PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MINI RISET BERBANTUAN APLIKASI FACEBOOK TEMA BENCANA ALAM UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kurang mampunya pembelajaran secara online (daring) untuk menumbuhkan keterampilan proses sains (KPS) peserta didik yang menjadi sebuah keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran IPA. Beberapa hal yang menjadi penyebab rendahnya keterampilan proses sains, salah satunya seperti: pada saat kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring lebih banyak menggunakan metode ceramah dibandingkan metode lainnya. Berdasarkan analisis masalah maka dikembangkanlah perangkat pembelajaran berbasis proyek mini riset dengan berbantuan aplikasi facebook tema bencana alam untuk menumbuhkan keterampilan proses sains peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan perangkat pembelajaran Model penelitian yang digunakan adalah Research and Development atau model penelitian pengembangan Thiagarajan dengan empat tahap pengembangan. Akan tetapi pada penelitian ini hanya menggunakan tiga tahap, yaitu tahap Define, Design, dan Develop. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data, yaitu instrumen wawancara, dan lembar angket validasi. Data dari hasil validasi menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh dari validator ahli perangkat pembelajaran dan ahli media mendapatkan rata-rata nilai 89,21% yang masuk kategori “sangat valid”. Dari nilai tersebut didapatkan kesimpulan bahwa perangkat pembelajaran berbasis proyek mini riset berbantuan aplikasi facebook untuk menumbuhkan keterampilan proses sains (KPS) bisa dilanjutkan ketahap penelitian berikutnya, yaitu kegiatan uji coba.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Akbar, Sa’dun, 2013, Instrumen Perangkat Pembelajaran, PT Remaja Rosdakarya. Bandung
Andriani, S., Hidayat, S., & Indawan, I. (2021). Kinerja Guru dalam Menyiapkan dan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 457–471. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2849
Asnidar, A. (2019). SEMIOTIK LAMBANG EMOJI PADA STATUS DAN KOMENTAR FACEBOOK MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA.
Danial Muhammad, & Sanusi Wahidah. (2020). PROSIDING SEMINAR NASIONAL Penyusunan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis investigasi bagi guru Sekolah Dasar Negeri Parangtambung II Kota Makassar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Dimyati & Mudjiono 2002, Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta
Dinda, D., Ambarita, A., Herpratiwi, H., & Nurhanurawati, N. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis PBL Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3712–3722. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1439
Firdaus, N. N., & Subekti, H. (2021). PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA MICROSOFT TEAMS. PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS, 9, 297–303. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa
Gasila, Y., Fadillah, S., & Wahyudi. (2019). ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL IPA DI SMP NEGERI KOTA PONTIANAK. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 06, 14–22. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/10399/5086
Leksono Suroso Mukti, Dini Shabrina Nur, & Ekanara Bambang. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN PROYEK MINI RISET TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS PERMASALAHAN KONSERVASI LINGKUNGAN. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 15(1), 70–77.
Masithussyifa R Kur’aini, Ibrahim Muslimin, & Ducha Nur. (2012). PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERORIENTASI KETERAMPILAN PROSES PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERNAPASAN MANUSIA. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016. https://peraturan.bpk.go.id/Details/224242/permendikbud-no-22-tahun-2016
Munasaroh, S. A. (2021). BUDAYA KOMUNIKASI PADA PENGGUNA MEDIA SOSIAL FACEBOOK DI ERA NEW MEDIA. Jurna Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 82–96.
Nabila, F., Rahmawati, A., Arahman, A., Nahampun, D. Y., Sagala, V. M., & Hadi, W. (2024). ANALISIS KESALAHAN PENULISAN BAHASA SESUAI EYD PADA MAKALAH MAHASISWA BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. In Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner (Vol. 8, Issue 5).
Pambudi, G. D. (2018). ANALISIS KESESUAIAN MATERI BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS VIII TERHADAP KI & KD KURIKULUM 2013.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Budi Santoso, P., Mayesti Wijayanti, L., Chi Hyun, C., & Setyowati Putri, R. (2020). UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH ENREKANG Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1588256
Rizki Dwi Agustinah Alina, Istiningsih Siti, & Setiawan Heri. (2021). PENGEMBANGAN LKPD ONLINE BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK KELAS III SDN 9 MATARAM. RenjanaPendidikanDasar, 1(4), 312–322.
Rofiah, N. H. (2014). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KIT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DASARIPADIMI/SD.
Suciati, R., & Astuti, Y. (2019). ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI. EDUSAINS, 8(2), 192–200. https://doi.org/10.15408/es.v8i2.4059
Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta. Bandung
Syamsurizal, Epinur, & Marzelina Devi. (2014). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) NON EKSPERIMEN UNTUK MATERI KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI IPA SMA N 8 MUARO JAMBI. In J. Ind. Soc. Integ. Chem (Vol. 6, Issue 2).
Thiagarajan, Sivasailam, & And Others. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook.