PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI KELAS VII PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA

Fadilah Pakaya
Muhamad Yusuf
Dewi Diana Paramata
Asri Arbie
Trisnawaty Junus Buhungo
Ritin Uloli


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i2.6659

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran berbasis proyek mempengaruhi kemampuan siswa untuk berpikir kreatif. jenis quasi experiment dugunakan dalam penelitian ini dengan desain Nonequivalent (Pretest dan Posttest) Control Group Design. Jumlah sampel sebanyak 34 siswa. Berdasarkan indikator berpikir kreatif, kelas eksperimen posttest memiliki indikator fluency sebesar 88,97%, flexibility sebesar 79,41%, dan originality sebesar 69,12%. Teknik pengumpulan data beberapa uji dilakukan yaitu normalitas, homogenitas, uji N-gain dan uji t independen. Hasil uji t independen diperoleh dengan nilai signifikansi 0.00 pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, hal ini membuktikan bahwasanya hasil signifikansi t < 0.05 dan di peroleh t hitung (9.739824) > t tabel (1.7396) . Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwasanya rata-rata populasi kedua sampel secara statistik signifikan berbeda.


Keywords


Berpikir Kreatif; PjBL

Article Metrics :

References


Azizah, S. Z. N., Martini, & Purnomo, A. R. (2022). Analisis Penggunaan Google Classroom pada Aspek Keaktifan Siswa SMP Kelas VII. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 10(1), 86– 93. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa

Alik, I. P., Paramata, D. D., & Supartin. (2023). Analisis Kepraktisan Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning Berbantuan Media Ispring Suite pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(1), 46–53. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.821

Bistari, B. (2018). Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif. In Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan (Vol. 1, Issue 2, p.13). https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v1i2.25082

Elisabet, Asran, M., & Kresnadi, H. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Menggunakan Metode Kerja Kelompok Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(3), 5–24.

Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Peran Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Studi Kasus Di Tk Muslimat Nu Maslakul Huda. Jurnal Reforma, 8(1), 173. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24. Bandung : Alfabeta.

Supartin, Paramata, D. D., Iskandar, A., Jahja, M., Yusuf, M., & Setiawan, D. G. E. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Suhu dan perubahannya. Educatio, 17(1), 31–40. https://doi.org/10.29408/edc.v17i1.5316

Taufik Nur Rahmadi,dkk.(2016). Pengaruh Penerapan Metode Probing-Prompting pada Pembelajaran IPA SMP Kelas VII Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 5.

Tembang, Y., Harmawati, D., & Rahajaan, J. P. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 230. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17643

Uloli, R., Probowo, & Prastowo, T. (2016). Kajian Konseptual Proses Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah. Seminar Nasional Pendidikan Dan Saintek, 644–647.

Qomariyah, D. N., & Subekti, H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif: Studi Eksplorasi Siswa di SMPN 62 Surabaya. PENSA E-JURNAL: Pendidikan Sains, 9(2), 242– 246. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index

Winangun, I. M. A. (2022). Analisis Problematika Proses Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 37. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2294

Yunita Didja PSD, M. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Di Sd Negeri Monggang Bantul 79 Improving Science Learning Outcomes Through the Guided Inquiry Model in Sd Negeri Monggang Sewon Bantul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Yunus, I. A., Yunginger, R., Mursalin, M., Paramata, D. D., Setiawan, D. G. E., & Odja, A. H. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Crosword Puzzle Dengan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Gelombang Bunyi Di SMAN 1 Boliyohuto. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 7(2), 210–217. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i2.3263

Yusuf, A., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard IPA SMP Materi Tata Surya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 69–80. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPSI/article/view/33181