PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMPN 1 SUWAWA MATERI PESAWAT SEDERHANA

Pratiwi Pakaya, Dewi Diana Paramata, Trisnawaty Junus Buhungo

Abstract


Studi ini bertujuan untuk menentukan bagaimana model pembelajaran inkuiri terbimbing berdampak pada prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Suwawa. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-eksperiment. Penelitian inii melibatkan semua peserta didik di kelas VIII SMPN 1 Suwawa, totalnya 107 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan alat hasil belajar. Data dikumpulkan melalui essay yang terdiri dari sepuluh nomor soal. Hasil analisis data penelitian ini adalah uji t test. Hasil analisis hasil belajar siswa menunjukkan H0 diterima dan Haditolak, dengan thitung = 5,761 dan ttabel = 0,021. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki dampak terhadap kinerja siswa di SMPN 1 Suwawa.


Keywords


Model Inkuiri Terbimbing; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Anam, K. (2015). Pembelajaran Berbasis Inkuiri, Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Fatmawati, Supartin, & Citron. (2022) The Effect of Discovery Learning Based on Blended Learning on Student Learning Outcomes at SMA Negeri 1 Boliyohuto. JPFT, Vol 8. No 2.

Hayati, Sri. 2017. “Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Jakarta, Graha Cendekia.

Ibadullah Malawi & Ani Kadarwati, Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi) (Magetan: CV. AE grafika, 2017), hal. 96

Iswatun, I., mosik, M.,& Subali, B. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan KPS Dan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Inovasi Pendidikan IPa, 3 (2), 150-160

Inayati Iin (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa KelasIV Materi Bagian Tumbuhan. Jurnal Kependidikan Dasar, Vol.7. pp. 59-72. ISSN p-ISSN: 2407-3571, e-ISSN:2654-4245

Jufri Wahab, (2017) “Belajar dan Pembelajaran SAINS: Modal Dasar Menjadi Guru Profesional. Bandung: Penerbit Pustaka Reka Cipta

Purnawati Liza, dkk (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Macam-Macam Gaya. Journal for Lesson and Learning Studies Vol. 2 No 1.

Sinar. (2018). Metode Aktif Learning. Yogyakarta: Deepublish

Sugiyono, (2017) Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.

Tri Imelda, (2022) “Meningkatkan




DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i2.6669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.