PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI PENGARUH MANUSIA TERHADAP EKOSISTEM UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

Nina Nuraina
Sjaifuddin Sjaifuddin
Adi Nestiadi


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i2.6628

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan LKPD berbasis Problem Based Learning materi pengaruh manusia terhadap ekosistem dalam melatih kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas VII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974), yaitu model 4-D (four D model) yang memiliki 4 tahapan, yaitu: define, design, development, serta disseminate, dan dibatasi pada tahap penyebaran (disseminate) yang hanya sampai uji coba terbatas saja. Instrumen yang dipakai adalah lembar angket validasi, lembar observasi pembelajaran dan angket respon siswa. Analisis data dilaksanakan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa validasi ahli materi memperoleh nilai sebesar 81,25% dan termasuk kategori “valid”, sedangkan validasi ahli bahan ajar memperoleh nilai sebesar 94,63% dan termasuk kategori “sangat valid”. Maka, ketika nilai persentase tersebut dihitung rata-ratanya, diperoleh nilai sebesar 87,94% dan termasuk kategori “sangat valid”. Untuk efektivitas penggunaan LKPD berbasis problem based learning, dari penilaian observer mendapatkan nilai sebesar 89,24% dan termasuk kategori “sangat baik”. Kemudian, hasil respon siswa mendapatkan nilai sebesar 84,26% dan termasuk kategori “sangat baik” pula. Sehingga, LKPD berbasis problem based learning materi pengaruh manusia terhadap ekosistem, efektiv untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran serta dapat melatih kemampuan berpikir kritis siswa.


Keywords


LKPD; Problem Based Learning; Berpikir Kritis

Article Metrics :

References


Aini, N. A., et al. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.21009/JPD. 010.07

Afifah, Y., & Nurfalah, E. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri 1 Jenu Berdasarkan Langkah Facion Pada Pokok Bahasan Jajar genjang Dan Trapesium. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 1, 37–42.

https://doi.org/10.55719/jrpm.v1i1.65

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Anggraini, et al. (2017). Buku Guru Tematik Terpadu Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku untuk SD/MI Kelas IV. Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Ardianto, S. (2018). Analisis Kemampuan Menulis Karangan Narasi dengan Tema Peristiwa dalam Kehidupan pada Muatan Bahasa Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar. 10(2), 112-121. DOI: 10.30595/ dinamika.v10i2.3897

Dewi, M. R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif berbasis Lesson Study terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Edukasi Unej, 29(33), 3–2.https://doi.org/10. 19184/jukasi.v3i2.3526

Dong, M., Li, F., & Chang, H. (2023). Trends and hotspots in critical thinking research over the past two decades: Insights from a bibliometric analysis. Heliyon, 9(6). https://doi. org/10.1016/j.heliyon.2023.e16934

Ennis, R. H. (2018). Critical thinking across the curriculum: A vision. Topoi, 37(1), 165-184.

Hidayat, F. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Matematik Serta Kemandiriaan Belajar Siswa SMP Terhadap Materi Spldv. Journal on Education, 1(2), 515–523.https:// doi.org/10.31004/joe.v1i2.106

Haqiqi, A. K., & Sa’adah, L. (2018). Deskripsi Kesulitan Belajar Materi Fisika pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Di Kota Semarang. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 1(1), 39.https://doi.org/ 10.21043/thabiea.v1i1.404

Karmili, N. K., Mardani, D. M. S., & Sadyana, I. W. (2020). Pengembangan Bahan Ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD Tahap Lanjutan) Bahasa Jepang Berbasis Standar Proses Kurikulum 2013 Revisi untuk Sekolah Dasar di Bali. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang. 6(2), 174-183. DOI: 10.23887/jpbj.v6i2.26574

Lukman, I. R., & Ulfa, A. M. (2020). “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Kimia Siswa SMA Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android.” JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran. 7(2), 157-164. https:// doi.org/10.17977/um031v7i22020p157

Manurung, J. P., Haloho, B., & Napitu, U. (2023). Mengembangkan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SD. Jurnal Pendidikan Mandala. 8(3), 676-683. DOI:10.58258/jupe.v8i2.5596

Muttaqin, H. P. S., Sariyasa, & Suarni, N. K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Perkembangbiakan Hewan untuk Siswa Kelas VI SD. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 1-15. https://doi. org/10.23887/jurnal_tp.v11 i1.613

Nafian, M. S. (2021). Pengembangan Lembar kerja Peserta Didik Berbasis Komik pada Tema Cuaca di Kelas III MI Miftahuddin. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru.

Nevrita, Nurul, A., & Trisna, A. (2020). Analisis Kompetensi Tpack Guru melalui Media Pembelajaran Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) Volume 8, Nomor 2. http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsl

Putra, P. D. A., & Sudarti. (2015). Pengembangan Sistem E-Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Fisika. Jurnal Fisika Indonesia. 55(XIX), 45-48. https://doi.org/ 10.22146/jfi.24373

Ristiningtyas, O. T. (2016). Pengembangan Media pembelajaran Cerita Bergambar untuk Mata Pelajaran IPA pada Kelas 3 SD Pangudi Luhur Ambarawa Semester 2 Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.

Saryono. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan Edisi 3. Mitra Cendekia Press. Yogyakarta.

Setianingrum, T. U. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Berbasis Model Inquiry Learning pada Materi Pencemaran Air dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Kelas VII. Skripsi. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Kota Serang.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Utami, B., Saputro, S., Ashadi, A., Masykuri, M., & Widoretno, S. (2017). Critical thinking skills profile of high school students in learning chemistry. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 1(2), 124. https ://doi.org/10.20961/ijsascs.v1i2.5134

Wahyuni, S. (2015). Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1), 196. https://doi.org/ 10.18269/jpmipa.v20i2.36245