PENGEMBANGAN MEDIA PEMBALAJARAN ARTICULATE STORYLINE BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI TATA SURYA UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VII
Abstract
Pembelajaran untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa saat ini belum terlakasana secara optimal. Kemampuan berpikir kritis dapat dilatih dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetaui kevalidan dan respon siswa terhadap media pembelajaran Articulate Storyline berbasis Problem Based Learning untuk melatih kemampuan berpikir kritis. Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data dikumpulkan melalui tahap berupa observasi, wawancara, validasi, dan angket respon siswa. Hasil penelitian berdasarkan validasi oleh para ahli memperoleh hasil sebesar 92% kategori sangat valid dan untuk angket respon siswa mencapai 88% dan dinyatakan sangat baik. Dengan demikian, Articulate Storyline berbasis Problem Based Learning untuk melatih kemampuan berpikir kritis terbukti sangat valid dan mendapatkan respons positif sangat baik.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Akbar, Sa‟dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Rosda Karya, Bandung.
Agustina, R., Irhasyuarna, Y., & Sauqina, S. (2022). Pengembangan Media Articulate Storyline Topik Mekanisme Pendengaran Manusia Dan Hewan Untuk Peserta Didik Smp. Jupeis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 81-89. https://doi.org/10.55784/ jupeis.Vol1.Iss3.119
Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 94-99. https://doi. org/10.29303/jpm.v13i2.468
Anitasari, R. W., & Utami, R. D. (2022). Implementasi Media Articulate Storyline dalam Pembelajaran sebagai Penunjang Pelaksanaan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4). https://doi.org/ 10.31004/basicedu.v6i4.3167
Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran articulate storyline kurikulum 2013 berbasis kompetensi peserta didik abad 21 tema 7 kelas IV sekolah dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 193-204. http://dx.doi.org/ 10.35931/am.v4i2.331
Awalin, N. A., & Ismono. (2021). The Implementation of Problem Based Learning Model STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Approach to Train Students’ Science Process Skills of XI Graders on Chemical Equilibrium Topic. INSECTA Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 2 (1), 1–14. https:// doi.org/ 10.21154/insecta.v1i2.2496
Cahyono, B. (2017). Analiss ketrampilan berfikir kritis dalam memecahkan masalah ditinjau pedrbedaan gender. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 50-64. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1510
Ennis. R.H. 1985. Goals for A Critical Thinking I Curriculum. Developing Minds A Resource Book for Teaching Thinking. Virginia: Association for Suopervisions and Curriculum Development (ASCD)
Fatriani, E., & Sukidjo, S. (2018). Efektivitas metode problem based learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan sikap sosial siswa. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15 (1), 11–26. https:// doi.org/10.21831/socia.v15i1.20089
Fuada, S. (2019). Pengujian validitas alat peraga pembangkit sinyal (oscillator) untuk pembelajaran workshop instrumentasi industri. In Seminar Nasional Pendidikan 2015 (pp. 854-861).
Hartati, R., & Sholihin, H. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Impleme ntasi Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran IPA Terpadu Siswa SMP. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains, 1(1), 1-5.
Hasanah, U., & Nulhakim, L. (2015). Pengembangan media pembelajaran film animasi sebagai media pembelajaran konsep fotosintesis. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 1(1), 91-106. https://dx. doi.org/10.30870/jppi.v1i1.283
Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains dan motivasi belajar melalui model pbl. Journal of Primary Education, 6(1), 35-43. https:// doi.org/10.15294/jpe.v6i1.14511
Mustika, M., Sugara, E. P. A., & Pratiwi, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika, 2(2), 121-126. https://doi.org/10.15575/join.v2i2.139
Nurwahidah, C. D., Zaharah, Z., & Sina, I. (2021). Media video pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan prestasi mahasiswa. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1). http://dx.doi. org/10.31000/rf.v17i1.4168
Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual pada materi koloid untuk meningkatkan motivasi dan belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 07(01), 9–15. https ://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.13293
Putri, N. K., Yuberti, Y., & Hasanah, U. (2021). Pengembangan Pengembangan media pembelajaran berbasis web google sites materi hukum Newton pada gerak benda. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 133-143. https:// doi.org/10.30631/psej.v1i3.1033
Rahma. V., & Fernandes, R. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran E-Booklet Dalam Pembelajaran Daring Untuk Mejningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 13-23. https://doi.org/10.24036/ sikola.v3i1.144
Retnaningtyas, M. K., & Huda, N. (2024). Pengembangan Media Berbasis Articulate Storyline 3 Dalam Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Dan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPAS. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 589-598. https:// doi.org/10.23969/jp.v9i1.12774
Risal Zef, dkk. (2023). METODE PENELITIAN DAN PENGAMBANGAN Research and Development (R&D) Konsep, Teori-Teori, dan Desain Penelitian. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.
Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wicaksono, L. (2016). Bahasa dalam Komunikasi Pembelajaran. Jurnal Pembelajarban Prospektif, vol. 1, no. 2, hal. 9-19. https://dx.doi.org/ 10.26418/jpp.v1i2.19211
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimhia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i3.1299
Susanto, R., Syofyan, H., & Rachmadtullah, R. (2020). Teacher Leadership in Class on The Formation of School Values and Characters of School-Ages. In Proceedings of the Third Workshop on Multidisciplinary and Its Applications, WMA-3 2019, 11-14 December 2019, Medan, Indonesia. http://dx.doi.org/ 10.4108/eai.11-12-2019.2290861
Syabri, K. I., & Elfizon, E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Articulate Storyline pada Pembelajaran Dasar Listrik Elektronika. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 95-99. https:// doi.org/10.24036/jpte.v1i1.43
Mandasari, Y. D., Subandowo, M., & Gunawan, W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Konfigurasi Elektron Elektronik Otomatis Mata Pelajaran IPA Di Masa Pandemi Covid-19. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(3), 309-318. http://dx.doi.org/10.17977/ um038v4i32021p309