PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMPN 1 SUWAWA MATERI PESAWAT SEDERHANA

Pratiwi Pakaya
Dewi Diana Paramata
Trisnawaty Junus Buhungo


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i2.6669

Abstract


Studi ini bertujuan untuk menentukan bagaimana model pembelajaran inkuiri terbimbing berdampak pada prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Suwawa. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-eksperiment. Penelitian inii melibatkan semua peserta didik di kelas VIII SMPN 1 Suwawa, totalnya 107 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan alat hasil belajar. Data dikumpulkan melalui essay yang terdiri dari sepuluh nomor soal. Hasil analisis data penelitian ini adalah uji t test. Hasil analisis hasil belajar siswa menunjukkan H0 diterima dan Haditolak, dengan thitung = 5,761 dan ttabel = 0,021. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki dampak terhadap kinerja siswa di SMPN 1 Suwawa.


Keywords


Model Inkuiri Terbimbing; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Anam, K. (2015). Pembelajaran Berbasis Inkuiri, Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Fatmawati, Supartin, & Citron. (2022) The Effect of Discovery Learning Based on Blended Learning on Student Learning Outcomes at SMA Negeri 1 Boliyohuto. JPFT, Vol 8. No 2.

Hayati, Sri. 2017. “Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Jakarta, Graha Cendekia.

Ibadullah Malawi & Ani Kadarwati, Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi) (Magetan: CV. AE grafika, 2017), hal. 96

Iswatun, I., mosik, M.,& Subali, B. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan KPS Dan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Inovasi Pendidikan IPa, 3 (2), 150-160

Inayati Iin (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa KelasIV Materi Bagian Tumbuhan. Jurnal Kependidikan Dasar, Vol.7. pp. 59-72. ISSN p-ISSN: 2407-3571, e-ISSN:2654-4245

Jufri Wahab, (2017) “Belajar dan Pembelajaran SAINS: Modal Dasar Menjadi Guru Profesional. Bandung: Penerbit Pustaka Reka Cipta

Purnawati Liza, dkk (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Macam-Macam Gaya. Journal for Lesson and Learning Studies Vol. 2 No 1.

Sinar. (2018). Metode Aktif Learning. Yogyakarta: Deepublish

Sugiyono, (2017) Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.

Tri Imelda, (2022) “Meningkatkan