PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DAN PBL BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMAN 9 SAMARINDA
Abstract
Siswa SMA Negeri 9 Samarinda memiliki pemahaman yang rendah terhadap mata pelajaran biologi, ditinjau pada rerata ulangan harian siswa di bawah KKM yakni 75. Hal tersebut disebabkan beberapa faktor yaitu kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran, penggunaan media serta model pembelajaran yang tidak interaktif alhasil siswa merasa bosan dan susah fokus dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing dan Problem Based Learning berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar biologi siswa SMAN 9 Samarinda. Jenis penelitian ini ialah deskriptif kuantitatif dengan metode quasi eksperimen berdesain pretest-posstest control group desain. Teknik pengambilan sampelnya melalui teknik purposive sampling. Setelah diperoleh data dilanjutkan dengan analisis data melalui uji N-Gain serta uji Independent Sample T-Test. Setelah diperoleh data, dilanjutkan analisis menggunakan uji N-Gain menunjukkan skor N-Gain kelas eksperimen 0,74 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol 0,62 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran snowball throwing dan problem based learning (PBL) berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 9 Samarinda.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Abdullah, R. 2016. Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal. 4 (1): 35.
Agusti, N.M., & Aslam. 2022. Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 6 (4): 5792
Andrasari, A. N., Haryanti, Y. D., & Yanto, A. 2022. Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Kinemaster Bagi Guru SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. 4: 76-77
Arwudarachmanm, D., Setiadarma, W., & Marsudi. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Menggambar Bentuk Siswa Kelas XI. Jurnal Pendidikan Seni Rupa. 3 (3): 238.
Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Djonomiarjo, Triono. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal AKSARA. Vol. 05 No. 01, pp. 40.
Fathurrohman, M. 2017. Model-Model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Jogjakarta: AR-Ruzz Media
Gabriela, N. D. P. 2021. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 2 No. 1, pp. 105.
Hanafy, M. S. 2014. Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan. Vol. 17 No. 1, pp. 74.
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi. Vol 3 No. 2, pp. 7
Irwawahyuni, S., Pratiwi, Pujiastuti., & Aninditya, S., N. 2021. The Effect of Snowball Throwing Cooperative Learning Model on Student Learning Outcomes. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan. Vol. 13 No. 2, pp. 1996.
Jalinus, N., & Ambiyar. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. Kencana: Jakarta.
Kurrniati, S. 2022. Pembelajaran LBS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jawa Tengah: Penerbit NEM
Lestari, D. I., Halimatusha’diah & Fibria, A. 2018. Penggunaan Media Audio, Visual, dan Audiovisual Dalam Meningkatkan Pembelajaran Kepada Guru-Guru. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat. Vol. 1 No. 1, pp. 56.
Marlina. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran SD/MI. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini
Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. 2019. Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Vol 1 No. 1, pp. 928
Masruroh, I. 2019. Pengaruh Model Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Bioedusiana. Vol. 04 No. 2, pp. 107.
Nabillah, T & Abadi, A. P. 2019. Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019. pp. 659-663.
Paramita, N. P., dkk. 2021. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia. 11 (1): 10-19.
Rahmat, Ewo. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan. 18 (2): 146.
Rosidah, Ani. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas. 3 (2): 31.
Salsabila I, U. H., dkk. 2020. Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. Journal on Education. 3 (1): 106.
Saputeri, D., & Muhsinah, A. 2024. Kombinasi Model Problem Based Learning, Snowball Throwing Terintegrasi STEM Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Edukatif. 6 (2): 1175
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Nurfadillah, Didin, F., & Fatahullah, F. 2021. Penerapan Media Pembelajaran Domino Karakter dengan Teknik Shadow Teacher dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Autisme pada Materi Operasi Hitung di Masa Pembelajaran Jarak Jauh. 8 (2): 15
Yogaswara, S.H., Arief, M.V., Saiful., A., & Yudho, R. 2019. Analisis Perbandingan Metode Problem Based Learning dan Problem Solving untuk
Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif. Didaktik. 5(2): 227.