissertation, Universitas Pelita Harapan). Hal 53. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6076

Keliat, R. N., Susilo, H., & Sri Hastuti, U. (2021). Metacognitive Awareness Profile of Students in Indonesia: Initial Study on the Development of Biology Learning Models to Support Improvement of Metacognitive Skills. Hong Kong Journal of Social Sciences, 460. http://hkjoss.com/index.php/journal/article/view/417

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 34. https://doi.org/10.31764/historis.v6i1.4075

Listiani, N.M. (2017). Pengaruh Kreativitas dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Pemasaran pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 2(2), 263.https://doi.org/10.267 40/jepk.v2n2.p263-275

Magdalena, I., dkk. 2021. Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar SDN Meruya Selatan 06 Pagi. Jurnal Edukasi Dan Sains, Vol. 3, No. 2, hal 315. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/download/1373/958

Muhlisin, A., dkk. (2018). The Effectiveness of RMS Learning Model in Improving Metacognitive Skills on Science Basic Concepts. Journal of Turkish Science Education, 15(4), 14.https://www.tused.org/index.php/tused/article/view/246

Prawiyogi, A.G., dkk. (2021). Penggunaan Media Big Book Untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 449. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787

Qomarudin, A. (2021). Aktivitas pembelajaran sebagai suatu sistem. Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 29-32. https://doi.org/10.32478/pi wulang.v4i1.774

Rinaldi. (2017). Kesadaran Metakogitif. Jurnal RAP UNP, 8(1), 80-81. https://doi.org/10.24036/rapun.v8i1.7954

Saputra, N. N., & Andriyani, R. (2018). Analisis kemampuan metakognitif siswa SMA dalam proses pemecahan masalah. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 7(3), 474-475.https://doi.org/10 .24127/ajpm.v7i3.1403

Schraw, G., & Dennison, R. S. (2014). Assessing Metacognitive Awareness. Contemporary Educational Psychology, 19(4), 460. https://doi.org/10.1006/ceps.1994.1033

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susiloningsih, W. (2018). Respon Mahasiswa dalam Penerapan Strategi Jurnal Refleksi Mahasiswa. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 56. https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p55-63

Ubabuddin. (2019). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. IAIS Sambas, 1(1), 21. https://doi.org/10.37567/jie.v5i1.53

Wahdah, N. F., dkk. (2016). Jurnal Belajar Sebagai Sarana Pengembangan Kemampuan Metakognisi Siswa. J.Pijar MIPA, 11(1), 73. https://doi.org/10.29303/jpm.v11i1.65

Wardana, R. W., Prihatini, A., & Hidayat, M. (2021). Identifikasi kesadaran metakognitif peserta didik dalam pembelajaran fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 8. https://doi.org/10.33369 /pendipa.5.1.1-9